ANALISIS KEPUTUSAN BERZAKAT MUZZAKI MELALUI ORGANISASI PENGUMPUL ZAKAT : STUDI MUZZAKI BAZNAS DAN LAZISNU KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Rendy Widianto Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Nafis Irkhami
  • Musalim Ridlo

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui potensi zakat di Kabupaten Klaten, yang belum termaksimalisasi dalam hal pengumpulannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif SEM-PLS (Structural Equation Modeling–Partial Least Square), dengan memanfaatkan aplikasi olah data SmartPLS 3. Angket/kuesioner penelitian telah disebarkan dan sebanyak 100 sampel telah didapatkan, yang merupakan muzzaki Baznas Kabupaten Klaten dan Lazisnu Kabupaten Klaten. Hasil penelitian secara direct effects menjelaskan bahwa variabel religiusitas, promosi media, dan empati sosial tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan muzzaki berzakat di OPZ. Hal ini mengindikasikan bahwa tingginya intensitas ketiga variabel tersebut, tidak berarti mendorong secara kuat keputusan muzzaki berzakat di OPZ. Hasil berbeda ditunjukkan variabel literasi zakat dan akuntabilitas OPZ memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan muzzaki berzakat di OPZ. Tingkat literasi zakat yang semakin tinggi dan akuntabilitas OPZ yang semakin baik di mata muzzaki, maka akan mendorong keputusan muzzaki tersebut untuk berzakat di OPZ. Hasil indirect effects menjelaskan bahwa variabel religiusitas, literasi zakat, dan empati sosial tetap tidak berpengaruh signifikan, walaupun telah melalui metode mediasi variabel akuntabilitas OPZ. Variabel promosi media berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzzaki berzakat di OPZ, setelah melalui mediasi dengan variabel akuntabilitas OPZ. Muzzaki mempertimbangkan akuntabilitas OPZ, melalui kegiatan promosi yang dilakukan oleh OPZ. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi organisasi pengumpul zakat (OPZ) dalam memaksimalisasi pengumpulan zakat di Kabupaten Klaten guna mengentaskan permasalahan kemiskinan.

References

Afandi, A., Fadhillah, A., & Hidayat, N. W. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Transparansi dan Reputasi Lembaga Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. Journal of Islamic Social Finance Management, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5598

Andri, S. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (kedua). Kencana

Ardiansyah, & Ardiyanti, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keagamaan, Lingkungan Sosial, dan Sumber Pendapatan terhadap Keputusan Pembayaran Zakat Mal dengan Komitmen Keagamaan sebagai Variabel Intervening. Amal : Journal of Islamic Economic and Business, 03(02), 116–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3095

Astuti, J. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Petani Membayar Zakat (Skripsi) [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/38298/17423078.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2022). Kemiskinan dan Ketimpangan. https://jateng.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html#subjekViewTab3

Bawono, A., & Erlangga, R. A. (2019). Perubahan Kesadaran Berzakat, atas Pengaruh Video Iklan Layanan Masyarakat dan Dampaknya pada Masyarakat Jateng dan DIY. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(1),

Canggih, C., & Indrarini, R. (2021). Apakah Literasi Mempengaruhi Penerimaan Zakat? JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 11(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2021.11(1).1-11

Darmawan, J. (2023). Transparansi terhadap Motivasi Muzakki Membayar Zakat : Studi kasus di Lembaga Amil Zakat Kota Bandar Lampung (The Influence of Faith, Knowledge, Accountability, and Transparency on Muzakki’s Motivation to Pay Zakat : A case study at the Amil Zakat Instit. Bukhori : Kajian Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(2), 95–102. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/bukhori.v2i2.1976

Hafidz, M., Chaniago, S. A., Ismanto, K., Masrur, M., Lutfiyanti, I. A., Arwani, A., Rosyid, A., Aryani, A. T. D., & Arisnawati, N. F. (2021). Bisnis Syariah dan Filantropi Islam (K. Ismanto (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).511

Hermanto, A., & Yuhani’ah, R. (2021). Pengelolaan Shodaqoh, Zakat dan Wakaf. Literasi Nusantara

Hudaifah, A., Tutuko, B., Abdurrubi P, S., Ishaq, A. A., & Albar, M. (2020). Sinergi Pengelolaan Zakat di Indonesia. Scopindo Media Pustaka

Kamal, S. (2017). Urgensi Strategi Promosi Dan Model UPZM dalam Upaya Menggali Potensi Zakat di Aceh. J-Ebis (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/v4i1.1235

Kominfo. (2022). Sri Mulyani Ajak Salurkan Zakat Lewat Baznas Guna Mengentaskan Kemiskinan. Website Pemerintah Kabupaten Klaten. https://klatenkab.go.id/sri-mulyani-ajak-salurkan-zakat-lewat-baznas-guna-mengentaskan-kemiskinan

Maarif, N. H. (2016). Kerahmatan Islam. PT Elex Media Komputindo.

