PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TAJWID YANG BENAR BAGI MASYARAKAT DISEKITAR LINGKUNGAN KAMPUS

Authors

  • Abu Bakar Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swasta Mandiri Surakarta, Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan tujuan memberikan pendampingan membaca al-Qur’an dengan tajwid yang benar bagi masyarakat disekitar kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swasta Mandiri. Dimana dalam pengabdian ini dikhususkan bagi ibu-ibu disekitar kampus yang selama ini menjadi binaan. Kegiatan pengabdian ini merupakan tindak lanjut atas program kerja LPPM STIE Swasta Mandiri yang bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial penyampaian materi-materi terkait masalah ilmu tajwid yang dilanjutkan dengan praktek membaca al-qur’an secara secara langsung oleh para peserta pengabdian. Waktu pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu semester genap 2021/2022 sebanyak dua kali pertemuan tepatnya pada hari Senin, 14 Maret 2022 dan Senin, 21 Maret 2022. Tempat pelaksanaan pengabdian di ruang pengembangan karier kampus STIE Swasta Mandiri. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan membaca al-Qur’an dengan tajwid yang benar bagi masyarakat disekitar kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swasta Mandiri, menjadikan para peserta memahami bahwasanya pentingnya ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an sebagai salah satu syarat agar mampu membaca dengan benar. Para peserta pengabdian memiliki pemahaman ilmu tajwid yang semakin baik setelah mengikuti program pendampingan yang telah terlaksana.

References

Annuri, H. A. (2010). Panduan Tahsin Tilawah Al-qur'an & Ilmu Tajwid. Pustaka Al-Kautsar.

Azizah, N. (2016). Efektivitas metode index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII terhadap hukum bacaan tajwid (qalqalah dan ra’) di MTs Al-Mas’ udiyah Tegalgubug Cirebon (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Maryana, M., Fadlisyah, F., & Retno, S. (2017). Pendeteksi Tajwid Idgham Mutajanisain Pada Citra Al-Qur’an Menggunakan Fuzzy Associative Memory (FAM). TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 91-102.

Marzuki, M. A., & Ummah, S. C. (2020). Dasar-dasar Ilmu Tajwid. Diva Press.

Mistari, M. (2010). Aplikasi Belajar Membaca dan Mengucapkan Huruf Hijaiyah Dengan Tajwid Berbasis Android.

Nufusiah, Z. (2021). Pembinaan Tajwid dan Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang (Doctoral dissertation, UIN SMH Banten).

Rizal, R., Bustami, B., & Azzahra, D. (2019). Pendeteksi Tajwid Idgham Mutajanisain Pada Citra Al-Qur’an Menggunakan Fuzzy Associative Memory (FAM). TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 11(3), 395-407.

Septiawan, A. T. (2012). Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Alquran (Ilmu Tajwid) Berbasis Mobile Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Syahuri, S. (2020). Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Bagi Santri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Quran Untuk Mengembangkan Bacaan Al-Quran. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Akbar, A. B. (2022). PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TAJWID YANG BENAR BAGI MASYARAKAT DISEKITAR LINGKUNGAN KAMPUS. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 345–352. Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/6131

Citation Check