PENGARUH MANAJEMEN OPERASIONAL DAN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA TRANSFORTASI ONLINE DENGAN KEPUASAN SEBAGAI MODERASI

Retno Ayu Puspita S, Muh. Arif, Arifin Arifin

Abstract


Perkembangan globalisasi yang pesat memunculkan kemudahan teknologi. Kemudahan teknologi memunculkan berbagai inovasi baru dalam dunia usaha dan jasa. Dengan inovasi tersebut, persaingan perusahaan semakin ketat. Persaingan yang ketat mengharuskan perusahaan melakukan pertahanan. Pertahanan yang dilakukan perusahaan membutuhkan manajemen yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen operasional dan preferensi terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa transfortasi online dengan kepuasan sebagai moderasi. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 150 konsumen dengan teknik pengambilan sampel Random Sampling sebanyak 150 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Adapun Tehnik analisis menggunakan SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen operasional dan preferensi berpengaruh terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa transfortasi online. Serta kepuasan mampu memoderasi pengaruh manajemen operasional dan preferensi terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa transfortasi online.
Kata Kunci: Manajemen Operasional, Kepuasan, Preferensi

References


Alicia Darado, S., Ida Mangerongkonda, M., & P Siahaan, R. J. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tempat Foto Copy Partidol Kota Sorong. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 293–305. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.818

Aminda, R. S., Nani, M. B., Trisniani, S., Amintara, D. N., Putri, J., Suci, B., Nidzom, S. A., & Arsyad, B. K. (2024). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Pada Kelas Layanan Kereta Api Melalui Aplikasi KAI Access. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 4(1). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.15583

Anthony, B., Tresani, N., & Halim, R. P. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Perumahan Bersubsidi Di Karawang. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 1(2). https://doi.org/10.24912/jmstkik.v1i2.854

Arini, F., & Wardhani, K. (2019). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Dan Cash Flow Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2016. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 1. https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i1.219

Breemer, J. (2020). Strategi Pelayanan Transportasi Online Gojek Di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(01). https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6911

Cahyono, K. I. N. A. (2021). Strategi Pemasaran Biro Umroh Dan Haji Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Biro Umroh Haji Di Kota Metro). Multazam: Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah, 1(2), 113–131. https://doi.org/10.32332/multazam.v1i2.5375

Chaudhary, R., Janjhua, Y., Mehta, P., & Verma, T. (2016). An Analytical Study of Apple Marketing Channels in Himachal Pradesh, India. International Journal of Bio-Resource and Stress Management, 7(2), 291–294. https://doi.org/10.23910/IJBSM/2016.7.2.1546

Damodaran, S. (2023). A Study on Consumer Perception Towards Branded Shirts in Chennai City. IJFMR: International Journal for Multidisciplinary Research, 5(5). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i05.7585

Fernando, A. D., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji Fried Chicken Pada D’besto di Kota Padang Cabang Siteba. Research Gate, 1(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/srg86

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17

Harahap, F. E. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kendaraan Bermotor pada PT Asuransi Sinarmas Cabang Garut. Journal of Knowledge Management, 12(1). https://doi.org/10.52434/jkm.v12i1.613

Hartanto, B. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Wanita Pengguna Kosmetik Wardah Di Serdang Bedagai). Jurnal AKTUAL, 20(2). https://doi.org/10.47232/aktual.v20i2.221

Kontot, K., Hamali, J., & Abdullah, F. (2016). Determining Factors of Customers’ Preferences: A Case of Deposit Products in Islamic Banking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.435

Laura, N., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Harga dan Layanan Cash on Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Moderasi. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2140. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1873

Marselina, S., & Parnauli, S. C. (2022). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rancamaya Golf And Country Club. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(2). https://doi.org/10.374/jipkes.v3i2.1370

Naninsih, N. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 di Makassar. Jurnal APLIKASI Manajemen & Kewirausahaan, 1(1). https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644

Purwo, A. R. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/maj.v2i1.2027

Purwoko, B. A., Chotib, C., & Yola, L. (2022). Strategi Integrasi Layanan Transportasi di Stasiun Kereta Api Bekasi Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Transportasi Multimoda, 20(1). https://doi.org/10.25104/mtm.v20i1.2142

Sholihah, E. K. S., & Fatmah, F. (2017). Pengaruh Potensi, Persepsi, Preferensi Dan Perilaku Masyarakat Muslim Surabaya Terhadap Wakaf Uang Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 7(1). https://doi.org/10.15642/elqist.2017.7.1.1327-1343

Sholihah, R. D. W. S. A. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Karyawan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Daycare Di Lingkungan Kerja. Jurna IKRA-ITH Ekonomika, 4(2). https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v4i2.1011

Suparyawan, K., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Preferensi Konsumen dan Iklan Online terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skin Hero (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1). https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.844

Theresia, R. C. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Maybelline (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). PRAGMATIS, 5(1). https://doi.org/10.30742/pragmatis.v5i1.3793




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.