STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. MULTIGUNA INFOTAMA

Authors

  • Lieptiono Gunawan Universitas Sahid Jaya Jakarta, Indonesia
  • Iman Basriman Universitas Sahid Jaya Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9226

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk teridentifikasinya Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan dalam Pemasaran Digital dan mendapatkan rumusan strategi pemasaran digital pada PT. Multiguna Infotama. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dan bersifat studi kasus (case study) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengamatan menggunakan observasi terhadap kegiatan bisnis yang berjalan dan wawancara terhadap narasumber dari pihak manajemen perusahaan yang kemudian dianalisa menggunakan matriks EFE, IFE, SWOT (Strength, Weakness, Oppourtunity, Threat), Internal External, dan QSPM. Berdasarkan Matriks IFE terlihat bahwa Matriks IFE PT. Multiguna Infotama adalah 2,807. Berdasarkan Matriks EFE terlihat bahwa Matriks EFE PT. Multiguna Infotama adalah 2,785. Hasil analisa dari Matriks IE menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada didalam sel II. Berdasarkan Matriks QSPM diketahui bahwa strategi tersebut yang sesuai untuk diterapkan oleh PT. Multiguna Infotama adalah Strategi Pengembangan Pasar

References

Akter, M., & Sultana, N. (2020). Digital Marketing Communication and Consumer Buying Decision Process in Pandemic Standpoint (COVID-19): An Empirical Study of Bangladeshi Customers’ in Branded Cosmetics Perspective. Open Journal of Business and Management, 08(06), 2696–2715. https://doi.org/10.4236/ojbm.2020.86167

Amalia, Z. (2022). Proposed digital marketing strategy : A case of multinational mask producer in indonesia. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 4088–4098.

Arifin, F. A. S., Syah, T. Y. R., Indradewa, R., & Pusaka, S. (2019). Sales and Marketing Strategies Duck Nugget Product Using Porter ’ s Five Force and SWOT Analysis. Journal of Multidisciplinary Academic, 03(04), 71–75.

Asnin, T. N., Prambudia, Y., & El Hadi, R. M. (2021). Developing Strategies to Improve Business Model of Online Laundry Marketplace Startup. International Journal of Innovation in Enterprise System, 5(02), 134–143. https://doi.org/10.25124/ijies.v5i02.136

Astuti, H., Isharijadi, I., & Styaningrum, F. (2022). Marketing Strategy of Batik Tulis Kenongo to Compete During the Covid-19 Pandemic. Economic Education Analysis Journal, 11(1), 42–49. https://doi.org/10.15294/eeaj.v11i1.54029

Auditya, A., & Hidayat, Z. (2021). Netflix in Indonesia: Influential Factors on Customer Engagement among Millennials’ Subscribers. Journal of Distribution Science, 19(1), 89–103. https://doi.org/10.15722/jds.19.1.202101.89

David, F. R. (2011). Strategic Management : Concepts and Cases.

kompasiana. (2021). Konter Pulsa, Bisnis yang Kini di Persimpangan Jalan. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/indramahardika/6170167d06310e09794755d2/konter-pulsa-bisnis-yang-ada-persimpangan-jalan?page=all&page_images=7

Kotler dan Gary Amstrong. (2017). Dasar-dasar Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Erlangga.

Philip Kotler, Veronica Wong, J. S. and G. A. (2017). Principles of Marketing. In The Economic Journal (Vol. 38, Issue 151). https://doi.org/10.2307/2224326

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Gunawan, L., & Basriman, I. (2023). STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. MULTIGUNA INFOTAMA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9226

Issue

Section

Articles

Citation Check