PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DIMEDIASI KOMITMEN ORGANISASI DI SEKTOR PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2785Abstract
References
AAIPI. 2013. Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia. https://inspektorat.gorontaloprov. go.id/wp-content/uploads/2017/10/Standar-Audit-Intern-Pemerintah-Indonesia.pdf
Anggraeni, L., & Helmy, I. 2020. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 271–280. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.475
BPK RI. 2017. Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017
Badjuri, A., & Jaeni. 2013. Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2).
Bastian, I. 2011. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar (3rd ed.). Jakarta: Erlangga.
Gruening, G. 2001. Origin and theoretical basis of new public management. International Public Management Journal, 4(1), 1–25. https://doi.org/10.1016/S1096-7494(01)00041-1
Hadi, I., Handajani, L., & Alamsyah, A. 2017. Determinan Kualitas Hasil Pemeriksaan Auditor Internal Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 18(2). https://doi.org/10.18196/jai.180282
Halim, A., & Abdullah, S. 2006. Hubungan dan Masalah Keagenan Di Pemerintahan Daerah: Sebuah Peluang Penelitian Anggaran Dan Akuntansi. 53(9), 1689-1699
Harun, H., Mir, M., Carter, D., & An, Y. 2019. Examining the unintended outcomes of NPM reforms in Indonesia. Public Money & Management, 39(2), 86–94. https://doi.org/10.1080/09540962.2019.1580892
ICW. 2020. Kinerja Penindakan Kasus Korupsi Tahun 2020. www.antikorupsi.org
Ilmatiara, D., Sosiady, M., & Miftah, D. 2020. Pengaruh Locus Of Control, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Dan Struktur Audit Terhadap Kinerja Auditor. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini, 1(3), 510–522. https://doi.org/10.31258/jc.1.3.510-522
Indrayati, Chandrarin, G., & Supanto, F. 2021. The Influence of Audit Quality on Auditor Performance with Mediating Organizational Commitment and Organization Culture. Journal of Southwest Jiaotong University, 56(2), 350–364. https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.2.28
Institute of Internal Auditors (Ed.). 2009. Internal audit capability model (IA-CM) for the public sector: Overview and application guide. Institute of Internal Auditors, Research Foundation
Jensen, C., & Meckling, H. 1976. Theory of The Firm Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership. Journal of Financial Economics, 305–360
Knechel, W. R. 2016. Audit Quality and Regulation: Audit Quality and Regulation. International Journal of Auditing, 20(3), 215–223. https://doi.org/10.1111/ijau.12077
Lestari, M. A., T, S., & Rahman, A. F. 2020. Auditors’ rofessional commitment, time budget pressure, independence, and audit quality: The Audit Board of the Republic of Indonesia Experience. International Journal of Research in Business & Social Science, 9(6), 263–273.
Lestari, N. L. P. R. W., Yadnyana, I. K., & Astika, I. B. P. 2017. Komitmen Organisasional Sebagai Pemoderasi Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja, Dan Kompetensi Pada Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(1), 329–356.
Mardiasmo. 2005. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Andi Yogyakarta.
Mardika, I. B. A., & Suartana, I. W. 2019. Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Auditor Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi, 2211. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i03.p21
Marganingsih, A., & Martani, D. 2010. Antesenden Komitmen Organisasi Dan Motivasi: Konsekuensinya Terhadap Kinerja Auditor Intern Pemerintah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 7(1), 30. http://dx.doi.org/10.21002/jaki.2010.05
McLeod, R. H., & Harun, H. 2014. Public Sector Accounting Reform at Local Government Level in Indonesia: Local Government Accounting In Indonesia. Financial Accountability & Management, 30(2), 238–258. https://doi.org/10.1111/faam.12035
Meyer, J. P., Allen, N. J., & Smith, C. A. 1993. Comitment to Organizations and Occupations: Extension and Test of a Three-Component Conceptualization. Journal of Applied Psychology, 78(4), 538–551. https://doi.org/10.1037/0021-9010.78.4.538
Minister of State Apparatus Empowerment Regulation. 2008. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Nomor: Per/05/M.PAN/03/2008.
