KAJIAN PENGARUH PSIKOLOGIS, SOSIAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT BROWNIES (DONIES) SOLO DI SURAKARTA

Ika Ratna Pertiwi, Supawi Pawenang, Solichul Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial faktor psikologis, sosial dan promosi terhadap keputusan pembelian Donat Brownies (DONIES) Solo di Surakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen Donat Brownies (DONIES) Solo yang jumlahnya tidak terhingga. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu metode Accidental Sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R2) dan menggunakan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji F memiliki pengaruh simultan dengan Fhitung > Ftabel (327,345 > 2,67) signifikan 0,000 < 0,05 berarti bahwa variabel faktor psikologis (X1), sosial (X2) dan promosi (X3) secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian di Donies Solo. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel faktor psikologis memliki thitung > ttabel (5,946 > 1,976) dengan signifikansi 0,000< 0,05 artinya faktor psikologi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Donies Solo. Variabel sosial memiliki thitung > ttabel (4,915 > 1,976) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya faktor sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Donies Solo. Variabel promosi memiliki thitung > ttabel (1,933 < 1,976) dengan signifikansi 0,055 < 0,05 artinya promosi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Donies Solo. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan variabel faktor psikologis, sosial dan promosi memiliki kontribusi sebesar 86,8% terhadap keputusan pembelian di Donies Solo, sisanya 13,2% menjelaskan variasi lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh yang paling dominan dalam keputusan pembelian Donies Solo adalah variabel faktor psikologis karena memiliki thitung paling besar yaitu 5,946.
Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh simultan dan signifikan faktor psikologis, sosial dan promosi terhadap keputusan pembelian di Donies Solo. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel psikologis dan sosial, tetapi variabel promosi berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Donies Solo. Saran dalam penelitian ini sebaiknya Donies Solo lebih meningkatkan promosinya dari yang sudah ada di sosial media, serta menambah varian promosi yang lain agar konsumen bisa tertarik untuk membeli.

Full Text:

PDF

References


Arman, Andri. (2015). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada CV. Sinar Utama Cabang Antasari di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis.

Danur. (2018). 25 Alasan Kenapa Pelaku Bisnis Perlu Membuat Website. Retrieved from https://indonesiago.digital/25-alasan-kenapa-pelaku-bisnis-perlu membuat-website/. (Diakses tanggal 17 November 2019. Pukul 18.45 WIB).

Keller dan Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Peter, Paul J., dan C. Jerry Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Jilid 1). Jakarta.

Sopiah dan Sangadji, E.M. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Weenas, Jackson. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618.

Yuzar, Iqbal Mohammad. (2019). Perlunya Manajemen Pemasaran dalam Berbisnis. Retrieved from https://jojonomic.com/blog/manajemen-pemasaran/. (Diakses tanggal 22 November 2019. Pukul 20.30 WIB).




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.