PENGARUH TEAM WORK DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI MODERASI

Andi Ulvayanti, Baharuddin Semmailla, Arifin Arifin

Abstract


Abstrak
Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pmbelajaran agar siswa seacra aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pngendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yan di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sumber daya yang berkualitas mampu membawa perubahan kehidupan yang lebih baik dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh team work dan perilaku inovatif terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai moderasi. Analisis saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru Bright School Makassar yang berjumlah 65 orang. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa team work dan perilaku inovatif berpengaruh terhadap kinerja guru. Motivasi sebagai variabel moderasi mampu memoderasi team work dan perilaku inovatif terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Team Work Dan Perilaku Inovatif, Motivasi, Kinerja Guru

References


Anjar, A., Siregar, M., Toni, T., Ritonga, M. K., Harahap, H. S., & Siregar, Z. A. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif, Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kabupaten Labuhanbatu. Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 6(2), 67–79. https://doi.org/10.36987/civitas.v6i2.3563

Antimah, S., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh Team Work Dan Perilaku Inovatif Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Moderasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 50–62.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Ariprabowo, T. (2022). Efikasi Diri Dan Perilaku Inovatif: Peran Dukungan Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 1026–1036.

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Fatmawati, E. (2020). Korelasi Budaya Kerja Dan Team Work Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(2), 20–26. https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.11377

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program (IBM. SPSS). Universitas Diponegoro.

H, C. S., Ekawarna, E., & Haryanto, E. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 879–886. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1987

Hadian, D. (2017). Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja, perilaku kreatif-inovatif terhadap kinerja guru. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(2), 137–148.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Team Work Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan. Education and Development, 8(3), 112–117.

Harun, O., Haris, I., & Novianty, D. (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja Guru, Iklim Kerja dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Perilaku Inovatif Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Pohuwato. Normalita, 9, 541–552.

Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 100. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3753

Irawan, A., & Manap, S. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Teamwork terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Guru di SMP Sekecamatan Sindang Kelingi. Jurnal Manajer Pendidikan, 17(01), 7–14.

Jemani, A., Abdul Ghofar Ismail, & Abu Darim. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 150–177. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1401

Moulina, D. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 181–184. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i3.303

Muklis saefi, S., Sakinah, & Gana Suyatna, R. (2024). Pengaruh Kerjasama Tim, Komunikasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan SMK Muhammadiyah 1 Rumbia (Lampung Tengah, Lampung). Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 2(1), 75–84.

Parta, I. W. G. I., & Mahayasa, I. G. A. (2021). Pengaruh Keterampilan Kerja, Team Work, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada Art Shop Cahaya Silver di Celuk, Gianyar. Widya Amrita, 1(1), 65–76. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1147

Sukadana, K., & Mahyuni, L. P. (2021). Teknologi Informasi, Perilaku Inovatif, Kompetensi, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja Manajemen Pendidikan 4.0. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 10. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p10

T Simorangkir, S. (2022). Pengaruh Kerjasama Tim dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Formosa Journal of Science and Technology, 1(4), 305–314. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i4.996

Wachidah, N. (2019). Pengaruh sikap inovatif, kedisiplinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP negeri. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(1), 57–63.

Wirjadi, I. (2019). Determinan Keterlibatan Kerja Untuk Tercapainya Perilaku Inovatif. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(1), 23–28. https://doi.org/10.25105/jmpj.v7i1.519

Yulaizah, N. (2021). Peran Motivasi Memoderasi Pengaruh Perilaku Inovatif, Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Taman Pemalang. Jurnal Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank, 1(1), 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.