PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN UMK NASABAH KSU JAFAR MEDIKA SYARIAH KARANGANYAR
Abstract
Dinamika perekonomian nasional sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional, karena sektor usaha kecil dan menengah merupakan penopang utama pertumbuhan ekonomi daerah. Perekonomian daerah dan nasional bergantung pada perusahaan yang termasuk dalam kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pembiayaan merupakan salah satu tugas koperasi, yaitu menyediakan sarana penyediaan dana untuk memenuhi kebutuhan. Seperti halnya kegiatan koperasi, lembaga keuangan mikro syariah menghimpun dana dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan bagi usaha dengan sistem jual beli, bagi hasil atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran koperasi syariah dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan UMKM. Penelitian ini akan melakukan kajian terhadap KSU Jafar Medika Karanganyar dan pelaku UMKM, serta akan menggunakan metode kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil kajian diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang bagaimana koperasi syariah dapat diimplementasikan dan dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan usaha kecil dan menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi OLS (Ordinary Least Square).