ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA SECARA LURING DAN DARING MATA KULIAH STATISTIK EKONOMI I STIE DHARMA BUMIPUTERA JAKARTA

Authors

  • Nurhanan Nurhanan Program Studi Manajemen, STIE Dharma Bumiputera Jakarta, Indonesia

Abstract

The aim of this research is to find out whether there is a significant difference in the results of offline and online student lectures for the Economic Statistics I course at STIE Dharma Bumiputera Jakarta. The research method used is a quantitative research method by conducting hypothesis testing in the form of a Paired Sample t-Test. The data used is secondary data in the form of data from offline and online lectures in the even semester of the 2023/2024 academic year which is documented on the STIE Dharma Bumiutera ecampuz. By using a data processing tool in the form of SPSS version 22, the results were obtained that offline lectures were better than online lectures.

References

Agustien, R. (2023). Studi Komparasi Hasil Pembelajaran Luring dan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(1). https://doi.org/10.30659/jp-sa.v3i1.26747

Azmi, A., Wildan, W., Muntari, M., & Andayani, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram Tahun 2021. Chemistry Education Practice, 5(1). https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3154

Fadila, R. N., Nadiroh, T. A., Juliana, R., Zulfa, P. Z. H., & Ibrahim, I. (2021). Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457

Fauzia, P., S. sastramihardja, H., & Kartika sari, A. (2023). Terdapat Perbedaan Antara Hasil Pembelajaran Luring dan Daring. Bandung Conference Series: Medical Science, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsms.v3i1.6953

Haratikka, H. (2022). Kesiapan Dosen dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa di Era Covid 19 di STIE Bina Karya. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2261

Laili, S. M., Dassucik, D., & Noervadila, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1418

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2). https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2).

Nor Indriyanti, Sudarti, S., & Rif’Ati Dina Handayani. (2022). Analisis Komparasi Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Luring dan Daring. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.613

Nurhayati, F., Jayadi, I., Febriyanti, I., & Bana, P. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring dan Luring di Fakultas Ilmu Olahraga Unesa. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 6(2). https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i2.5347

Purnawinadi, I. G. (2021). Analisis Hasil Belajar Biostatistika Berdasarkan Metode Pembelajaran Luring Dan Daring. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1). https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.652

Selvie, S., Komariah, S., & Septianawati, D. (2022). Analisis Perbandingan Hasil Belajar Siswa Secara Daring Dan Luring Mata Pelajaran Matematika. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2). https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1131

Tullah, H., Kosim, K., Zuhdi, M., & Makhrus, Muh. (2022). Analisis Pola Belajar Luring dan Daring pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.400

Yani, Y., & Bernarda Teting. (2020). Komparasi Hasil Belajar Mata Kuliah Patofisiologi Antara Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) Mahasiswa Semester II Stikes Dirgahayu Tahun Akademik 2019/2020. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(2). https://doi.org/10.52841/jkd.v2i2.152

Yudhira, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Value, 2(1). https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177

Zenab, A. S., & Sukawati, S. (2022). Studi Komparasi Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Metode Daring Dan Luring Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik, 11(2). https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p245-256

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Nurhanan, N. (2025). ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA SECARA LURING DAN DARING MATA KULIAH STATISTIK EKONOMI I STIE DHARMA BUMIPUTERA JAKARTA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(1). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/16534

Issue

Section

Articles

Citation Check