STRATEGI MEDIA RELATION HUMAS DALAM MEMBANGUN REPUTASI KAMPUS ( STUDI KASUS AKADEMI MARITIM BELAWAN)

Penulis

  • Sahrial Maulana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Zuhriah Zuhriah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.9497

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi media relation yang digunakan oleh Humas (Hubungan Masyarakat) Akademi Maritim Belawan dalam membangun reputasi kampus. Reputasi kampus menjadi faktor penting dalam meningkatkan citra dan daya tarik institusi pendidikan tinggi di mata masyarakat dan calon mahasiswa. Studi kasus ini dilakukan di Akademi Maritim Belawan, sebuah institusi pendidikan maritim terkemuka yang berlokasi di Belawan, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan staf Humas kampus, mengumpulkan data dari dokumen dan arsip yang relevan, serta observasi langsung terhadap kegiatan Humas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akademi Maritim Belawan memiliki strategi media relation yang terstruktur dan terukur. Humas kampus telah berhasil memanfaatkan berbagai saluran media, seperti pers, media sosial, situs web, dan acara publik, untuk memperkuat citra positif kampus. Mereka melakukan kerjasama dengan media massa untuk mempromosikan pencapaian dan kegiatan kampus, serta menjalin hubungan yang baik dengan wartawan melalui kegiatan media gathering dan konferensi pers. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi institusi pendidikan tinggi lainnya untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan membangun citra yang positif melalui media.

Referensi

Aditrianto, R. (2017). Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Grobogan Dalam Melaksanakan Publisitas (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Media Relations Dalam Melaksanakan Publisitas Di Bagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Adnin, S. D., Suherdiana, D., & Ma'arif, A. A. (2021). Strategi Media Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 4(2), 205- 226.

Agustiningsih, G. (2023). Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Bongkar Muat (Studi Kasus PT. Jakarta International Container Terminal).

Alim, A. L. (2016). Strategi Media Relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya Dalam Mengelola Publisitas Di Media Massa. Jurnal E-Komunikasi, 4(2).

Almaa'di, A. D. (2021). Praktik Illegal Fishing dikalangan Nelayan Pesisir Pantai ditinjau dari Siyasah Dusturiyyah (Studi Kasus di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rusfandi, D. N. (2017). Pertukaran Informasi Berbasis Early Warning System dalam Penanganan Illegal Fishing. Jurnal Prodi Keamanan Maritim, 3(3), 10-22.

Ramanuja, C. R. E. C. E. N. S. I. A., Qorib, F., & Rinata, A. R. (2022). Media Relations Humas Perguruan Tinggi Swasta dalam Meningkatkan Citra Publik di Kota Malang (Studi Kasus pada Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dan Universitas Merdeka Malang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

RM, A. S., & Moertijoso, R. B. (2015). Strategi Media Relations Humas PT. Pelabuhan Indonesia III Dalam Handling Crisis Pemberitaan. Jurnal Komunikasi, 9(1), 57-72.

Claudya Manuru. “Menuju Poros Maritim, Nelayan Tercekik Aturan Menteri Susi.†CNN Indonesia 04 Oktober. 2016 : 1-7.

Silalahi, S. A. F., & Sudarwati, Y. (2018). Pembangunan Daerah Kepulauan: Studi Kasus Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Maluku Utara. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Afandi, Irfan. (2018). Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Sekolah (Studi Kasus Di SMK Yosonegoro Magetan). Tarbiyah, Universitas Negri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Patrianti, T. (2022). Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran Public Relations di Universitas Muhammadiyah Jakarta. KAIS Kajian Ilmu Sosial, 1(1), 34-42.

Benedicta Trixie. “Potensi Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.†Perum Perindo 20 April. 2016 : 5-8.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Maulana, S., & Zuhriah, Z. (2023). STRATEGI MEDIA RELATION HUMAS DALAM MEMBANGUN REPUTASI KAMPUS ( STUDI KASUS AKADEMI MARITIM BELAWAN). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.9497

Citation Check