EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA BERBASIS E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.17133Abstrak
Dunia pendidikan memiliki keberagaman baik dari segi kemampua, gaya belajar maupun kebutuhan belajas siswa dikelas. Keberagaman tersebut sering kali dapat menghambat hasil belajar siswa yang baik. Dalam mengatasi permasalahan mengenai keberagaman tersebut, peneliti menerapkan pembelajaran diferensiasi berbasis e-modul berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektifitas pembelajaran diferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa berbasis e-modul terhadap hasil belajar siswa di kelas 9.1 SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah post test group. Teknik pengambilan data menggunakan teknik total sampling yang mencakup seluruh siswa kelas 9.1. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pengujian N-Gain, normalitas dan uji hipotesis. Hasil pengujian N-gai menunjukkan hasil kategori tinggi dengan nilai 0,8233. Hasil pengujian uji normalitas adalah 0,015 yang artinya data berdistribusi normal. Sementara hasil uji hipotesis mneunjukkan hasil signikasi dengan nilai t hitung >t tabel, yaitu 13,117>2,055. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa hasil belajar setelah menggunakan pembelajaran diferensiasi berbasis e-modul memiliki hasil yang efektiv untuk dilakukan pembelajaran.