ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DI INDONESIA

Yoseb Boari, Yovita Yovita, Andry Mochamad Ramdan, Adnan Adnan, Bambang Sucipto

Abstract


Abstrak
Strategi promosi dan pelayanan pariwisata menjadi subjek utama dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa ada beberapa strategi promosi pariwisata yaitu periklanan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), publisitas (publicity), promosi penjualan (sales promotion), dan pemasaran sponsorships (marketing sponsorships). Adapun strategi pelayanan pariwisata yaitu adalah bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keyakinan/jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Strategi promosi dan pelayanan pariwisata tersebut sangat efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung wisata di Indonesia.
Kata Kunci: Promosi, Pelayanan, Pariwisata, Wisata

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, Y., & Supriatna, Y. (2019). Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Lebak Banten. Sains Manajemen, 4(2), 83–93. https://doi.org/10.30656/sm.v4i2.979

Choirunnisa, I., Karmilah, M., Rahman-89, B., Pengembangan, S., Budaya…, P., Studi, P., Wilayah, P., Kota, D., & Semarang, A. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Studi Kasus: Kawasan Pecinan Lasem, Kampung Lawas Maspati, Desa Selumbung. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 89–109. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr

Estu Handayani, & Mohamad Dedi. (2017). Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 7(2), 151–160.

Ghassani, N., Djoko Winarno, G., Dewi, B. S., Harianto, S. P., Kehutanan, M. J., Pertanian, F., Lampung, U., & Kehutanan, D. J. (2023). Pengembangan Fasilitas Dan Pelayanan Destinasi Wisata Alam Air Terjun Way Kalam Lampung Selatan Berdasarkan Persepsi Pengunjung Development of Facilities and Services of the Way Kalam Waterfall Natural Tourism Destination South Lampung Based on Visitor Pe. JOFPE Journal, 3(2), 40–50.

Kasim, A., Bessie, J. L. ., & Nyoko, A. E. L. (2017). Strategi Promosi Pariwisata Kota Kupang Melalui Pembuatan Media Katalog Wisata. JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s), 4(1), 71–90.

Kobun, P. H. L., Fanggidae, R. P. C., Salean, D. Y., & Nenabu, J. C. (2022). Strategi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Bukit Cinta Wolor Pass Kabupaten Lembata pasca pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 3(3), 197–220. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/9564%0Ahttps://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/download/9564/4731

Leghari, A., Laba, A. R., & Aswan, A. (2018). Analisis Strategi Retribusi Daerah Sektor Pariwisata Kabupaten Gowa. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 14(1), 14–26. https://doi.org/10.26487/jbmi.v14i1.2282

Manafe, J. ., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1), 101. https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i1.1687

Marniatun, M., Rosida, L., & Azizurrohman, M. (2022). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kampung Sasak Ende. Journal Of Responsible Tourism, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i1.1894

Martoyo, A., Wiliani, N., & Basri, H. (2022). Strategi Promosi Desa Wisata Tanjungjaya Kek Tanjung Lesung Melalui Platform Digital. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 971–987. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.136

Muhamad, A., Hakim, L., & Fatmawati. (2021). strategi pengembangan parawisata Malino di kabupaten Gowa. Unismuh, 2, 0–6.

Nasional, U. (2023). Strategi Pengiklanan Dan Pelayanan Pariwisata Di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 Rizki Nurul Nugraha, Vickrham ShahJehan Achmad. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 510–516.

Nugroho, L. (2021). Konsep Dan Teknik Pelayanan Wisata (Halal Tourism Concept). Pengantar Pariwisata, June, 181–192.

Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586

Rasyad Al Fajar, M., & Ifantri, I. (2021). Strategi Promosi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bima Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(1), 77–95. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i1.747

Rusvitasari, E., & Solikhin, A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Pariwisata Indonesia, 10(1), 1–24.

Sari, R. L., & Takhim, M. (2022). Strategi Promosi dan Pelayanan Syari`ah untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Pantai Glagah Wangi Desa Tambak Bulusan Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 36–44. https://doi.org/10.31942/akses.v17i1.6509

Satria, E. (2018). Analisa Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Kerinci. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 53. https://doi.org/10.33087/eksis.v9i1.133

Sejahtri, J. T. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pada Pemandian Serayu Lestari Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(3), 228. https://doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.8607

Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595

Umur, S. A., Prihatini, A. E., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali Destinasi Pariwisata. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 641–650. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35891




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.