EFFECT OF SERVICE MARKETING MIX ON HOSPITAL SELECTION MEDIATED WITH BRAND IMAGE ON HOSPITAL'S OUTPATIENTS

anik setyowati, Djawoto Djawoto, Hendri Soekotjo

Abstract

This study aimed to analyze and empirically test the influence of products, prices, locations, promotions, people, processes, physical evidence against the selection of brand-mediated hospitals in new outpatients of Sumberglagah Hospital, Mojokerto, East Java. This research was quantitative with the type of causality and population research was new patient outpatient Sumberglagah Hospital, about 5,087. Samples were 100 people with purposive sampling. Its analysis technique applied path analysis. Therefore, the hypothetical test resulted that product, price, location, promotion, person, process, and physical evidence positively and significantly affected the brand image. Products, prices, locations, promotions, people, processes, and physical evidence positively and significantly affected hospital selection. The brand image had a positive and significant influence on the selection of hospitals. Moreover, the brand image could mediate product relationships, prices, locations, promotions, people, processes, and physical evidence against hospitals' selection through brand image.

Keywords: product, price, location, promotion, people, process, physical evidence, brand image, and purchasing decision.

Full Text:

PDF

References

Reference

Adi,P.H,dan S. Wicaksono, 2019. Faktor yang berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Obat di Apotik. Jurnal Ekonomi Bisnis (JEBs) 8(2).

Amriza, T.R dan Susanto.2017.Pengaruh Marketing Mix atas Bunga Asuransi Kesehatan Nasional Pasien Re-visitin, Poliklinik di Rumah Sakit X, Internasional jurnal of penelitian Ilmiah dan publikasi. 7

Andhini, T dan R.Tresnati.2019. Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap minat beli ( Survey konsumen jasa laundry sepatu BPW clean Bandung), Prosiding Manajemen.5 (1)

Assauri, S.2013.Manajemen Pemasaran, edisi 1 cetakan 12,Rajawali Grafindo (Rajawali Pers), Jakarta.

Bahri.2018.Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Dipengaruhui Variabel Lokasi, Pelayanan, Kualita Produk, Nilai Emosional, dan Desain Interior yang Berdampak pada Tingkat Pembelian, Jurnal Maksipreneur, 8 ( 1).

Cahyono, P.R.2014. Pengaruh bauran Pemasaran Jasa “House Of Ballon”terhadap niat beli ulang konsumen, Jurnal Manajemen 13(2)

Deisy, M, J. Lapian, danY.Mandagie. 2018. Analisa Citra merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Hand Phone Samsung pada seluruh Gerai-gerai seluler di IT Center Manado, Jurnal EMBA,6 (4), 2288-2297.

Erlitna K.G, dan H. Soesanto.2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Positive Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai variabel Intervening (Studi pada pengguna IPhone di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Diponegoro Journal Of Management, 7 ( 4): 1-15.

Hanifah, N.H, N.Hidayati dan R. Mutiani,2019. Pengaruh produk ramah lingkungan/ Green Product dan Harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. Jurnal riset manajemen dan bisnis dewantara, 2 (1).

Irmalisa, Suharna dan J. Kuleh.2016. Pengaruh harga, Kualitas produk dan Citra merek (Brand Image) terhadap keputusan pembelian mobil Toyota kijang inova di Samarinda , Jurnal Manajemen.8. (1).

Latief. 2018. Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Ahass Primadana Motor Pesanggaran – Banyuwangi.Jurnal manajemen dan keuangan. 7 (1)

Leksono, R.B dan Herwin.2017. Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online.Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 381–390.

Manampiring, A.F dan I. Trang.2016.Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil . Di PT. Astra Internasional TBK. Malalayang.Jurnal Emba 4: 472-483.

Maryati,Sudirman dan Y. Herlina,2018. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Citra Merek Rumah Sakit di RSUD Raja Tombolotutu Tinombo Kabupaten Parigi Moutong.Jurnal unismuhpalu.1(1).

Mayasari, F.2016. Analisis Hubungan Waktu Pelayanan dan Faktor Total Quality Service Terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidaan dan Kandungan dan Kandungan RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro Tahun 2015. Jurnal Arsi.

Noaraina, A.A.2016. Penerapan bauran pemasaran yang mempengaruhi minat beli konsumen di Bonchon Jogya City Mall, Skripsi . Program studi pendidikan tehnik boga fakultas tehnik Universitas negeri Yogyakarta.

Putri, l.G.D.A danI.P.G.Sukaatmadja.2018. Peran Kepercayaan Memediasi Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajement Unud, 7(5).

Rachman, B.J danS.B.Santoso.2015. Analisis Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhdap Kemantapan Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Citra Merek, Diponegoro journal of management.4( 1): 1-15.

Rares, A dan R.J.Jorie.2015. The Effect of the Price, Promotion, Location, Brand Image and Quality Products Towards the Purchase Decision of Consumers At Bengkel Gaoel Store Manado Town Square.Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,3 (2)592-604.

Rawung D.R, S.G. Oroh dan J.S.B Sumarauw.2015. Analisis Kualitas Produk, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda motor Suzuki Pada PT, Sinar Galesong Pratama Manado, Jurnal EMBA. 3 (3): 1293-1308.

Rembet, M.A, Mulyadi dan R.T. Malara.2017. Hubungan Response Time Perawat Dengan Tingkat Kepercayaan Keluarga Pasien Pada Triase Kuning (Uegent) Di Instalasi Gawat Darurat RSU GMIM Kalooran Amurang, e- Journal Keperawatan(eKp) 3 (2)

Riyono dan G.E.Budiharjo.2016.Pengaruh kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk aqua di kota Pati,Jurnal STIE Semarang,8 ( 2):2552-826.

Saraswati, A.R. dan K. Rahyuda.2017. Brand Image memediasi Kualitas Produk dan Harga dengan keputusan pembelian Smartphone apple di Kota Denpasar, e - Jurnal Manajemen Unud, 6 ( 6).

Sihabudin.2015.Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Citra Merek Handphone Samsung.Jurnal Manajemen & Bisnis.1 (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.