PENGARUH CO-CREATION TERHADAP CUSTOMER LOYALITY YANG DIMODERASI OLEH CUSTOMER BEHAVIOR DAN EXPERIENCE QUALITY

Authors

  • Fajar Diva Fratama Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Surya Bintarti Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13943

Abstract

Perkembangan zaman saat ini mengalami perubahan yang sangat signifikan diantaranya pada perubahan gaya hidup yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Salah satu dari perubahan itu adalah munculnya produk mie instan sebagai makanan subtitusi nasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta mengetahui apakah co-creation memiliki pengaruh secara parsial terhadap customer loyality pada konsumen Mie Instan Cup ABC. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk menguji serta mengetahui apakah co-creation berpengaruh terhadap customer loyality dengan mediator customer behavior dan experience quality pada konsumen Mie Instan Cup ABC. Metode pengambilan sample yang diterapkan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling, Sebanyak 112 responden berusia 17-45 tahun di Kabupaten Bekasi menjadi sampel penelitian. Proses menganalisis data, penelitian ini menggunakan Stuctural Equation Model (SEM), dengan dukungan program SmartPLS 3.0.

References

Aditya, D., Tamonsang, M., Suhariadi, F., & Hartini, S. (2022). Analisis Pengaruh Hubungan antara Value Co-creation Terhadap Perilaku Word of Mouth Konsumen Muslim di Indonesia Penggunaan Jasa Telemedicine. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2593–2602.

Adriyati, H., & Sunardi. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Persepsi Konsumen Tentang Produk Somethinc Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, 5(2), 71–77.

Bintarti, S., Octaviana, F., & Manurung, J. N. (2023). KEMBALI ( Studi Kasus Pada Shampoo Tresemme ). 1, 313–323.

Cindy Mutia Annur. (2023). Jumlah Konsumsi Mi Instan di Indonesia Meroket Semenjak Pandemi Covid-19. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/25/jumlah-konsumsi-mi-instan-di-indonesia-meroket-semenjak-pandemi-covid-19

Cossío-Silva, F. J., Revilla-Camacho, M. Ã., Vega-Vázquez, M., & Palacios-Florencio, B. (2016). Value co-creation and customer loyalty. Journal of Business Research, 69(5), 1621–1625. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.10.028

Dharmayanti, D. (2006). ANALISIS DAMPAK SERVICE PERFORMANCE DAN KEPUASAN SEBAGAI MODERATING VARIABLE TERHADAP LOYALITAS NASABAH ( Studi pada Nasabah Tabungan Bank Mandiri Cabang Surabaya ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1, 35–43.

Farisha, M., Hartoyo, & Arief, S. (2022). Apakah Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik ? Journal of Consumer Sciences, 7(2022), 1–19.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares : Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

inbalitimur. (2020). sejarah dARI RAK TOKO. https://dariraktoko.wordpress.com/2020/08/30/mie-abc-1994/

Kartika, F. T. (2023). Bak sejarah kembali terulang, Mie Instan pertama di Indonesia ini juga di “rampas†oleh Salim Group? https://www.hops.id/unik/29410039281/bak-sejarah-kembali-terulang-mie-instan-pertama-di-indonesia-ini-juga-di-rampas-oleh-salim-group

Kotler, Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital.

Kristanti M M. (2021). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Online Customer Experience Quality, E-Servqual,Terhadap Online Customer Trust, Online Customer Review Rating, Dan Online Customer Loyalty Umkm Indonesia Masa Pandemi Covid-19. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021), Wnceb, 896–914. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/WNCEB

Kusumawati, A., & Rahayu, K. S. (2020). The effect of experience quality on customer perceived value and customer satisfaction and its impact on customer loyalty. TQM Journal, 32(6), 1525–1540. https://doi.org/10.1108/TQM-05-2019-0150

Lemke, F., Clark, M. and, & Wilson, H. (2011). Customer Experience Quality: An Exploration in Business and Consumer Contexts Using Repertory Grid Technique. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11747-010-0219-0

M. Puteri Rosalina. (2021). Mi Instan, Tetap di Hati meskipun Pandemi. https://www.kompas.id/baca/metro/2021/02/28/mi-instan-tetap-di-hati-meskipun-pandemi

Menitulo, G., Paskais, D., & Timotius, D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 297–308. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/245

Prastiwi, E. H., Surachman, Sunaryo, & Hussein, A. S. (2019). The Role of Value Co-Creation in Improving Customer Loyalty with Customer Satisfaction as Mediating Variable. 100(Icoi), 596–601. https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.104

Putri Yunaji, A., Dwiridotjahjono, J., Bisnis, A., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Effect Of Perceived Quality and Brand Image On Loyalty Through Customer Satisfaction As An Intervening Variable (Study On Pop Mie Cunsumers in Rungkut, Surabaya) Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Seba. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5070–5085. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Risa. (2022). Asal Usul Mie Instan, Ini Merek Pertama di Indonesia. https://www.kanalkalimantan.com/asal-usul-mie-instan-ini-merek-pertama-di-indonesia/

Surapati, U., & Mahsyar, S. (2020). Relationship Between Consumer Behavior, Discounts and Purchase Decision. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(1), 2614–1280.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Fratama, F. D., & Bintarti, S. (2024). PENGARUH CO-CREATION TERHADAP CUSTOMER LOYALITY YANG DIMODERASI OLEH CUSTOMER BEHAVIOR DAN EXPERIENCE QUALITY. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13943

Issue

Section

Articles

Citation Check