VARIABEL POSITIVE EMOTION SEBAGAI INTERVENING IMPLUSE BUYING BEHAVIOR (Studi pada pelanggan Tokopedia Kota Semarang)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7813Abstrak
Referensi
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press (Cetakan Pe). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Akbar, S. F., Tricahyadinata, I., & Asnawati. (2020). Pengaruh Display Produk, Promosi Below the Line dan Motivasi Belanja Hedonis terdahap Keputusan Pembelian Impulsif. JURNAL MANAJEMEN, 12(1),
–123. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JU RNALMANAJEMEN
Alfarizi, R. A., Rachma, N., & Hufron, M. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Atmosfer Toko Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Superindo Tlogomas Malang. E – Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 75–87.
Aluwan, N. K., & Rahmah, D. D. N. (2021).
Hubungan Peran Selebriti Instagram dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Mahasiswa di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 238.
https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.
Andani, K. (2018). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying melalui Emosi Positif pada
Konsumen House of Smith Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Andriany, D., & Arda, M. (2019). The effect of bonus pack and price discount on buying impulse in Marketplace Consumers in Medan. Journal The 1 International Conference on Innovation of Small Medium-Sized Enterprise (ICIS), 1(1), 75–
Arif, N. A. S. (2021). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING
DENGAN POSITIVE EMOTIONAL RESPONSE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING [Universitas Islam Negeri
Sunan Ampel Surabaya]. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/prod ucts-solutions/factory- automation/index.html
Cahyaningtya, D. M. F. P. S. R. D. A. (2020).
Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Impluse Buying) Dengan Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pepaya Fresh Gallery Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 51–
Cynthia, M., Tjahjadi, D., & Yudhistyra, E. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE. 20. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v20i2.6
Dewi, A. K., & Rachmawati, I. (2020).
Pengaruh Website Quality Terhadap Impulse Buying Dengan Dimensi Shopping Value Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen E-commerce Shopee). Jurnal Mitra Manajemen, 2(4),
–285. http://e- jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm
/article/view/125/69
Dewi, R. K. (2020). Mengenal Impulsive Buying, Kebiasaan Boros yang Dapat Direm Saat Pandemi. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/0
/27/181100765/mengenal-impulsive- buying-kebiasaan-boros-yang-dapat-direm- saat-pandemi?page=all
Dr. H. Mundir, M. P. (2013). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In H. Hasanah (Ed.), A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano (Cetakan 1). STAIN Jember Press.
Ernawati, N. (2021a). Stimulus Iklan, Positive Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Belanja Impulsif: Dampak Mediasi Motif Hedonis Pembelanja Online. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 346–360. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.
Ernawati, N. (2021b). Stimulus Iklan, Positive Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Belanja Impulsif: Dampak Mediasi Motif Hedonis Pembelanja Online. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 346–360. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.
Felita, P., & Oktivera, E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Shopee Indonesia Terhadap Impulsive Buying Konsumen Studi Kasus: Impulsive Buying pada Mahasiswa STIKS Tarakanita. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 4(2), 159–185.
Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi
Penelitian. CV. HIRA TECH.
Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2019). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi terhadap Perilaku Konsumen (Studi pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang). https://media.neliti.com/media/publications
/103179-ID-pengaruh-faktor-budaya- sosial-pribadi-da.pdf
Ginanjar, A., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Penjualan, Dan Display Produk Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 5(02), 190–203. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.p hp/jirm/article/download/1259/1278
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019).
Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis.
Hardani, S.Pd., M.Si., D. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Cetakan I, Issue April). Penerbit Pustaka Ilmu.
Jayani, D. H. (2021). Tokopedia Masih Jadi E- Commerce Paling Banyak Dikunjungi pada Kuartal III 2021. Databoks.Katadata.Co.Id.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/
/11/18/tokopedia- masih-jadi-e- commerce-paling-banyak-dikunjungi-pada-
kuartal-iii-2021
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan
Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Jovianggi, B., & Soelasih, Y. (2020). Analisis atribut toko online terhadap repurchase intention dengan mediasi customer satisfaction di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 41–50. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.2910
Khoirunnisa. (2021). Riset: Tokopedia Jadi Marketplace Paling Banyak Diakses. Https://Selular.Id/. https://selular.id/2021/04/riset-tokopedia- jadi-marketplace-paling-banyak-diakses/
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Priciples of
Marketing, Twelfth Edition (A. Maulana,
D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.); 13th ed.).
