PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS MENU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN WONG SOLO LAMPRIET BANDA ACEH

Authors

  • T. Andi Roza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang Banda Aceh, Indonesia
  • Syarifah Mauli Masyithah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7307

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas menu terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Wong Solo Lampriet Banda Aceh, dengan sampel penelitian ini sebanyak 100 orang. Responden berhasil dikumpulkan dan di analisa dengan menggunakan metode regresi linier berganda melalui SPSS (Statistical Package for Sosial Science). Hasil uji t (parsial) pada kualitas pelayanan (X1) menunjukkan nilai Thitung sebesar 3,553, nilai t hitung tersebut lebih besar dari nilai Ttabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Wong Solo Lampriet Banda Aceh. Hasil uji t (parsial) pada kualitas menu (X2) menunjukkan nilai Thitung sebesar 2,589, nilai t hitung tersebut lebih besar dari nilai Ttabel 1,984, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Wong Solo Lampriet Banda Aceh. Hasil uji F (simultan) pada kualitas pelayanan (X1) dan kualitas menu (X2), menunjukkan nilai F hitung sebesar 7.148. nilai t hitung tersebut lebih besar dari nilai Ftabel 3,09, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas menu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Wong Solo Lampriet Banda Aceh. Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan dan kualitas menu memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Wong Solo Lampriet Banda Aceh.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hansemark, O. C., & Albinsson, M. (2014), Customer Satisfaction and Retention: the experience of individual employees, Managing Service Quality Journal

Horax, M. (2017). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Restoran Cepat Saji (Restoran X) dengan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.IX.181-190.

Khoiriah. (2018). Pengaruh Aspek Sense dan Feel Experiental Marketing pada Kasus Soto Gebrakâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. IX.9-15.

Kotler. Phillip, dan Amstrong. Gary. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Penerbit. Salemba Empat, Jakarta.

Malhotra, N. K. (2014). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Santoso. A. (2011). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sekaran, U. (2017). Research Methods for Business. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono & Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Yamit, Z. (2011). Manajemen Produksi & Operasi (Edisi Pertama). Yogyakarta: Ekonisia.

Zeithaml, V.A., & Bitner, M. J. (2012) Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek (Service Marketing Management: Theory and Practice). Jakarta: Salemba empat.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Roza, T. A., & Masyithah, S. M. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS MENU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN WONG SOLO LAMPRIET BANDA ACEH. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7307

Citation Check