MEMBANGUN TRADISI ENTERPRENEURSHIP PADA MASYARAKAT

Helisia Margahana, Eko Triyanto

Abstract


Enterpreneurship menjadi jalan yang paling efektif di tengah himpitan ekonomi yang semakin besar dan lapangan pekerjaan yang semakin sempit, untuk membangkitkan kembali kehidupan perekonomian masyarakat. Indonesia masih perlu mempersiapkan lahirnya generasi enterpreneur karena para enterpreneur inilah yang akan menjadi penggerak pembangunan ekonomi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana membangun tradisi enterpreneurship pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (Literature Review) untuk membahas topik yang dikaji. Kajian Pustaka dimaksudkan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Hasil dari telaah pustaka menyimpulkan bahwa ketiga tradisi yang diciptakan oleh keluarga, pendidikan dan pemerintah mampu mendorong tumbuhnya tradisi entrepreneur pada masyarakat.

Kata kunci : Tradisi, Enterpreneurship, Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Ahmad,T., Trihastuti, D., & Runtuk, J.K., (2013). Analisis Pengaruh Entrepreneurship Education Terhadap Perilaku Entrepreneur Mahasiswa, Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2 No. 1, Juni, hal.34-43.

Anggraini, Bety dan Harnanik. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Vol. X No. 1 Juni 2015 Hal. 42 – 52

Frinces, Z. Heflin. 2010. Pentingnya Profesi Wirausaha Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 Nomor 1, April 2010 . STIE Mitra Indonesia Yogyakarta.

Herefa, Andrias, dkk. 2007. The Ciputra’s Way : Praktik Terbaik Menjadi Enterpreneur Sejati.. Jakarta : Gramedia.

http : //www.wartaekonomi.co.id/ berita183507/ hipmi – jumlah – penguasa - ri- tertinggal-jauh.html. Diakses pada tanggal 30 November 2018.

Koentjaraningrat, 2009. Pengantar Ilmu Antropology. Yogyakarta : Rineka Cipta

Koentjaraningrat, 2009. Perspektif Budaya. Yogyakarta : Rineka Cipta

Lambing, Peggy & Charles R. Kvehi. 2000. Enterpreneurship. New Jersey: Prentice Hall.Inc.

Maguni, Wahyudin. 2014. Konsep pendidikan kewirausahaan di masyarakat dalam membangun ekonomi. Jurnal Ilmiah Al Adl. Vol. 7 No. 1, Januari 2014.

Mc Grath, R.G. & Mac Millan, I.C.2000. The enterpreneurial mindset : Strategies for Continuosly Creating Oppurtunity in an age of uncertainty. Boston, Mass : Harvard.

Nagel, P. Julius F. 2012. Wirausahawan Sebagai Penggerak Utama Pembangunan Ekonomi. Dalam prosiding Seminar Nasional Kedaulatan Pangan dan Energi diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura 27 Juni 2012. ISBN : 978 – 602 – 19131 – 16

Nagel, P. Julius F. 2016. Pengembangan Jiwa Dan Kecerdasan Wirausaha Untuk Kemandirian Bangsa. Seminar Nasional IENACO – 2016. ISSN: 2337 – 4349

Paramita S, Irma Dkk. 2015. Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya Volume 2 Maret 2015

Prianto, Agus. 2015. Urgensi Penguatan Budaya Wirausaha Untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia di Era MEA. Jurnal Economia, Volume 11, Nomor 1, April 2015. STKIP PGRI Jombang

Priyanto, Sony Heru dan Iman Sandjojo (2005). Relationship between entrepreneurial learning, entrepreneurial competencies and venture success: empirical study on SMEs. Int. J. Entrepreneurship and Innovation Management, Vol. 5, Nos. 5/6, 2005

Setiawan, Deden dan Sukanti. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita Edisi 7 Tahun 2016. Universitas Negeri Yogyakarta

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistiowati. 2006. Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soeprapto, Adi. 2017. Sinergi Kalangan Akademik, Dunia Usaha Dan Pemerintah Dalam Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan Mahasiswa. Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”

Suharti, Lieli dan Hani Sirine. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, vol.13, no. 2, september 2011: 124-134. Universitas Kristen Satya Wacana

Sukidjo. 2011. Membudayakan Kewirausahaan, WUNY Majalah Ilmiah Populer Tahun XII, Nomor 1, Januari, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Wahyu P.R, Dwi. 2016. Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education. JBMA – Vol. III, No. 1, Maret 2016

Wirasasmita, Yuyun. 2003. Pembangunan Ekonomi dan Kewirausahaan (analisis ekonomi Jawa Barat). Bandung : Unpad Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i02.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com