ANALISIS KEPUTUSAN BERZAKAT MUZZAKI MELALUI ORGANISASI PENGUMPUL ZAKAT : STUDI MUZZAKI BAZNAS DAN LAZISNU KABUPATEN KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15030Abstract
References
Afandi, A., Fadhillah, A., & Hidayat, N. W. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Transparansi dan Reputasi Lembaga Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. Journal of Islamic Social Finance Management, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5598
Andri, S. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (kedua). Kencana
Ardiansyah, & Ardiyanti, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keagamaan, Lingkungan Sosial, dan Sumber Pendapatan terhadap Keputusan Pembayaran Zakat Mal dengan Komitmen Keagamaan sebagai Variabel Intervening. Amal : Journal of Islamic Economic and Business, 03(02), 116–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3095
Astuti, J. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Petani Membayar Zakat (Skripsi) [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/38298/17423078.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2022). Kemiskinan dan Ketimpangan. https://jateng.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html#subjekViewTab3
Bawono, A., & Erlangga, R. A. (2019). Perubahan Kesadaran Berzakat, atas Pengaruh Video Iklan Layanan Masyarakat dan Dampaknya pada Masyarakat Jateng dan DIY. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(1),
Canggih, C., & Indrarini, R. (2021). Apakah Literasi Mempengaruhi Penerimaan Zakat? JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 11(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2021.11(1).1-11
Darmawan, J. (2023). Transparansi terhadap Motivasi Muzakki Membayar Zakat : Studi kasus di Lembaga Amil Zakat Kota Bandar Lampung (The Influence of Faith, Knowledge, Accountability, and Transparency on Muzakki’s Motivation to Pay Zakat : A case study at the Amil Zakat Instit. Bukhori : Kajian Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(2), 95–102. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/bukhori.v2i2.1976
Hafidz, M., Chaniago, S. A., Ismanto, K., Masrur, M., Lutfiyanti, I. A., Arwani, A., Rosyid, A., Aryani, A. T. D., & Arisnawati, N. F. (2021). Bisnis Syariah dan Filantropi Islam (K. Ismanto (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.
Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).511
Hermanto, A., & Yuhani’ah, R. (2021). Pengelolaan Shodaqoh, Zakat dan Wakaf. Literasi Nusantara
Hudaifah, A., Tutuko, B., Abdurrubi P, S., Ishaq, A. A., & Albar, M. (2020). Sinergi Pengelolaan Zakat di Indonesia. Scopindo Media Pustaka
Kamal, S. (2017). Urgensi Strategi Promosi Dan Model UPZM dalam Upaya Menggali Potensi Zakat di Aceh. J-Ebis (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/v4i1.1235
Kominfo. (2022). Sri Mulyani Ajak Salurkan Zakat Lewat Baznas Guna Mengentaskan Kemiskinan. Website Pemerintah Kabupaten Klaten. https://klatenkab.go.id/sri-mulyani-ajak-salurkan-zakat-lewat-baznas-guna-mengentaskan-kemiskinan
Maarif, N. H. (2016). Kerahmatan Islam. PT Elex Media Komputindo.
Maswani. (2022). Bahasa Arab Qur’ani : Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Religiusitas pada Orang Dewasa. Publica Indonesia Utama
Mufid, M. (2021). Filsafat Hukum Ekonomi Syariah Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Akad-Akad Muamalah Kontemporer (Pertama). Kencana
Nasar, M. F. (2018). Capita Selecta Zakat Esei-Esei Zakat Aksi Kolektif Melawan Kemiskinan. Gre Publishing.
Nursalimah, S., & Senjiati, I. H. (2021). Analisis Prioritas Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Muzakki dalam Berzakat, Infaq dan Sedekah di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.184
Octavia, R. R. (2021). Pengaruh pemahaman, [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiflZaKm6_9AhVazHMBHSIADv4QFnoECBwQAQ&url=http%3A%2F%2Fetheses.iainponorogo.ac.id%2F15355%2F2%2F212117031_Ridha%2520Risky%2520Octavia_Ekonomi%2520Syariah.pdf&usg=AOvVaw25Bm3Xp3b1NetoQPBx60H
Priyono, J. (2022). Klaten Optimalkan Pendapatan Baznas dari PNS untuk Bantu Entaskan Kemiskinan. Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/klaten-optimalkan-pendapatan-baznas-dari-pns-untuk-bantu-entaskan-kemiskinan/
Purwanto, A., Mukarromah, O., & Jajuli, S. (2022). Pengaruh Social Marketing Campaign dan Kepekaan Sosial terhadap Jumlah Donatur ZIS di Saat Pandemi (Studi Kasus LAZ Harfa Banten). Tsarwah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32678/tsarwah.v7i1.6566
Puskas Baznas. (2019). Indeks Literasi Zakat : Teori dan Konsep. Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional. https://drive.google.com/open?id=1kOccUb7l_1-dlDclcDadKzOvhoQR7tyW
Quthbi, Z. H., & Rafsanjani, P. (2022). Dampak Pendapatan, Pemahaman dan Lingkungan Masyarakat dalam Kepatuhan Membayar Zakat Masyarakat Kecamatan Selong. Jurnal Maqosid, 10(02), 1–11. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/maqosid/article/view/823/600
Rahayu, R. N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan, Promosi, Religiusitas dan Kepercayaan terhadap Minat Membayar Zakat Profesi di Baznas Kota Tangerang Selatan (Skripsi) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/65050/2/11180860000085_RIZQI NOVIANI RAHAYU.pdf
Ridho, H., & Wasik, A. (2020). Zakat Produktif. Literasi Nusantara
Rismantari, L. S. (2020). Pengaruh Faktor Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan, dan Pelayanan terhadap Keputusan Muzakki dalam Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis - Universitas Brawijaya, 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/6738/5835
Riyanto, S., & Putera, A. R. (2022). Metode Riset Penelitian Kesehatan dan Sains. Deepublish
Sevriana, L., & Abdurrahman, D. (2021). Helicopter View Ekonomi Islam. Deepublish
Syafiq, A. (2016). Urgensi Peningkatan Akuntabilitas Lembaga Pengelola Zakat. Ziswaf, 3(1), 18–38. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ziswaf/article/view/2281
Syahrir, Danial, Yulinda, E., & Yusuf, M. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.
Tiara, S., Yurniwati, Y., & Putriana, V. T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Literasi Zakat terhadap Preferensi Muzakki dalam Memilih Saluran Distribusi Zakat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 340–347. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.536
Wijaya, A. (2019). Metode Penelitian Menggunakan Smart PLS 03 (1st ed.). Innosain
Yuniar, V. P., & Asiati, D. I. (2022). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat dengan Kepercayaan dan Pengetahuan sebagai Variabel Intervening di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhamadiyah (Lazismu) Sumatera Selatan. Prima Ekonomika, 13(1), 28–39. http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/119/98