PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GAIA SHOP
Abstract
The sample in this study was 96 respondents. The sampling technique uses non-probability sampling with the criteria that the respondent is 17 years old and has purchased and used Gaia Shop products at least once.
The analytical methods used are Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Reliability, Inner Model. The results of the research conducted show that Product Quality and Price have a positive and significant effect on Customer Satisfaction, the Product Quality variable has a positive and significant effect on Purchasing Decisions, the Price variable has a positive and insignificant effect on Purchasing Decisions, the Product Quality variable has a positive and significant effect on Decisions Purchasing through Customer Satisfaction, and the Price variable have a positive and significant effect on Purchasing Decisions through Customer Satisfaction.
Full Text:
PDFReferences
Afiah, N., S, R., & Junaeda. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan PT. Bu’cuwa Family Group Kabupaten Mamuju. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 265–271. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/5733/3808
Ardiansyah, I., Dirnaeni, D., & Indira, C. K. (2023). Promosi dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pengguna Shopee Pay Pasca Pandemi. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2514–2523. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25874
Arianto, E. W. (2018). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA PCX (STUDY KONSUMEN DI KECAMATAN JOMBANG). In Bab II thesis, STIE PGRI (pp. 10–23). STIE PGRI Dewantara Jombang. https://repository.stiedewantara.ac.id/3738/
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Astuti, T. P., Manullang, R. R., & Novika. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Sego Bakaran Pangkalpinang). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (JPMB), 10(2), 220–226. https://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/331/321
Betty Rahayu, Machin, Putri, T. Y. K., Nursalim, H., & Fadillah, A. (2002). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA RIAS DAN DEKORASI MAHKOTA JOMBANG. 10(2), 73–88. https://ejournal.undar.or.id/index.php/eBA/article/view/278
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664
Dewi Noer Cahyati. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen produk Buccheri di Kota Kediri. In Skripsi (p. 106). FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Fajar, S. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Kembali melalui Kepuasan Pelanggan Crunchaus Salads di Pakuwon Mall Surabaya. Agora, 7(2), 1–9.
Fauzi, D. H. (2021). Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), 790–800. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6.645
Handayani, L. S., & Syarifudin, A. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN TRANSPORTASI GOJEK; THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, PRICE AND RELATIONSHIP MARKETING ON CONSUMER SATISFACTION ON GOJEK TRANSPORTATION SERVICE. Dimensi, 11(2), 298–313. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms%0APENGARUH
Istiqamah, M., Tirtayasa, S., & Khair Pasaribu, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi), 2(1), 68–78. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Dari+penelitian+Munadia+Istiqamah+%282020%29+ini+ditemukan+bahwa+pengaruh+yang+sesungguhnya+terjadi+adalah+tidak+langsung%2C+keputusan+pembelian+berperan+dalam+memediasi+Harga+terhadap+Kepuasan+Konsumen.&btnG=
Mallar, R. S., & S.T, Y. T. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bioskop Cinepolis Plaza Medan Fair. Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 2(3), 70–88. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i3.1094
Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665
Nadhifah, N. (2021). Analisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pt citra kreasi …. Soetomo Business Review, 2, 267–278. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/view/3546/0%0Ahttps://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/article/download/3546/1497
Nurhayati, Febrianto, A., & Rasyidi. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Sepeda Motor Honda Scoopy di Kota Puruk Cahu. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(2), 54–64. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/view/8867
Paludi, S., & Nurchorimah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Intervening. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 10(2), 144–160. https://doi.org/10.24036/jkmb.11270300
Pradana, R. A. C., & Purwanto, H. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi Empiris Pada EIGER Cabang Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 1(3), 1–11. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3575/2875
Pratiwi, N. R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Zama Homewear Malang). Jubis, 2(2), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.906
Putra, G. N. D. D., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2022). Jurnal EMAS. Jurnal Emas, 3(9), 2172–2187. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/17.218-231-1.pdf
Raharjo, Y. S., Khotijah, S., & Karyati, Z. (2024). Penilaian kepuasan pelanggan jasa internet cv. manunggal sekawan menggunakan metode saw. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), 282–288. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/7170/2583
Rico. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Warnet Pengguna Telkom Speedy di Kecamatan Siantar Timur). Maker: Jurnal Manajemen, 4(1), 20–31. https://maker.ac.id/index.php/maker/article/view/85
Rosiana, K. P. (2022). PENGARUH E-COMMERCE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (PADA RYN BOUTIQUE JALAN DR. MANSYUR MEDAN). In Skripsi (p. 120). FEB Islam UIN Sumatera Utara Medan.
Rufliansah, F. F., & Daryanto Seno, A. H. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226
Sari, H. V. P., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1–9.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Stevani, A., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Ahass Mpm Larangan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(2), 1058–1071. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2069
Susilo, H., Haryono, A. T., & W, M. M. (2018). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI HOTEL AMANDA HILLS BANDUNGAN. Journal of Management, 4(4), 20. https://doi.org/10.2139/ssrn.3757724
Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/p8e5z
Yuliani, M. A. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA NINGRAT PARFUME SURABAYA. In Bab I Skripsi (Vol. 2, pp. 1–7). UNIPASBY.
Yurike, P. (2019). SURVEI PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA SE-KECAMATAN TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. In Bab II Thesis (pp. 8–27). IKIP PGRI PONTIANAK. https://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1221/
Zulfa, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya Cabang Ngaliyan). In Skripsi (p. 6). UIN Walisongo. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13515/1/Skripsi_1405026218_Inayatuz_Zulfa.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.12769
Refbacks
- There are currently no refbacks.