PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PELUANG BISNIS UNTUK GENERASI MILENIAL DI SOLORAYA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Indra Lila Kusuma Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia
  • Tira Nur Fitria Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia
  • Maya Widyana Dewi Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia
  • Maisa Setiyowati Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, Indonesia

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini dalah untuk memberikan pelatihan tentang kewirausahaan sebagai peluang bisnis untuk generasi milenial selama masa pandemi Covid-19. Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menggunakan metode diskusi dan metode simulasi. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, untuk sasaran utamanya adalah Generasi Muda atau generasi milenial yang berstatus sebagai mahasiswa di daerah Soloraya Jawa Tengah. Jumlah peserta yang kegiatan ini sebanyak 95 mahasiswa yang berasal dari beberapa perguruan tinggi swasta atau negeri di daerah Soloraya Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui webinar online dengan menggunakan Zoom Meeting. Pada kegiatan ini membahas tentang jenis wirausaha dan bisnis yang yang dapat dilakukan oleh generasi milenial dimasa pendemi Covid-19 misalnya reseller/dropshipper online shop, bisnis kuliner. bimbingan belajar online serta bisnis kebutuhan bahan pokok. Kunci utama menjalankan bisnis di masa pandemi yaitu mau mencoba peluang bisnis, tetap tenang, terus berusaha, melakukan inovasi, ide kreatif, selalu berusaha, pantang menyerah dan melawan rasa takut. Kegiatan ini sekaligus untuk menumbuhkan keinginan berwirausaha, mencari peluang dan ide usaha bagi generasi milenial dan masyarakat khususnya di masa pandemi serta dapat mengetahui tantangan dan kendala dalam berwirausaha dan berbisnis.

Referensi

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736

Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan. CV. Penerbit Qiara Media.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.11

Mirza, A. D. (2019). Milenial cerdas finansial. CV Jejak (Jejak Publisher).

Purnomo, A., Sudirman, A., Hasibuan, A., Sudarso, A., Sahir, S. H., Salmiah, S., Mastuti, R., Chamidah, D., Koryati, T., & Simarmata, J. (2020). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, H. C. B. (2020). Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19: Prespektif UMKM, BUMDes & Usaha Ekonomi Pesantren. Mukmin Publishing.

Diterbitkan

2021-07-19

Cara Mengutip

Kusuma, I. L., Fitria, T. N., Dewi, M. W., & Setiyowati, M. (2021). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PELUANG BISNIS UNTUK GENERASI MILENIAL DI SOLORAYA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 315–321. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2450

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>