Pengembangan Strategi Bisnis untuk minuman tropis ahola dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT

Authors

  • Alberta Adinata Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Eko Suryanti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Sholahuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9996

Abstract

Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis model bisnis Ahola Tropical Drinks. Metode yang digunakan adalah Business Modeling Framework (BMC) dan analisis SWOT, termasuk Penggunaan Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan External Factor Analysis Summary (EFAS) digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan kajian pustaka. Responden penelitian terdiri dari pemilik dan karyawan Ahola Tropical Drinks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT menghasilkan "Strategi Berorientasi Pertumbuhan" yang mendukung pendekatan positif. Strategi ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan Kerangka Model Bisnis Ahola Tropical Drinks. Berdasarkan hasil penelitian, diusulkan beberapa perbaikan pada sembilan elemen Kerangka Model Bisnis Ahola Tropical Drinks.Strategi yang dihasilkan dari penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi tim kepemimpinan perusahaan. Dalam melakukan parafrase terhadap kalimat tersebut, pastikan untuk menggunakan kata-kata dan struktur kalimat yang berbeda, sambil tetap menyampaikan informasi yang sama. Berikut adalah salah satu contoh parafrase dari kalimat tersebut: "Menurut hasil penelitian, analisis SWOT menunjukkan adanya 'Strategi Berorientasi Pertumbuhan' yang mendukung pendekatan positif. Temuan ini memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan Kerangka Model Bisnis Ahola Tropical Drinks. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa rekomendasi perbaikan pada kesembilan elemen Kerangka Model Bisnis yang diusulkan. Strategi yang dihasilkan dari penelitian ini memberikan wawasan berharga kepada tim kepemimpinan perusahaan." Kata kunci: Business Strategy, Ahola Tropical Drinks, Business Model Canvas (BMC), SWOT Analysis.

References

Abdul Rivai, Darsono Prawironegoro. 2015. Manajemen Strategis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Akbar, F. M., & Yuldinawati, L. (2022). Analisis Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Manasuka Coffee). eProceedings of Management, 9(5).

Amanullah, Azhar ANA, Faizah N. 2015. Comparison of Business Model Canvas (BMC) Among the three Consulting Companies. International Journal of Computer Science and Information Technology Research 2(1): 29–41

Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 55–73. https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148

Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Formulasi strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan business model canvas (BMC) dan SWOT analysis dalam upaya meningkatkan daya saing pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 131-142.

Kussudyarsana, K. et al. (2020) ‘Examining formal and relational governance in family small medium enterprises: Evidence from Indonesia’, Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 12(2), pp. 231–257. Available at: https://doi.org/10.1108/JEEE-10-2018-0108.

Leigh, D. (2015). Handbook of Improving Performance in the Workplace. 115–140. https://doi.org/10.1002/9780470592663.ch24

Muhammad Sholahuddin (2023) Business strategy development of motor company using business model canvas (bmc) and swot analysis

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2017). Business Model Generation. Elex Media Komputindo. Rangkuti. (2016). Manajemen Strategi (Sepuluh). Salemba Empat

Pramono, S. T. (2020). Analisis SWOT Balanced Scorecard (BSC) dalam Kebijakan Pengembangan UMKM Batik Suminar di Kabupaten Kediri. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(7), 653-670.

Seputro, A. (2019). Manajemen Strategik Pemberdayaan Ekonomi UMKM Bagi Masyarakat Menengah Kebawah dalam Rangka Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer, 5(2).

Setyawan, A., Susila, I. and Anindita, S. (2019) ‘Influence of power asymmetry, commitment and trust on sme retailers’ performance’, Business: Theory and Practice, 20, pp. 216–223. Available at: https://doi.org/10.3846/btp.2019.21.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Wajdi, M.F. et al. (2020) ‘Effect of supply chain innovation and business strategy formulation in SME clusters’, International Journal of Supply Chain Management, 9(3), pp. 367–376. Available at: https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85087760182&partnerID=40&md5=01d66a07823e0429d15c1ba4b7f497d0.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Adinata, A., Suryanti, E., & Sholahuddin, M. (2023). Pengembangan Strategi Bisnis untuk minuman tropis ahola dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9996

Issue

Section

Articles

Citation Check