Munthe, M. P., Rantelangi, C., & Kesuma, A. I. 2018. Pengaruh Independensi, Etika Audit, Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit Akuntan Publik Di Kalimantan Timur. 3(4), 22. http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3253
Murniasih, E., & Sudarma, K. 2016. Pengaruh Persepsi Dukungan dan Kompetensi Pada Kinerja Karyawan Dimediasi Komitmen Afektif. Management Analysis Journal. 5(1), 24–35.
Noegroho, R. S., & Palupi, A. 2015. Peran Para Aktor Dalam Implementasi Akuntansi Akrual Sektor Pemerintahan Di Indonesia (2000-2014). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2, 21.
Peraturan Pemerintah RI. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah
Pertiwi, C., Panorama, M., & Azwari, P. C. 2020. Pengaruh Independensi dan Kompetensi terhadap Kinerja Auditor dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(2), 343–360. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i2.6360
Rossita, N. M. D., & Sukartha, I. M. 2017. Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasi, Skeptisisme Profesional, Dan Motivasi Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(3).
Sari, R. P., Hastuti, S., & Tannar, O. 2019. Audit Quality Based on Internal Audit Capability Model (IACM) and Gender as Mediating Variabel in the Public Sector. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 2(1), 22–38. https://doi.org/10.33005/ebgc.v2i1.61
Sella, A. P. 2019. Analisis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah menggunakan Internal Audit Capability Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 8(1).
Sutaryo, S. 2018. Determinan Efektivitas Audit Internal di Inspektorat Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 1. https://doi.org/10.24843/JIAB.2018.v13.i01.p01
Tarigan, E. P. A., & Nurtanzila, L. 2013. Standar Akuntansi Pemerintahan dalam Mewujudkan Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 17(1), 29–45. https://doi.org/10.22146/jkap.6847
Triarini, D. A. W., & Latrini, N. M. Y. 2016. Pengaruh Kompetensi, Skeptisisme Profesional, Motivasi, dan Disiplin Terhadap Kualitas Audit Kantor Inspektorat Kabupaten/Kota Di Bali. E-Jurnal Akuntansi. 14(2), 28.
Trisnaningsih, S. 2007. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor, 56.
Turangan, G. M., Karamoy, H., & Tinangon, J. J. 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Audit Pada Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara. ACCOUNTABILITY, 5(2), 119. https://doi.org/10.32400/ja.14430.5.2.2016.119-140
Ulum, I. 2009. Audit Sektor Publik. PT Bumi Aksara.
Wicaksono, K. W. 2015. Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(1), 17. https://doi.org/10.22146/jkap.7523
Widhi, S. N. & Setyawati. 2015. Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19, 16.
Zhukun, L., Wang, C., & Zhang, C. 2018. Government Auditors’ Ethics Commitment and Audit Quality. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3217733
Arhando, P. (2019, Oktober 16). “Kota Ini Juara Pakai Dompet Digital di Indonesia, 5 E-Wallet Ini Teratas?â€. Diakses pada Senin, 25 November 2019 melalui https://moneysmart.co.id
Astutik, Y., (2019, Juli 4). “LinkAja Buka-bukaan Strategi Gaet Lebih Banyak Penggunaâ€.
Diakses pada Selasa, 22 Januari 2020 melalui https://www.cnbcindonesia.com Brakus, J. J., Schmitt, Bernd H., & Zarantonello,L. (2009). Brand Experience: What Is It?
How Is It Measured? Does It Affect Loyalty?. Journal of Marketing, p. 52-68 Cahya, I. (2020, Januari 30). “DANA Catat 35 Juta Jumlah Pengguna di 2019â€. Diakses
pada Sabtu, 1 Februari 2020 melalui https://merdeka.com
Devita, V. D., (2019, August 12). “Siapakah Aplikasi e-Wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesiaâ€. Diakses pada Sabtu, 21 September 2019 melalui https://iprice.co.id
Duncan, Tom. 2008. Principles of Advertising and IMC. Boston. McGraw Hill
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Tony Sitinjak. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Eka, R. (2018, 20 Desember 2018). DailySocialid Fintech Report 2018. Jakarta, Indonesia. Ekaputr, Rahayu, dan Wibowo. (2016). Pengaruh Brand Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya pada Repurchase Intention (Survei pada Pelanggan
Klinik Skin Care di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis. 7(1), p. 1-5. Fauzan, R., (2019, Juli 16). “Dompet Digital: DANA & LinkAja Adu Strategi Gaet
Pelangganâ€. Diakses pada Selasa, 17 Desember 2019 melalui https://teknologi.bisnis.com
Fill, Crish. (2013). Marketing Communication: Brands, Experiences, and Participation.
