PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENERAPAN BOIKOT PRODUK ISRAEL DI INDONESIA

Dwi Novaria Misidawati, Umi Rahmawati, Muhammad Junaid Kamaruddin, Olivia Tahalele, Johni Eka Putra

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial terhadap penerapan boikot produk Israel di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan dan literature. Sumber data yang digunakan dari artikel, jurnal, berita, sosial media dan bahan tertulis lainnya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa boikot produk Israel adalah salah satu bentuk aksi yang dapat dilakukan untuk mendukung rakyat Palestina dan meningkatkan pertumbuhan produk lokal di Indonesia. Dengan adanya aksi boikot produk Israel juga dapat memberikan dampak positif bagi produsen, masyarakat, dan negara secara keseluruhan. Boikot produk Israel di Indonesia melalui media sosial juga telah menjadi fenomena yang signifikan. Aksi boikot ini mencerminkan peran penting media sosial sebagai platform untuk menyuarakan opini dan membentuk pandangan kolektif masyarakat. Dampaknya tidak hanya terasa pada nilai penjualan perusahaan yang menjadi target boikot, tetapi juga memberikan dampak sosial dan politik yang lebih luas.
Kata Kunci: Media Sosial, Boikot, Produk Israel

References


Amarudin, A. A., Ananta, N. R., Khusna, N. N., Berliani, R. J., & Oktavianah, S. (2024). Analisis Literasi Halal Dan Preferensi Produk Yang Diboikot Pada. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1948

Anisah, S. (2015). Pengaturan Dan Penegakan Hukum Pemboikotan Dalam Antitrust Law Amerika Serikat. Jurnal Media Hukum, 22(2). https://doi.org/10.18196/jmh.2015.0054.173-189

Astajaya, I. K. M. (2020). Etika Komunikasi Di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 15(1), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/wd.v15i1.1678

Doni, F. R. (1386). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ijse.v3i2.2816

Haque, M. G., Puspita, P., & Zulfison, Z. (2024). Antisipasi Pemasaran Saat Boikot Produk Di Lingkungan Konsumen Muslim Dunia Dan Indonesia Terjadi: Studi Literaratur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 189–212. https://doi.org/10.56145/jurnalekonomidanbisnis.v4i1.176

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Jaelani, A., & Nursyifa, Y. (2024). Perilaku Konsumen Terhadap Boikot Produk Israel. Karimah Tauhid, 3(2), 2312–2327. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12162

Manik Pratiwi, A. A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.179

Mentari, C. I., Wahyuni, F., Rahmadani, P., & Rindiani, W. A. (2023). Issn : 3025-9495. 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v2i1.848

Mokobombang, M. A. R., Utara, S., Ayu, F., Niu, L., Utara, S., Hasan, J., & Utara, S. (2023). Perilaku Boikot Dalam Perspektif Islam Serta. Maqrizi: JournaliofiEconomicsiandiIslamiciEconomics, 3(1), 92–93. https://doi.org/https://doi.org/10.30984/maqrizi.v3i2.769

Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, & Trinandari Prasetyo Nugrahanti. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001

Munandar, A., syafaat yaasin, M., & Ardian Firdaus, R. (2023). Analisis Sentimen Netizen Indonesia Mengenai Boikot Produk. Tauhidinomics: Journal of Islamic Banking and Economics, 3(1), 23–40. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/thd.v3i1.37381

Perangin-angin, L. L. K., & Zainal, M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial Di Media Sosial. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 737. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.210

Pujiastuti, A. (2023). Mengungkap Dampak Boikot Terhadap Nilai Pasar Perusahaan. Jurnal Ekonomika, 11(1), 675–687. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.2062

Radhitya, M., & Toni, A. (2024). Pembingkaian Berita Boikot Produk Israel Di Media Online Republika.Co.Id. Media Mahardhika, 22(2), 253–261. https://doi.org/10.29062/mahardika.v22i2.829

Risqi, M., Septiazi, F., & Yuliana, N. (2023). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Gerakan Boikot Produk Israel Di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(4), 2023–2054. https://doi.org/https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i4.1063

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Sormin, S. K., & Malik, F. D. M. (2024). Perilaku Konsumsi Terhadap Boikot Produk Pro Israel. Karimah Tauhid, 3(3), 3114–3120. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12443

Syuderajat, F., & Puspitasari, K. (2018). Social Media Management by PT GMF AEROASIA Corporate Communication Unit. Jurnal Komuniti, 9(2), 81–97. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i2.4173

Tiara Susilawati, A., Tiara Susilawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Nur Anjeni Lestari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Puput Alpria Nina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Jl Ir Juanda No, A. H., Samarinda Ulu, K., Samarinda, K., & Timur, K. (2024). Analisis Sentimen Publik Pada Twitter Terhadap Boikot Produk Israel Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i1.240

Wibowo, P., Hapsari, R. D., & Ascha, M. C. (2024). Respon Publik Terhadap Fatwa Boikot Produk Israel Oleh Majelis Ulama Indonesia. Journal Publicuho, 7(1), 382–395. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.371




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.