PENGGUNAAN PROMOSI BERBAYAR PADA SOSIAL MEDIA TIKTOK BAGI UMKM DI KOTA KUPANG

Penulis

  • Hairil Nurdin
  • Taqwa Sultan
  • Wilhelmina Muni
  • Feren Mbalu

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15629

Abstrak

Abstrak Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang telah mengubah model pemasaran dan memberikan kontribusi nyata melalui algoritma uniknya, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). TikTok juga sebagai salah satu platform media sosial yang populer, memiliki fitur promosi berbayar yang dirancang untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan cara yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan promosi berbayar di TikTok bagi UMKM di Kota Kupang dalam meningkatkan penjualan produk UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui studi kasus dan survei terhadap UMKM yang telah memanfaatkan fitur promosi berbayar pada aplikasi sosial media TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berbayar mampu meningkatkan pertumbuhan penjualan, terutama jika strategi konten yang digunakan menarik. Faktor-faktor seperti penentuan target audiens, kualitas konten, serta alokasi anggaran yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan promosi di TikTok. Dengan demikian, promosi berbayar di TikTok dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM untuk bersaing di era digital. Kata Kunci ; Promosi, UMKM, Kupang, Pemasaran, Tiktok Abstract TikTok is one of the applications that has transformed marketing models and made a significant contribution through its unique algorithm, especially for Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM). As one of the most popular social media platforms, TikTok offers paid promotion features designed to reach a broader market more effectively. This study aims to analyze the effectiveness of using paid promotions on TikTok for MSMEs in the city of Kupang in boosting their product sales. The method used in this research is descriptive qualitative through case studies and surveys of (UMKM) that have utilized the paid promotion feature on the TikTok social media app. The results of the study indicate that the use of TikTok paid promotions can increase sales growth, especially if the content strategy employed is engaging. Factors such as target audience selection, content quality, and proper budget allocation greatly influence the success of promotions on TikTok. Thus, paid promotions on TikTok can be an effective marketing strategy for UMKM to compete in the digital era. . Keywords: Promotion, UMKM, Kupang, Marketing, Tiktok

Referensi

Jurnal

Sofyan, Silvia. Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling dan Publicity terhadap Keputusan Pembelian Produk Aksesoris Mobil. Jurnal SMART. Vol. 1, No. 1: 48-52, ISSN: 2549-5836. 2017

Sentiana, Soni Suntani. Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Sekretari dan Manajemen. Vol. 2, No. 2, p-ISSN 2550-0805, e-ISSN 2550-0791. 2018.

Buku

Adrie Charviandi (2021). Manajemen Pemasaran, Purbalingga: Penerbit CV Eureka Media Aksara.

Budi, Harto (2023). Dasar Manajemen Bisnis, Batam: Percetakan Yayasan Mulia Mandiri.

Lexy J Moleong (2016), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Panjaitan, Roymon (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Penerbit Sukarno Pressindo.

Tjiptadi, M (2019). Konsep Pemasaran dan Proses Manajemen Pemasaran. Jakarta.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Taylor, F. W. (1911). The Principles of Scientific Management. New York: Harper & Brothers.

Terry, G. R. (1972). Principles of Management. 6th Edition. Homewood, Illinois: Richard D. Irwin, Inc.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publising.

Website

Data Jumlah Penduduk Indosenia (2024) https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk3NSMy/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun--ribu-jiwa-.html

Data UMKM Kota Kupang (2024) https://ntt.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTQ0OCMy/jumlah-perusahaan-industri-mikro-dan-kecil-menurut-kabupaten-kota.html

Diterbitkan

2024-12-16

Cara Mengutip

Nurdin, H., Sultan, T., Muni, W., & Mbalu, F. (2024). PENGGUNAAN PROMOSI BERBAYAR PADA SOSIAL MEDIA TIKTOK BAGI UMKM DI KOTA KUPANG. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(4). https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15629

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check