Harlow: United Kingdom.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, I. (2011). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hikam, H. A. A. (2019, April 23). “OJK Sebut Cuma 60% orang RI punya Rekening Bankâ€. Diakses pada Sabtu, 21 September 2019 melalui https://finance.detik.com
Juli, A., (2019, November 12). “Survei SAP Seputar Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan Digitalâ€. Diakses pada Senin, 25 November 2019 melalui https://dailysocial.id
Keller, K. L. (2000). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow. English: Pearson Education Inc.
Kemp, S. & Moey, S. (2019, September 18). “Digital 2019 Spotlight: Ecommerce in Indonesiaâ€. Diakses pada Sabtu, 21 September 2019 melalui https://datareportal.com/reports/digital-2019-ecommerce-in-indonesia
Khan, Rahman, & Fatma. (2016). The Role of Customer Brand Engagement and Brand Experience in Online Banking. International Journal of Bank Marketing, 34(7), p.1025-1041.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.), NewJersey:
Pearson Education.
Kwok, S., & Uncles, M. (2002). “Sales Promotion Effectiveness: The Impact of Culture at an Ethnic-Group Levelâ€. Journal of Product & Brand Management, p. 170-186.
Leelakulthanit, O., & Hongcharu, B. (2011). Factors That Impact Customer Satisfaction: Evidence Form The Thailand Mobile Cellular Network Industry. International Journal of Management and Marketing Research. p. 67-76
Maulana, R. (2018, Maret 21). “Mantan Co-Founder INDOMOG Perkenalkan Layanan Pembayaran Open-platform di Indonesiaâ€. Diakses pada Sabtu, 23 November 2019 melalui https://id.techinasia.com
Mayasari, D. (2019). The Influence of Fashion Lifestyle, Sales Promotion and Selfimage to Impulse Buying Behaviour and Customer Satisfaction (case study of student using the Shopee application at Narotama University Surabaya). Journal of World Conference, p. 58-63.
Morissan, C. W., Andy, H. U. & Farid. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Natawiria & Riduwan. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta. Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurfadilah, P. S., (2018, November 01). “Perluas Pasar Pembayaran, OVO Gandeng Tokopediaâ€. Diakses pada Sabtu, 23 November 2019 melalui https://ekonomi.kompas.com
Panjaitan, A. O. Y., Rofiyati., Sudjatno. (2016). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kuliner Khas Kota Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), p. 141-161.
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Cetalam Pertama.
Phanuel, H. (2018). The Effect of Sales Promotion on Young Customers’Satisfaction and Purchasing Intent: A Case Study of MTN Customers – Current Students in Adventist University of Central Africa. Baraton Interdisciplinary Research Journal. p. 1-11.
Pranadata, Rahayu, dan Hussein. (2017). Analisis Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Perceived Value, Brand Satisfaction, dan Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Industri One Stop Carcare Service di Kota Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), p.217-227.
Puranidhi, A. L. W., (2019, Maret 28). “Minat Masyarakat Pakai Pembayaran Lewat Aplikasi Makin Meningkat di RIâ€. Diakses pada Selasa, 25 Desember 2019 melalui https://liputan6.com
Pryanka, A. (2019, November 29). “Promo Berkurang, Tanda Era Bakar Duit Startup akan Berakhir?â€. Diakses pada Selasa, 25 Desember 2019 melalui https://republika.co.id
Ramdhini, L., (2019, November 19). “Kolaborasi Fintech dan Perbankan Dibutuhkan Untuk Industri Keuanganâ€. Diakses pada Senin, 25 November 2019 melalui
Rendi, Eka. (2018, Desember 20). “Fintech Report 2018â€. Diakses pada Sabtu, 21 September 2019 melalui https://dailysocial.id/report/post/fintech-report-2018
Ranjbarian, B., Fathi, S., & Rezaei, Z. (2012). Factors Influencing on Customer’s E-Satisfaction: A case Study from Iran. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 1496-1511.