PENGARUH FASILITAS, LOKASI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL NIWA CANTING SEMARANG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Irene Nathalia Setiawan Universitas Semarang, Indonesia
  • Scorina Dwiantari Universitas Semarang
  • Bambang Heriawan Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14140

Abstract

One of the important things that every company needs to do and pay attention to is retaining existing customers and continuing to work on new potential customers so that customers don't leave the company and become customers of other companies. Loyal customers are an opportunity to get new customers. Apart from satisfaction, facilities also play a role in attracting consumers. Facilities are also very important in increasing consumer loyalty. Good facilities can make consumers feel comfortable, but if the facilities provided are bad then consumers will feel uncomfortable and feel at a loss. Basically, the location for all factory and service businesses is important because it is directly related to the efficiency and effectiveness of the business.

Author Biography

Irene Nathalia Setiawan, Universitas Semarang

Irene Nathalia Setiawan 1), 2) , 3)

References

Affandi, E. Y. (2015). Peran Kepercayaan Tamu Dalam Memediasi Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Taman Agung. EJurnal Manajemen UNUD, 1119.

Aini, T. N. (t.thn.). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variabel Intervening. Enterpreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (EBISMA), 88 - 98.

Arif, M. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu MAnajemen Vol 8 No 2 Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Surabaya, 472 - 481.

Bagio, S. J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen ( Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun ). Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 16 No 01.

Budiyanto, Y. D. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 3 No 12, 26.

Dulkhatif, Haryono, A. T., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penyedia Jasa Internet Study PT Noken Mulia Tama Semarang. Journal Of Management Vol 2 No 2 Maret.

G.V.Tunastini, & N.L.W.S.Telagawathi. (2023). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Gayatri Mas Mode Di Singaraja. Jurnal Manajemen Vol 5 No 1, April, 1-9.

Nawari. (2010). Analisis Regresi Dengan MS Exel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ninik Srijani, A. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel dan Conference Center. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA Vol. 7, Maret, 31-38.

P, S. (2013). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Rumah Makan Soto Betawi Pemuda. JEAM, 12-18.

Riko Levita Arnas, W. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Lentera Bisnis, 235.

Wasiman, Slitonga, F., & Wibowo, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Bintang Dua Di Kota Batam. Jurnal Cafetaria Vol 1 No 2 Juli, 64 - 73.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Setiawan, I. N., Dwiantari, S., & Heriawan, B. (2024). PENGARUH FASILITAS, LOKASI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL NIWA CANTING SEMARANG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14140

Issue

Section

Articles

Citation Check