PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Penulis

  • Ana Fitriani Choir Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Titin Eka Ardiana Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Ika Farida Ulfah Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.10366

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, motivasi, dan kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif untuk membuktikan hubungan, pengaruh, dan sebab akibat dari satu variabel terhadap variabel yang lain. Responden penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Akuntansi angkatan 2019, 2020, 2021 yang telah menempuh mata kuliah Akuntansi Pengantar 1, Akuntansi Pengantar 2, Akuntansi Biaya, dan Akuntansi Keuangan Menengah 1 dan diambil sampel sebanyak 144 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Uji Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh secara parsial minat belajar dan motivasi, sementara kecerdasan emosional tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan minat belajar, motivasi, dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman akuntansi. Adapun kontribusi dari ketiga variabel independen terhadap pemahaman akuntansi sebesar 29,6% dan sebesar 70,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci : Minat Belajar, Motivasi, Kecerdasan Emosional, Pemahaman Akuntansi Abstract This study aims to determine the effect of interest in learning, motivation, and emotional intelligence on the understanding of accounting in accounting students at the University of Muhammadiyah Ponorogo. The approach used in this research is quantitative research to prove the relationship, influence, and causation of one variable to another. Respondents to this study were all Accounting Students batch 2019, 2020, 2021 who had taken Introductory Accounting 1, Introductory Accounting 2, Cost Accounting, and Intermediate Financial Accounting 1 courses and a sample of 144 respondents was taken using the stratified random sampling technique. Data collection techniques using a questionnaire. The test conducted in this study is the Multiple Regression Analysis Test. The results of this study have a partial influence on learning interest and motivation, while emotional intelligence does not have a partial effect on accounting comprehension. Meanwhile, interest in learning, motivation, and emotional intelligence simultaneously influence the understanding of accounting. The contribution of the three independent variables to understanding of accounting is 29.6% and 70.4% can be explained by other variables outside the research. Keywords: Interest in Learning, Motivation, Emotional Intelligence, Understanding of Accounting

Referensi

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108. http://e-journal.sari- mutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Havid, M.G; Ivan A.S dan Tuntun A.S, 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa STIE STAN Indonesia Mandiri Bandung). Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi Vol. 9 No.2

Haryati, D., & Feranika, A. (2020). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, Perilaku dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(4), 232–241. https://doi.org/10.35899/biej.v2i4.173

Jontrianto, Menanti, A., & Lubis, m. rajab. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokrasi dan Kecerdasan Emosi Terhadap Pertimbangan Moral Siswa. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 15–27.

Kahar, I. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli SMANegeri 18 Luwu (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Laksmi dan Sujana, 2017. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.21 No.2

Melasari, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasaran Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Islam Indragiri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 24–34. https://doi.org/10.32520/jak.v10i1.1645

Sari, L. dian nofita, Herawati, N. trisna, & Sulindawati, N. lu gede erni. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. 1.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/14432

Satria, M. R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022

Setianingsih, D. A. (2020). Pengaruh Sosiologi Kritis, Kreatifitas, Motivasi, dan Mentalitas Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 177–193. https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.241

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Diterbitkan

2023-08-18

Cara Mengutip

Choir, A. F., Ardiana, T. E., & Ulfah, I. F. (2023). PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.10366

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check