Maswani. (2022). Bahasa Arab Qur’ani : Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Religiusitas pada Orang Dewasa. Publica Indonesia Utama

Mufid, M. (2021). Filsafat Hukum Ekonomi Syariah Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Akad-Akad Muamalah Kontemporer (Pertama). Kencana

Nasar, M. F. (2018). Capita Selecta Zakat Esei-Esei Zakat Aksi Kolektif Melawan Kemiskinan. Gre Publishing.

Nursalimah, S., & Senjiati, I. H. (2021). Analisis Prioritas Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Muzakki dalam Berzakat, Infaq dan Sedekah di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.184

Octavia, R. R. (2021). Pengaruh pemahaman, [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiflZaKm6_9AhVazHMBHSIADv4QFnoECBwQAQ&url=http%3A%2F%2Fetheses.iainponorogo.ac.id%2F15355%2F2%2F212117031_Ridha%2520Risky%2520Octavia_Ekonomi%2520Syariah.pdf&usg=AOvVaw25Bm3Xp3b1NetoQPBx60H

Priyono, J. (2022). Klaten Optimalkan Pendapatan Baznas dari PNS untuk Bantu Entaskan Kemiskinan. Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/klaten-optimalkan-pendapatan-baznas-dari-pns-untuk-bantu-entaskan-kemiskinan/

Purwanto, A., Mukarromah, O., & Jajuli, S. (2022). Pengaruh Social Marketing Campaign dan Kepekaan Sosial terhadap Jumlah Donatur ZIS di Saat Pandemi (Studi Kasus LAZ Harfa Banten). Tsarwah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32678/tsarwah.v7i1.6566

Puskas Baznas. (2019). Indeks Literasi Zakat : Teori dan Konsep. Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional. https://drive.google.com/open?id=1kOccUb7l_1-dlDclcDadKzOvhoQR7tyW

Quthbi, Z. H., & Rafsanjani, P. (2022). Dampak Pendapatan, Pemahaman dan Lingkungan Masyarakat dalam Kepatuhan Membayar Zakat Masyarakat Kecamatan Selong. Jurnal Maqosid, 10(02), 1–11. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/maqosid/article/view/823/600

Rahayu, R. N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan, Promosi, Religiusitas dan Kepercayaan terhadap Minat Membayar Zakat Profesi di Baznas Kota Tangerang Selatan (Skripsi) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/65050/2/11180860000085_RIZQI NOVIANI RAHAYU.pdf

Ridho, H., & Wasik, A. (2020). Zakat Produktif. Literasi Nusantara

Rismantari, L. S. (2020). Pengaruh Faktor Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan, dan Pelayanan terhadap Keputusan Muzakki dalam Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis - Universitas Brawijaya, 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/6738/5835

Riyanto, S., & Putera, A. R. (2022). Metode Riset Penelitian Kesehatan dan Sains. Deepublish

Sevriana, L., & Abdurrahman, D. (2021). Helicopter View Ekonomi Islam. Deepublish

Syafiq, A. (2016). Urgensi Peningkatan Akuntabilitas Lembaga Pengelola Zakat. Ziswaf, 3(1), 18–38. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ziswaf/article/view/2281

Syahrir, Danial, Yulinda, E., & Yusuf, M. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.

Tiara, S., Yurniwati, Y., & Putriana, V. T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Literasi Zakat terhadap Preferensi Muzakki dalam Memilih Saluran Distribusi Zakat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 340–347. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.536

Wijaya, A. (2019). Metode Penelitian Menggunakan Smart PLS 03 (1st ed.). Innosain

Yuniar, V. P., & Asiati, D. I. (2022). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat dengan Kepercayaan dan Pengetahuan sebagai Variabel Intervening di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhamadiyah (Lazismu) Sumatera Selatan. Prima Ekonomika, 13(1), 28–39. http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/119/98

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Widianto, R., Irkhami, N., & Ridlo, M. (2024). ANALISIS KEPUTUSAN BERZAKAT MUZZAKI MELALUI ORGANISASI PENGUMPUL ZAKAT : STUDI MUZZAKI BAZNAS DAN LAZISNU KABUPATEN KLATEN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(4). https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15030

Issue

Section

Articles

Citation Check