PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI PENGELOLA KEUANGAN YAYASAN BADAN WAKAF AL-MUTAQIEN

Desy Nur Pratiwi, Yuwita Ariessa Pravasanti

Abstract


Pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi pengelola keuangan yayasan badan wakaf Al-mutaqien bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan dalam penyusunan laporan keuangan organisasi nirlaba. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada Selasa, 23 Juni 2020 di Gedung Yayasan Al- Mutaqien yang diikuti oleh 9 peserta. Kegiatan pelatihan berjalan lancar sesuai yang telah dijadwalkan dan para peserta antusias dalam mengikuti materi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hasil dari pelatihan ini yaitu peserta merasakan pentingnya pelatihan ini karena dengan melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar, maka akan meningkatkan akuntabilitas dan transparansi.

Kata Kunci: laporan keuangan, organisasi nirlaba, akuntabilitas, transparansi

References


Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2011. PSAK 45: Akuntansi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Indonesia, Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan, diundangkan di Jakarta pada tanggal 6 Agustus 2001, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2001 Nomor 112, Tambahan Lembalan Negara Republik Indonesia Tahun 2001 Nomor 4132.

Pontoh, Winston, 2013. Akuntansi Konsep dan Aplikasi. Halaman Moeka. Jakarta.

Rahmawati, T., & Puspasari, O. R. (2017). Implementasi SAK ETAP Dan Kualitas Laporan Keuangan UMKM Terkait Akses Modal Perbankan. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(1).

Sujarweni. 2015. Akuntansi Sektor Publik. Pustaka Baru Press. Yogyakarta


Full Text: PDF

DOI: 10.29040/budimas.v2i2.1366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.