PENGARUH INSENTIF PAJAK DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM E-COMMERCE

Clara Neltje Meini Rotinsulu, Hendrik ES Samosir, Vikky Renaldi, Rizal R. Manullang, Muhamad Risal Tawil

Abstract


Wajib pajak tidak hanya berasal dari pekerja dan pemilik usaha besar, namun kini juga merambah pada sektor UMKM karena kontribusinya terhadap PDB yang cukup besar. Dalam mengembangkan usahanya, tidak sedikit UMKM yang telah bergerak pada e-commerce yakni bisnis berbasis teknologi internet sehingga dapat menunjang penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif pajak dan tingkat pendapatan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM E-commerce. Hasil penelitian menunjukahn bahwa insentif pajak dan tingkat pendapatan berpengaruh kepatuhan wajib pajak UMKM E-commerce.
Kata Kunci: Insentif Pajak, Tingkat Pendapatan, Kepatuhan Wajib Pajak, UMKM E-commerce

Full Text:

PDF

References


Amran. (2018). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Tingkat Pendapatan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.57178/atestasi.v1i1.53

Andreansyah, F., & Farina, K. (2022). Analisis Pengaruh Insentif Pajak , Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2097–2104. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.796

Anugrah, A. P., Halim, A., & Mappigau, E. (2021). Analisis pengaruh usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) terhadap pertumbuhan ekonomi. FORUM EKONOMI, 23(4), 828–835.

Etanim, F. (2022). Pengaruh Pemanfaatan E-Commerce Dan Digitalisasi Perpajakan Terhadap Kinerja Umkm Di Jakarta Barat Dengan Insentif Pajak Selama Covid-19 Sebagai Variabel Pemoderasi. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 107–124.

Fadilah, L., Noermansyah, A. L., & Krisdiyawati. (2021). Pengaruh Tingkat Pendapatan , Penurunan Tarif , Dan Perubahan Cara Pembayaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Masa Pandemi Covid-19. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 5(2), 450–459. https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v5i2.487

Henriette, G., Annathasia, & Erasashanti. (2023). Analisis Pengaruh Insentif Pajak, Tingkat Pendapatan, Dan Digitalisasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Wajib Pajak UMKM Wilayah Jakarta Timur) Gloria. Jurnal Maneksi, 12(3), 2017–2021.

Lestary, S. R., & Yudianto, I. (2021). The Effect of Tax Fairness , Tax Socialization and Tax Understanding on Tax Compliance : A Study on Micro , Small and Medium Enterprises ( MSMEs ). Journal of Accounting Auditing and Business, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jaab.v4i1.31998

Maulida, W., & Ramayanti, R. (2023). Insentif pajak, aplikasi akuntansi, dan pemanfaatan e- filing pada kepatuhan wajib pajak orang pribadi umkm. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 10(3), 1539–1550.

Nuridah, S., & Megawati, E. (2022). Pengaruh Insentif Pajak PPH Final Atas Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Masa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5303–5310.

Putra, A. F. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM: Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, dan Modernisasi Sistem. JRAP (Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan), 7(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.35838/jrap.2020.007.01.1

Qosidah, N., Aditya, G., Handoko, S., & Haryadi, D. S. (2023). Implementasi Theory Of Planned Behavior Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pelaku Usaha E- Commerce. Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi (Dinamika), 3(1), 110–125.

Regita, V., Jaya, A. J., & Faisal, A. R. (2020). The Influence of Tax Incentive Policies and Trust in the Government Due to the Impact of Covid-19 on the Compliance of Individual Taxpayers of UMKM at KPP Pratama Pangkalan Kerinci. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 1(4), 1948–1958. https://doi.org/: https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3795 1948

Sofiana, L., Muawanah, U., & Setia, K. A. (2021). Pengaruh Sanksi Pajak Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Mediasi. Ekonomika Dan Manajemen, 4(1), 68–80.

Trisakti, J. E., Sabrina, D., Darmawati, D., & Saputro, W. A. (2023). Karakteristik Wajib Pajak , Kinerja Sistem Perpajakan , Dan Kepatuhan Pajak : Studi Empiris Terhadap Persepsi Wajib Pajak E- Commerce. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1583–1590.

Yuliani, I. D., Suriyanti, L. H., & Azhari, I. P. (2023). The Influence Of Taxpayer Knowledge, Taxpayer Awareness, Information Technology On Taxpayer Compliance With E-Commerce Users. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.12531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.