PELATIHAN PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA MASJID AL HIKMAH KELURAHAN DANUKUSUMAN, KECAMATAN SERENGAN, SURAKARTA

Abu Bakar Akbar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tujuan memberikan pelatihan pembentukan karakter remaja Masjid Al Hikmah Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Surakarta. Dimana dalam pengabdian ini dikhususkan bagi remaja Masjid Al Hikmah sebagai wujud pengembangan dan pembentukan karakter yang sejalan dengan karakter Islami. Kegiatan pengabdian ini merupakan tindak lanjut atas program kerja sama kegiatan PkM dengan berbagai elemen masyarakat sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial penyampaian materi-materi terkait materi karakter secara umum maupun materi karakter dalam sudut pandang Islam (karakter Islami) kepada para peserta pengabdian. Waktu pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu semester genap 2023/2024 pada hari Sabtu, 6 Juli 2024. Tempat pelaksanaan pengabdian di Masjid Al Hikmah Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Surakarta. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pelatihan pembentukan karakter remaja Masjid Al Hikmah Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Surakarta, menjadikan para peserta memahami bahwasanya pentingnya memiliki karakter yang baik dan Islami sebagai salah satu bekal untuk pengembangan diri dan dapat pula berguna di masa yang akan datang terutama saat nantinya mereka masuk di dunia kerja dan berbaur pada masyarakat dengan memiliki karakter atau akhlak yang baik dan Islami. Para peserta pengabdian memiliki pemahaman ilmu pembentukan karakter yang semakin baik setelah mengikuti program pelatihan yang telah terlaksana sesuai tujuan dan harapan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada semester genap 2023/2024 yang telah terlaksana.

Full Text:

PDF

References

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.

Citra, D. E. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Budaya Lokal. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 13(2), 375-388.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Meilani, M., & Arif, M. (2022). Analisa Pemikiran Tokoh Muslim Kontemporer Ali Abdul Halim Mahmud. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 21(1), 151-159.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.

Samani, D. M. (2019). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Selamat, S., Arifin, S., Haris, A., Qorib, M., & Pasaribu, M. (2023). Model. Pendidikan Karakter Santri di Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58.

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.