PEMASARAN DIGITAL ENDORSEMENT INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN INFLUENCER
Abstract
Berbagai cara dilakukan oleh para produsen untuk memperkenalkan produknya. Kemajuan teknologi yang pesat di era digital ini menuntut para produsen untuk mempromosikan produknya secara online di media sosial seperti dengan menggunakan strategi pemasaran online dengan jasa endorsement. Endorsement merupakan promosi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok melalui media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Pemberian testimoni ataupun ulasan dengan tujuan mempromosikan suatu barang atau jasa di Instagram dan Tiktok dilakukan oleh influencer. Influencer atau selebritis merupakan istilah bagi para pengguna akun Instagram dan Tiktok yang terkenal di media sosial tersebut. Pemasaran digital endorsement dilakukan oleh ifluencer untuk menambah penghasilan atau sebagai mata pencaharian. Pemungutan pajak terhadap influencer dapat dikenakan pajak penghasilan.
Kata kunci: Pemasaran Digital Endorsement, Influencer, Pajak Penghasilan
Full Text:
PDFReferences
Agustriani, A. (2019). Pemungutan Pajak Dalam Aktivitas Online Marketing. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2(1).
Arini, I. A. D. (2022). Influencer Strategi Marketing Efektif Untuk Mempromosikan Pariwisata Kabupaten Buleleng. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 3(1), 73. https://doi.org/10.55115/cultoure.v3i1.2045
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213–222. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042
Falya, D., & Dirkareshza, R. (2021). Urgensi Peraturan Pajak Dalam Aktivitas Endorsement Yang Dilakukan Oleh Influencer ‘Instagram.’ Jurnal Usm Law Review, 4(2), 756. https://doi.org/10.26623/julr.v4i2.3962
Farouq, M. (2018). Hukum Pajak di Indonesia Suatu Pengantar Ilmu Hukum Terapan di Bidang Perpajakan. Prenadamedia Group.
Miladi, N., & Noviyanti, R. (2022). Konfigurasi Filantropi Islam Era Digital: Studi Peran Sedekah Pada Aplikasi Media Sosial Youtube. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 6(2), 51–63. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v6i2.29866
Monica, A., Syafina, L., & Dharma, B. (2024). Efektifitas Pemasaran Asuransi Syariah Dengan Media Sosial (Studi Kasus PT . Efektifitas Pemasaran Asuransi Syariah Dengan Media Sosial (Studi Kasus PT . Prudential Syariah Binjai). Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1), 37–45. https://doi.org/10.26858/jekpend.v7i1.8011
Nazulfa, I., Wulandari, S. D., Masitoh, S., Lorenza, S. D., Hidayat, A., & Pamulang, U. (2021). Aktivitas Endorsement Oleh Influencer Di Indonesia Abstrak. Ekobis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 1(3), 1–16.
Nur, M. (2019). Eksperimen Isu Apbn Di Media Sosial: Peran Penting Pegawai Sebagai Opinion Leaders. Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 4(2), 105–127.
Prihandika, A. P., & Rosameliana, Y. (2016). The Growth of Online Shop and Endorsement at Social Media Support Tax Avoidance : Indonesia. Nternational Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS), 4(5).
Purwanto, A. S. A. C., & Purwanto, T. (2019). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Trustworthiness (Studi Pada Akun Instagram @Kulinersby). Majalah Ekonomi, 24(2), 219–231. https://doi.org/10.36456/majeko.vol24.no2.a2068
Rafsanjani, J. I. (2022). Legal Protection of Kid Influencers from Child Exploitation. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 22(1), 93. https://doi.org/10.30641/dejure.2022.v22.93-104
Rahmi, N. (2023). Jurnal Mirai Management Peran Food Vlogger, Content Kreator Di Sosial Media dan Youtube Dalam Keputusan Berwirausaha Kuliner. Jurnal Mirai Management, 8(2), 246–253.
Rohman, T., Malia, E., & Baihaki, A. (2023). Analisis Potensi Penerimaan Pajak Penghasilan Atas Konten Youtube. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 8(1), 115–135. https://doi.org/10.51289/peta.v8i1.642
Sakinah, N., & Rachmawati, I. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention pada Smartphone Samsung di Indonesia. Jurnal Sains Manajemen, 6(2), 137–148. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/view/2353
Siahaan, & Pahala, M. (2010). Hukum Pajak Formal Pendaftaran, Pembayaran, Pelaporan, Penetapan, Penagihan, Penyelesaian Sengketa, dan Tindak Pidana Pajak. Graha Ilmu.
Soelistyowati, D., Haniyah, A. Z., Kusnadi, A., & Sellvia, B. (2023). Sosialisasi Kewirausahaan pada Era Digital Bagi Pelaku UMKM Karang Taruna RW 01 Bekasi Jaya Kec . Bekasi Timur. Journal Of Social Science Research, 3, 2439–2449. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6577%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/6577/4578
Suastini, N. M., Melvin, I. P. R., Adyatma, P., Gede, N. L. S., & Sulistyawati, N. L. K. S. (2023). “The Influence of Celebrity Endorsement Through Social Media Instagram on Purchase Intention at the Westin Resort Nusa Dua, Bali.” Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 2(3), 349–360.
Sung, M. H., & Umar, W. (2020). A New Industry and Tax Base on Taxing Esports in Indonesia. Jurnal Media Hukum, 27(2), 147–165. https://doi.org/10.18196/jmh.20200148
Syaiful, R. (1978). Sahabat-sahabatku Pembayar Pajak Yang Terhormat. Mingguan Berita Pajak No. 549.
Syailendra, M. R., Aprilia, I. S., & Yuan, L. Y. (2023). Imposition of Income Tax on TikTokers’ Endorsement Income Based on Indonesia Tax Regulation in 2023. Jurnal Dinamika Hukum, 23(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13102
Refbacks
- There are currently no refbacks.