PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PT BPR UTOMO MANUNGGAL SEJAHTERA SUMSEL

Penulis

  • Nur Hawa STAI Baturaja, Indonesia
  • Anita Mauliyanti STAI Baturaja, Indonesia
  • Yudi Rudi UIN SAS Babel, Indonesia
  • Noviya Anggraini STAI Baturaja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.18108

Abstrak

Penelitian ini antara lain Untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Customer Service Pada PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel dalam melayani nasabah. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif karena menggunakan data kualitatif yang diangkakan. kesimpulan dari keseluruhan hasil analisis penelitian ini sebagai berikut: Variabel kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel.  Variabel jaminan (X3) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen karena variabel tersebut mempunyai nilai t-hitung yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel lain, yaitu sebesar 5,779 dan angka Sig. Yang paling kecil yaitu sebesar 0,000. Besarmya kontribusi pengaruh variabel kualitas pelayanan (kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik) terhadap kualitas pelayanan karyawan pada PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel. Todopuli adalah sebesar 86,1%. Sementara sisanya sebesar 13,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Diterbitkan

2025-09-28

Cara Mengutip

Hawa, N., Mauliyanti, A., Rudi, Y., & Anggraini, N. (2025). PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PT BPR UTOMO MANUNGGAL SEJAHTERA SUMSEL. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(3). https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.18108

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check