EFEKTIVITAS PEMASARAN MULTI-CHANNEL BIRO WISATA PT. JELAJAHI ARUNIKA INDONESIA

Authors

  • Robertus Wahyu Wuryanto
  • Nina Mistriani

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.15140

Abstract

Abstract Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi pemasaran multi-channel pada biro perjalanan wisata skala menengah, dengan fokus pada PT. Jelajahi Arunika Indonesia sebagai studi kasus. Dalam industri pariwisata yang semakin kompetitif, pemahaman mendalam tentang implementasi dan dampak berbagai saluran pemasaran terhadap kinerja bisnis menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi pengalaman dan persepsi internal perusahaan serta pelanggan terhadap strategi pemasaran multi-channel yang diterapkan oleh PT. Jelajahi Arunika Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggabungkan wawancara mendalam dengan eksekutif perusahaan, staf pemasaran, dan pelanggan, serta analisis dokumen pemasaran perusahaan. Temuan menunjukkan bahwa integrasi yang efektif antara saluran digital dan tradisional memainkan peran kunci dalam meningkatkan engagement pelanggan. Studi ini juga mengungkapkan tantangan dalam menyelaraskan pesan pemasaran di berbagai saluran dan pentingnya personalisasi konten. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi biro perjalanan wisata skala menengah dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran multi-channel yang efektif dan kohesif. Keywords : Pemasaran multi-channel, Biro perjalanan wisata, Strategi pemasaran

References

DAFTAR PUSTAKA

Amane, A. P. O., Kertati, I., Hastuti, D., Purwanto, R., Shodiq, L. J., & Ridho’i, M. (2023). Metode Penelitian Kualitatif : Perspektif Bidang Ilmu Sosial. In SONPEDIA : Publishing Indonesia.

Arfan, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 009 Mesah. Sindoro Cendekia Pendidikan, 6(1), 1–10.

Aulia, D., Mistriani, N., Nugraha, B. D., Bunawolo, S. W., & Faruq, U. (2024). B2B Strategy in Increasing Revenue and Product Promotion of Tempe Home Industry Erowati Semarang. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 3(April), 13–21. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=2IcBqW0AAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=2IcBqW0AAAAJ:abG-DnoFyZgC

Buhalis, D., & Law, R. (2008). Progress in information technology and tourism management: 20 years on and 10 years after the Internet—The state of eTourism research. Tourism Management, 29(4), 609–623. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tourman.2008.01.005

Buhalis, D., & Sinarta, Y. (2019). Real-time co-creation and nowness service: lessons from tourism and hospitality. Journal of Travel & Tourism Marketing, 36(5), 563–582. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tourman.2008.01.005

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing. In Pearson UK. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-1yGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT17&dq=Digital+marketing:+strategy,+implementation+and+practice+(7th+ed.)&ots=XjRp6UlK51&sig=53MWJk-efFmyGiRZ1m0_QoMrXRk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Djabbari, M. H., Saguni, D. S., & Kurniadi, H. (2023). Implementasi e-Tourism di Indonesia : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Sains Dan Teknologi Informasi 2023, 1(1), 143–154.

Hapriyanto, A. R. (2024). Multidisciplinary Science Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Era Digital. Nusantara Journal Od Multidisiplinary Science, 2(1), 108–117.

Hapsari, R., Clemes, M. D., & Dean, D. (2017). The impact of service quality, customer engagement and selected marketing constructs on airline passenger loyalty. International Journal Od Quality and Service Science, 9(1), 21–40. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJQSS-07-2016-0048

Juliana, J., Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. In PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM - Anggota IKAPI).

Lestari, K. I., & Harto, B. (2024). Integrasi Omnichannel Marketing Dan Content Marketing: Kajian Kualitatif Tentang Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Sektor Ritel Kuliner di Bandung. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3440–3451. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25967

Maliha, A. (2018). Pengaruh Modal,Tenaga Kerja, Dan Bahan Baku Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue Dalam Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus di Home Industri Mitra Cake Legundi Sukarame Bandar Lampung). Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung.

Mistriani, N., & Putra, D. T. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pemasaran Digital : Paket Wisata Terintegrasi di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2501–2507.

Nartin, N., Faturrahman, F., Deni, A., Santoso, Y. H., Utama, E. I.-F. Y., & Tarigan, W. J. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. In Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Rukin, R. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=GyWyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Langkah+selanjutnya+adalah+interpretasi+temuan+dalam+konteks+pertanyaan+penelitian,+serta+triangulasi+data+dari+berbagai+sumber+untuk+meningkatkan+validitas&ots=EavtnRymG-&sig=BZp

Verhoef, P. C., Kannan, P. ., & Inman, J. J. (2015). From Multi-Channel Retailing to Omni-Channel Retailing: Introduction to the Special Issue on Multi-Channel Retailing. Journal of Retailing, 91(2), 174-`181. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretai.2015.02.005

Wardana, A. K., Handayani, D. S., Kaunang, R. R., & Parani, R. (2024). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Era Digital: Peran Teknologi dan Respons Masyarakat. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 14(11), 1–9. https://doi.org/10.59188/covalue.v14i11.4326

Wei, L. S., Wardiyanta, W., & Susanto, A. (2024). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Industri Pariwisata Dan Strategi Keluar Dari Krisis: Studi Kasus Strategi Pariwisata Kota Nanning Tiongkok. Co-Value: Journal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(9), 1–17.

Published

2024-09-29

How to Cite

Wuryanto, R. W., & Mistriani, N. (2024). EFEKTIVITAS PEMASARAN MULTI-CHANNEL BIRO WISATA PT. JELAJAHI ARUNIKA INDONESIA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.15140

Issue

Section

Articles

Citation Check