Kristanto, D. (2020, June 16). Belanja Online Secara Mobile Bisa Membuat Impulsif Buying. Unair. http://news.unair.ac.id/2020/06/16/belanja- online-secara-mobile-bisa-membuat- impulsif-buying/
Lestari, S. I. P. (2018). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakarta. 7, 129–140.
https://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksi preneur/article/view/362/331
Maharanie, R. P., Suharyono, & Yulianto, E. (2020). Pengaruh Lingkungan Toko Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Profit, 14(01), 12–21.
https://doi.org/10.21776/ub.profit.2020.014
.01.2
Noviasih, E., Welsa, H., & Cahyani, P. D.
(2021). Pengaruh Price Dicount dan Kualitas Website terhadap Impluse Buying melalui Shopping Motivation sebagai Variabel Intervening. Journal of Management and Business, 4.
Pasar, A. A. (2020). Definisi Karakteristik Marketplace. https://www.ukmindonesia.id/baca- artikel/376
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (M. Masykur (ed.); 9th ed.). McGraw- HillEducation (Asia) and Salemba Empat.
Puspita, E. M., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif Melalui Emosi Positif Pelanggan Vans Store Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5, 3.
Putra, F. S., & Rahmiati, R. (2019). Pengaruh Website Quality Terhadap Online Booking Intention Dengan Mediasi E-Trust Pada Pengguna Traveloka Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(2), 129. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.6147
Putri, R. A., & Artanti, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Website , Impulsive Personality Trait , Dan Kelompok Referensi Terhadap Pembelian Impulsif di Tokopedia. 03(04),
–251.
Rizqy, N. D., & Hidayati, L. L. A. (2021).
Pengaruh kualitas informasi dan shopping lifestyle terhadap pembelian impulsif konsumen milenial pada e-commerce ( studi kasus pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang ). 590–604.
Rosyida, S., & Anjarwati, A. L. (2016).
Pengaruh Store Atmosfer dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening. Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16, 105–127.
Salim, A., & Fermayani, R. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departement Store Padang. VII(3), 1–14.
Salma Mardhiyah, R., & Sulistyawati, L. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening pada
E-Commerce Shopee. JABEISTIK : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 9–21.
Sari, A. P. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement.
Sarstedt, M., Hair, J. F., Hult, G. T., & Ringle, C. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling
(PLS-SEM) - Joseph F. Hair, Jr., G. Tomas M. Hult, Christian Ringle, Marko Sarstedt. In Sage.
Satria, A., & Trinanda, O. (2019). Pengaruh Promosi dan Website Quality Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Lazada di Kota Padang. EcoGen, 2(3), 463. www.merdeka.com
Savira, A., Nurhajati, & Wahono, B. (2020).
Pengaruh In-Store Display, Bonus Pack,
dan Sales Person Terhadap Impulse Buying Dengan Emotional Response Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Konsumen Alfamart Cabang Kotalama Malang. E- Jurnal Riset Manajemen. www.fe.unisma.ac.id
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: CV Alfabeta, 1–334.
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran (1st ed.). Graha Ilmu.
Utari, F., & Wijayanti, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Situs Web dan Karakteristik Konsumen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen pada Situs Web Tokopedia dengan Niat Pembelian sebagai Variabel Mediasi. Journal of Management and Business Review, 18(2), 420–437. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.287
Widowati, H. (2021). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce
Tercepat di Dunia | Databoks. 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/
/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan- pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di- dunia
Wiguna, P., & Wijayanti, N. W. (2019).
Pengaruh Word of Mouth (Wom), Visual Merchandising dan Creative Promotion Terhadap Impulse Buying Minyak Kutuskutus Di Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 48. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2158
Wijoyo, F., & Santoso, T. (2022). Pengaruh
Website Quality, Electronic Word of
Mouth, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada E- Commerce …. Agora, 10(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ma najemen- bisnis/article/view/12081%0Ahttps://public ation.petra.ac.id/index.php/manajemen- bisnis/article/viewFile/12081/10611
Wisnuwardani, S. A. (2020, November 1).
Impulsive Buying. Universitas Sanata Dharma. https://usd.ac.id/pusat/p2tkp/impulsive- buying