PENGARUH CITRA MEREK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK WARDAH DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswi STIE Bina Karya Tebing Tinggi)

Authors

  • Eka Mayastika Sinaga STIE Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia
  • Fitrianingsih Fitrianingsih STIE Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia
  • Indah Lestari STIE Bina Karya Tebing Tinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh citra merek dan label halal terhadap keputusan pembelian produk lipstik Wardah dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan explanatory research. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswi STIE Bina Karya Tebing Tinggi Semester VI sore yang memakai produk lipstik Wardah berjumlah 40 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu hasil dari penyebaran kuesioner/angket melalui media google form. Analisis data menggunakan Software SPSS 25 for windows dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien determinasi, uji signifikansi (uji t) dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, label halal tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis jalur menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian tanpa melalui kepercayaan konsumen. Sedangkan label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Kata Kunci: Citra Merek, Label Halal, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

References

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669. http//ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

Cahaya, Y. F., & Soiturrohmah, S. (2021). Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Label Halal Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula SGM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol 16, No, 161–167.

https://doi.org/10.46975/aliansi.v16i2.110

Dita, N. A. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Melalui Mediasi Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Di Klaten). Skripsi. Universitas Widya Dharma, Klaten.

http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2366

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Unitomo Press.

Kamilah, G., & Wahyuti, A. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol 6 No 2.

http//:jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/722/734

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Erlangga: Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Pretice Hall, Inc.

Maulana, M. W. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Gifutohandicraft Di Instagram. Skripsi. Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim, Malang.

http://etheses.uin-malang.ac.id/15650/

Mowen, J. C., & Minor, M. (2013). Perilaku Konsumen (Jilid 1 Edisi Kelima). Erlangga, Jakarta.

Nugroho, P. S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai variabel Intervening (studi pada pengguna Smartphone Samsung di Kecamatan Kebumen). Jurnal Manajemen, 1–7.

http://doi.org/10.36987/ecobi.v5i2.49

Nurjanah, N. (2020). Pengaruh Label Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Samyang (Suatu Survey Konsumen Mie Samyang Pada Borma Dago Di Kota Bandung. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4443

Santoso, D. H. (2020). Pengaruh Celebrity endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smarphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Setyawati, K. E. (2018). Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Manajemen. Vol 3, No. 4

https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/1471

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D (Edisi 12). Alvabeta, CV.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) (Cetakan ke-1). CAPS (Center for Academic Service).

Top Brand Award. (2019). Diakses pada 11 Maret 2022, <https://www.topbrand-award.com/en/2019/04/lipstik/fase-1-2019/>

Top Brand Award. (2020). Diakses pada 11 Maret 2022, <https://www.topbrand-award.com/en/2020/01/lipstik/fase-1-2020/>

Top Brand Award. (2021). Diakses pada 11 Maret 2022, <https://www.topbrand-award.com/en/2021/01/lipstik/fase-1-2021/>

Yuliani, F., Fitria, H. A., & Hasanah, N. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Rahmah Cosmetic Banjarmasin (Studi Kasus Pada Konsumen Loyal Produk Wardah Di Banjarmasin Selatan). Jurnal Manajemen Ekonomi.

http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/Id/Eprint/7105

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Sinaga, E. M., Fitrianingsih, F., & Lestari, I. (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK WARDAH DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswi STIE Bina Karya Tebing Tinggi). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8326

Citation Check