MENINGKATKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) PEMASARAN MELALUI STRATEGI AKUNTANSI MANAJEMEN TERINTEGRASI DI ERA DIGITAL PADA PERUSAHAAN STARTUP DI KABUPATEN KARANGANYAR
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi praktik dan persepsi terkait dengan integrasi strategi akuntansi manajemen dalam perusahaan startup. Melalui wawancara mendalam dengan pemimpin dan manajer perusahaan startup yang beroperasi di Kabupaten Karanganyar, penelitian ini mengumpulkan data mengenai penggunaan strategi akuntansi manajemen terintegrasi dalam konteks pemasaran digital. Analisis kualitatif dilakukan untuk memahami peran dan dampak strategi ini dalam meningkatkan ROI pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi akuntansi manajemen terintegrasi menjadi faktor penting dalam meningkatkan ROI pemasaran perusahaan startup di Kabupaten Karanganyar. Meskipun tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kompleksitas integrasi sistem masih ada, penggunaan strategi ini secara efektif dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam pengelolaan pemasaran digital. Kesimpulan ini memperkuat pentingnya integrasi antara fungsi akuntansi dan pemasaran dalam menghadapi tantangan era digital, serta memberikan wawasan bagi perusahaan startup untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran bisnis yang dijalankan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.
Kata Kunci: Return on investment (ROI), pemasaran, akuntansi manajemen, digital, startup
Full Text:
PDFReferences
Berman, Karen, Knight Joe, dan Case, John. (2018). Financial Intelligence for Entrepreneurs: What You Really Need to Know About the Numbers. Harvard Business Review Press
Chaffey, Dave dan Ellis-Chadwick, Fiona. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson
Deiss, Ryan. (2016). Digital Marketing For Dummies. Dummies
Evans, Dave. (2016). Social Media Marketing: An Hour a Day. Wiley
Giannopoulos, G. A., Holt, S., & Khansalar, E. (2011). "The use of activity-based costing for marketing decisions." Managerial Auditing Journal. 23(4). Emerald Publishing Limited
(https://doi.org/10.1108/02686901111120692)
Horngren, Charles T., Datar, Srikant M., dan Rajan, Madhav V.(2015). Cost Accounting: A Managerial Emphasis. Pearson
Kotler, Philip, Kertajaya, Hermawan, dan Setiawan, Iwan. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley
Lages, L. F., & Montgomery, N. V.(2007). "Export performance as an antecedent of export commitment and marketing strategy adaptation: Evidence from small and medium-sized exporters." Journal of International Marketing. 15(4). American Marketing Association
(https://doi.org/10.1509/jim.15.4.1)
Vazquez-Casielles, R., Suarez-Alvarez, L., & Del Río-Lanza, A. B. (2010). Marketing capabilities: Empirical evidence from family SMEs. Journal of Business Research. 63(12). Elsevier
(https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2010.09.009)
Worthington, S., & Patton, M. (2007). Enhancing Return on investment through customer relationship management. Industrial Management & Data Systems. 103(7). Emerald Publishing Limited.
(https://doi.org/10.1108/02635570710756672)
Wouters, Karen Wouters, Selto, Frank, dan Hilton, Ronald. (2012). Cost Management: Strategies for Business Decisions. McGraw-Hill Education
Xu, M., & Walton, J. (2012). "An exploration of the relationship between management accounting and marketing in consumer goods companies." Journal of Marketing Management. 28 (11-12). Taylor & Francis
(https://doi.org/10.1080/0267257X.2011.624516)
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i3.13264
Refbacks
- There are currently no refbacks.