PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN VARIASI MENU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DIMODERASI OLEH ATMOSFER CAFE NIWA CANTING

Penulis

  • Scorina Dwiantari Universitas Semarang, Indonesia
  • Irene Nathalia Setiawan Universitas Semarang, Indonesia
  • Bambang Heriawan Universitas Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v9i1.16635

Abstrak

The growth of the culinary business is increasing in line with the growth of people's lifestyles, work patterns, and income increases, especially in communities close to urban areas. Hanging out in cafes has become a habit for Indonesian people. This finally encourages business people to pioneer a business in the culinary field in the form of cafes. By creating an attractive café atmosphere, the service that consumers can expect and a complete variety of menus will cause satisfaction in the hearts of consumers so that consumers can revisit repeatedly. The purpose of this study is to find out how much influence the quality of service and menu variety moderated by the café atmosphere on consumer satisfaction. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection method using questionnaire and data analysis technique using Smart PLS

Referensi

Ardane, N., Wijaya, N. S., & Dewi , L. K. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PADA SCOOT FAST CRUISES DI BALI. Jurnal IPTA, Vol. 5 No. 1.

Makarueh, J., Rohaetin, S., & Erang, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café About Something Palangka Raya. Edunomics Journal, Vol. 3 (1), 17-21.

Adnan. (2020, Maret). Pengaruh Atmosfer Café, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Dokter Kupi Café di Kota Lhokseumawe). JURNAL VISIONER & STRATEGIS, Volume 9, Nomor 1, 15-25.

ardiansyah, F., & Aprianti, K. (2020, Desember ). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN LOKASI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KANTIN YUANK KOTA BIMA. JURNAL BRAND, Volume 2 No. 2.

Budiarto , D. N., & Suhermin. (2018, April). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, STORE ATMOSPHERE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 7, Nomor 4.

Hilaliyah, S. A., Djawahir, A. H., & Susilowati, C. (2017, Juni). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK YANG DI MODERASI OLEH SUASANA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Mahasiswa Pelanggan Kafe Ria Djenaka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4 No.2, 172-187.

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan KonsumenPada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 17No.4, Januari.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021, September). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, Vol. 2, No. 3.

Makarueh, J., Rohaetin, S., & Erang, D. (2022, Januari). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café About Something Palangka Raya. Edunomics Journal, Vol. 3 (1), 17-21.

Marcheliananda, C., Purwanto, H., & Ari Kadi, D. C. (2023, Agustus). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, RAGAM MENU, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SEMESTA CAFE CARUBAN. SIMBA : SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5.

Permana, A. E., Yusnita, R. T., & Lestari, S. P. (2022, September). Pengaruh Variasi Menu Dan Atmosfer Café Terhadap Keunggulan Bersaing (Survei Pada Konsumen Volkswagen Café di Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management, Vol. 2 No. 3 , 719 –726.

Putri, S. S., & Bharata, W. (2024). PENGARUH VARIASI MENU DAN DESAIN INTERIOR TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN CAFE PIZZAKU MUARA BADAK. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, Volume 7 Nomor 4.

Rooroh, C. A., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. (2020, Oktober). PENGARUH SUASANA CAFE, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA CAFE CASA DE WANEA MANADO). Jurnal EMBA, Vol.8 No.4 , 130-139.

Sholihah, I. A. (2020). PENGARUH SUASANA CAFE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI CAFE MERDEKA NGANJUK. Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8.

Sianturi, G. A., Muliani, L., & Sari, H. P. (2021, September). PENGARUH CITA RASA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RAGUSA ES KRIM ITALIA. Destinesia: Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, Vol 3, No. 1, 35-49.

Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono. (2021, Januari). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, Vol.1, No.1, 26-33.

Tondang, G. A., Nasution, M. I., & Dharma, B. (2023, Juni). Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu Terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang). SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 6 Nomor 1.

Zogara, R. Y., Augustinah, F., & Ferriswara, D. (2023, November). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN DESAIN INTERIOR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI EICY CAFE SURABAYA. SAB.

Diterbitkan

2025-03-03

Cara Mengutip

Scorina Dwiantari, Irene Nathalia Setiawan, & Bambang Heriawan. (2025). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN VARIASI MENU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DIMODERASI OLEH ATMOSFER CAFE NIWA CANTING. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(1). https://doi.org/10.29040/jie.v9i1.16635

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check