PENGABDIAN MASYARAKAT SOSIALISASI PENTINGNYA PEMASARAN DIGITAL DAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKU UMKM DI DESA TRUCUK KLATEN

Authors

  • Sumadi Sumadi Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia
  • Budiyono Budiyono ITB AAS Indonesia, Indonesia
  • Hadi Samanto ITB AAS Indonesia, Indonesia
  • Tino Feri Efendi ITB AAS Indonesia, Indonesia
  • Tutik Agustini Universitas Muslim Indonesia Makasar, Indonesia

Abstract

Abstrak : Tujuan diadakan pengabdian ini adalah dengan latar belakang ingin memberikan sumbangsih dalam meningkatkan tingkat pemahaman kepada UMKM desa Trucuk terhadap pentingnya pemasaran digital dan protokol kesehatan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran agar paham akan pentingnya pemasaran digital dan tetap menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam pengabdian kepada masyarakat adalah Memberikan pelayanan sosialisasi dan pemahaman tentang materi pemasaran digital dan protokol kesehatan yang akan diberikan kepada UMKM di Trucuk. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan metode ceramah dan menggunakan teknik pendampingan Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, praktik simulasi dan observasi. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) UMKM mampu mengetahui dan memahami pemasaran digital; 2) UMKM mendapatkan pemahaman baru cara berjualan; 3) Selanjutnya masyarakat juga senantiasa tetap menjaga protokol kesehatan. Kata Kunci: Pemasaran digital, UMKM Trucuk, Protokol Kesehatan, Pengabdian masyarakat. Abstract : The purpose of holding this service is with a background of wanting to contribute in increasing the level of understanding of UMKM in Trucuk village about the importance of digital marketing and health protocols. The purpose of this community service is to increase awareness so that they understand the importance of digital marketing and maintain health protocols in every activity. The form of activities carried out in community service is to provide socialization services and understanding of digital marketing materials and health protocols that will be provided to MSMEs in Trucuk. The implementation method used is the lecture method and using mentoring techniques. This activity is carried out using the lecture, discussion, practice simulation and observation methods. The lecture method is used in the process of delivering training material. The expected outputs from this activity are 1) MSMEs are able to know and understand digital marketing; 2) MSMEs get a new understanding of how to sell; 3) Furthermore, the community also always maintains health protocols. Keywords: Digital marketing, Trucuk MSMEs, Health Protocols, Community service.

References

Afrianti, N., & Rahmiati, C. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 113-124.

Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119-123.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Yulianti, Yoni, 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Nasional

Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Di Kota Solok. Universitas Andalas Padang.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Sumadi, S., Budiyono, B., Samanto, H., Efendi, T. F., & Agustini, T. (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT SOSIALISASI PENTINGNYA PEMASARAN DIGITAL DAN PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKU UMKM DI DESA TRUCUK KLATEN. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10219

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>