STRATEGI PENGEMBANGAN FINTECH DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

Siska Yuli Anita, Burhanuddin Burhanuddin, Jacomina Vonny Litamahuputty, Selly Sipakoly, Nurchayati Nurchayati

Abstract


Abstrak
Pengembangan fintech di Indonesia dan business model canvas menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal, dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian ini menunjukkan fintech di Indonesia sudah berkembang sangat pesat dan telah merambah ke berbagai sektor, mulai dari pembayaran, peminjaman, perencanaan keuangan, pembiayaan hingga investasi. Hal ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhannya terutama dalam hal finansial. Selain itu, penerapan business model canvas sangat efektif dalam membantu perusahaan dalam menggambarkan dan memvisualisasikan model bisnis yang diinginkan agar dapat memudahkan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat serta dapat memaksimalkan pendapatan dan keuntungan jangka panjang.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Financial Technology (Fintech), Business Model Canvas

Full Text:

PDF

References


Adji, Y. B., Muhammad, W. A., Akrabi, A. N. L., & Noerlina, N. (2023). Perkembangan Inovasi Fintech di Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (Becoss), 5(1), 47–58. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v5i1.8675

Alfarisi, A. (2019). Perumusan Strategi Business Model Canvas ( BMC ) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–14.

Amrin, E., Rismawati, Goso, & Asriany. (2022). Studi Komparasi Layanan Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(2), 1–23.

Ansori. (2019). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Industri Keuangan Syariah Di Jawa Tengah. Skripsi, 1, 105–112.

Bina, U., Informatika, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Sitasi, C. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 19(1), 55–60.

Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Business Model Canvas (Bmc) Studi Kasus Pada Usaha Inland Coffee Program Studi Manajemen.

Fahlefi, R. (2021). Inklusi Keuangan Syariah Melalui Inovasi Fintech Di Sektor Filantropi. Batusangkar International Conference III, 205–212.

Irfandi. (2015). Pengembangan Dalam Pembelajaran. 9–39.

Mazza Basya, M., Setya Iqbal Pratama, R., & Iqbal Surya Pratikto, M. (2020). Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Indonesia. Oeconomicus Journal of Economics, 4(2), 180–196. https://doi.org/10.15642/oje.2020.4.2.180-196

Nizar, M. A. (2020). Financial Technology (Fintech): It ’s Concept and Implementation in Indonesia. Munich Personal RePEc Archive, 5(98486), 4–10.

Pambudi, R. D. (2019). Perkembangan Fintech di Kalangan Mahasiswa UIN Walisongo. Harmony, 4(2), 74–81.

Prasaja, M. G. (2020). Tantangan Dan Masa Depan Financial Technology Terhadap Perkembangan Industri Keuangan Syariah Di Era Revolusi Industri. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 71–80.

Pratini, H. B., & Setiawan, I. (2022). Perencanaan Model Bisnis Untuk Merdeka Ritel Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 13(2), 163. https://doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2770

Pravitasi, A. H. dan R. J. (2013). Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis ). Akselerasi.Id, 1–23.

Purnamasari, D., & Firdaus, A. (2017). Analysis of Zakat Collection Strategy with Business Model Canvas Approach. Human Fallah, 4(2), 1–27.

Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Di Masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80–91. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.220

Puspa, C. D., Lathief, M., & Nasution, I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah Berbasis Digital Fintech (Financial Technology) Terhadap Pelayanan Nasabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat KCU Medan Baru). 1(5), 116–126.

Rizky Putra Pratama. (2018). Analisis Model Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus MxD). E-Proceeding of Management, 5(3), 1–23.

Rusydiana, A. (2019). Bagaimana Mengembangkan Industri Fintech Syariah di Indonesia? Pendekatan Interpretive Structural Model (ISM). Al-Muzara’ah, 6(2), 117–128. https://doi.org/10.29244/jam.6.2.117-128

Setianingrum, N. (2023). Strategi Pengembangan Tabungan Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Bank Syariah Indonesia. Indonesian Scientific Journal Of Islamic Finance, 2(1), 67–83.

Vonny, J. L., Siahaya, A., & Cornelis, V. (2024). The Role Of Financial Literacy As A Moderating Variable In The Impact Of Fintech Payments On Consumer Behavior. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 08(01), 186–190.

Yahya, A., Affandy, A., & Narimawati, U. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Pemanfaatan Model Layanan Fintech Syariah Ammana.id. Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 5(2), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v5i2.3049

Zakaria, R., & Satyawan, M. (2023). Strategi Implementasi Fintech Reward Crowdfunding di Indonesia Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 145–167. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02.328




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.