Analisis Relayout Display Retail di PT. X Bandung

Penulis

  • Meilani Eliana Samuel Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, Indonesia
  • Asep Kurniawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, India

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13980

Abstrak

Perusahaan yang bergerak dibidang retail perlu memperhatikan perilaku konsumen. Pada perusahaan retail, perilaku konsumen dapat bermanfaat untuk menyusun sebuah tata letak yang dapat menciptakan kenyamana serta kemudahan bagi konsumen maupun karyawan dalam melakukan kegiatan di area tersebut. hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan serta meningkatkan profit penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendefinisikan bagaimana cara penerapan metode MBA untuk mendapatkan layout yang tepat pada perusahaan retail. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil pengolahan data menggunakan metode MBA didapatkan layout usulan dimana produk yang mendominasi ditempatkan secara bersamaan serta selanjutnya produk lainnya dikelompokkan sesuai dengan jenis produk yang harapannya akan memudahkan konsumen ketika ingin membandingkan produk yang memikiki kategori yang sama.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-07-18

Cara Mengutip

Samuel, M. E., & Kurniawan, A. (2024). Analisis Relayout Display Retail di PT. X Bandung. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13980

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check