PELATIHAN MENGELOLA INFORMASI PEMASARAN

Penulis

  • Rodhiah Rodhiah Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia, Indonesia
  • Christiandinata Tjandra Bravo Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia, Indonesia
  • Valentina Valentina Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia, Indonesia

Abstrak

Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan bekal pengetahuan tentang mengelola informasi pemasaran dalam menjalankan sebuah usaha. Mitra yang dijadikan tempat kegiatan adalah UKM yang bergerak dalam bidang kuliner aksena snack merupakan usaha yang bergerak di bidang cemilan stik. Pemilik usaha bernama Thiur Maita Lubis. Lokasi mitra terdapat di Kota Jambi. Kegiatan PKM didasarkan pada observasi awal pada mitra, dimana mitra belum mendapatkan pembekalan tentang mengelola sistem informasi pemasaran, sehingga masih lemahnya mitra dalam memahami pelanggan . Metode pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan melalui zoom meeting. Adapun terkait materi yang ingin disampaikan ke mitra disajikan dalam bentuk PPT. Materi yang terkait diberikan ke mitra adalah tentang sistem informasi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menilai informasi yang didapat dari pelanggan yang kemudian diolah menjadi wawasan pelanggan yang menjadi dasar pengambilan keputusan mitra. Hasil kegiatan dari PKM ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mitra dalam meningkatkan keberadaan pelanggan secara berkelanjutan pada tempat usaha mitra. Kata kunci: sistem informasi pemasaran, pelatihani, mitra, wirausaha

Biografi Penulis

Rodhiah Rodhiah, Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia

Faculty of Economics & Business Tarumanagara University Jakarta Indonesia

Referensi

Al-Weshah, G. A. (2017). Marketing intelligence and customer relationships: Empirical evidence from Jordanian banks. Journal of Marketing Analytics, 5(3-4), 141–152. doi:10.1057/s41270-017-0021-7

Carmen, R., & Marius, S. (2016). Customer loyalty using customer relationship management. Management Strategies Journal, 31(1), 285–288.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Mehta, R., & Babin, B. J. (2013). Sales Management : Building Customer Relationships and Partnerships. Boston: Houghton Mifflin Co.

Hung, C. W. (2019). Using Cloud Services to Develop Marketing Information System Applications. Journal of Internet Technology, 20(1), 157–166.

Kotler, P dan Armstrong, G. 2021. Principles of Marketing 18e Globar Edition. Pearson Education Limited.

Thabroni, G. (2023). Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh, dsb. 06 Maret. https://serupa.id/sistem-informasi-pemasaran-pengertian-tujuan-jenis

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

Rodhiah, R., Bravo, C. T., & Valentina, V. (2024). PELATIHAN MENGELOLA INFORMASI PEMASARAN. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/12321

Citation Check