OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN PENJUALAN DI MASA COVID 19 PADA KELOMPOK PENGRAJIN BUAH CARICA DIENG DI KECAMATAN KEJAJAR WONOSOBO JAWA TENGAH

Penulis

  • Sri Lestari Yuli Prastyatini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jogjakarta
  • Uum Helmina Chaerunisak Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jogjakarta
  • Reni Listyawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jogjakarta
  • Sri Mujiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jogjakarta

Abstrak

Wabah Covid 19 yang mulai masuk di Indonesia awal tahun 2020, sangat berdampak pada perekonomian UMKM, tak terkecuali pada pengrajin buah carica di lereng gunung Dieng Wonosobo Jawa Tengah, kususnya kecamatan Kejajar yang menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini. Adanya social distancing, dan ketakutan terhadap tertularnya wabah tersebut sangat membatasi gerak mereka dalam memasarkan poduknya. Para pedagangpun menjadi terhambat untuk mengambil produk olahan carica. Akibatnya pendapatan para pengrajin carica menurun drastis di tengah kebutuhan yang tentunya semakin meningkat. Permasalahan mitra yang menjadi titik perhatian adalah pemasaran yang konvensional, aksesibilitas terhadap teknologi informasi terbatas; rendahnya pemahaman mitra terhadap marketing mix dan digitalisasi produk, penyajian konten promosi mitra kurang menarik dan persuasif. Sejumlah referensi pendukung tentang pentingnya digitalisasi produk kreatif dapat menjadi solusi dalam pemasaran, sehingga diharapkan penjualan akan kembali normal dan bahkan meningkat di masa pandemi covid 19 maupun sesudahnya. Adapun metode pelaksanaan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada PKM ini adalah dengan mengadakan kegiatan dalam bentuk peningkatan kapasitas yang mencakup memberikan pelatihan keterampilan pengelolaan pemasaran online (digital marketing) dengan sistem Social Media Marketing (SMM). Hasil PKM menunjukkan, mitra makin bertambah pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai media etalase penjualan produk secara online melalui IG, Youtube, Twitter dan Facebook; bertambahnya jalinan kerjasama mitra dengan stakeholder usaha, misalnya toko pusat oleh-oleh baik di kota Wonosobo (kota asal) maupun di luar kota. Selain itu, pendapatan mulai normal seperti sebelum pandemi bahkan makin meningkat. Kata kunci: digital marketing, carica, Instagram, Youtube, Twitter dan Facebook

Referensi

Bharadwaj, P.N. and Soni, R.G. (2007), “E-commerce usage and perception of e-commerce issues among small firms: results and implications from an empirical studyâ€, Journal of Small Business, Vol. 45 No. 4, pp. 510-521.

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, 6th Edition. Pearson Education, Inc. UK

Chong, S. and Pervan, G. (2007), “Factors influencing the extent of deployment of electronic commerce for small- and medium sized enterprisesâ€, Journal of Electronic Commerce in Organizations, Vol. 5 No. 1, pp. 1-29.

Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19â€, 20 Juni 2020, https://katadata.co.id/umkm, diakses 11 Mei 2022.

Eriksson, L., Hultman, J. and Naldi, L. (2008), “Small business e-commerce development in Sweden – an empirical surveyâ€, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 15 No. 3, pp. 555-570.

Forrester Research (2008), The Growth of Social Technology Adoption, Forrester Research, Cambridge, MA.

Galloway, L. (2007), “Can broadband access rescue the rural economy?â€, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 14 No. 4, pp. 641-653.

Kaplan, A.M. and Haenlein, M. (2010), “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social mediaâ€, Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68.

Kaynak, E., Tatoglu, E. and Kula, V. (2005), “An analysis of the factors affecting the adoption of electronic commerce by SMEsâ€, International Marketing Review, Vol. 22 No. 6, pp. 623-640.

Lohrke, F., Franklin, G. and Frownfelter-Lohrke, C. (2006), “The internet as an information conduit: a transaction cost analysis model of US SME internet useâ€, International Small Business Journal, Vol. 24 No. 2, pp. 159-178.

Muntinga, D.G., Moorman, M. and Smit, E.G. (2011), “Introducing COBRAs: exploring motivations for brand-related social media useâ€, International Journal of Advertising, Vol. 30 No. 1, pp. 13-46.

Nielsen (2012), “The Nielsen global survey of social media usageâ€, available at: www.nielsen.com/us/en/reports/2012/state-of-the-media-the-social-media-report-2012.html

Shideler, D. and Badasyan, N. (2012), “Broadband impact on small business growth in Kentuckyâ€, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 19 No. 4, pp. 589-606.

Spurge, V. and Roberts, C. (2005), “Broadband technology: an appraisal of government policy and use by small-and medium-sized enterprisesâ€, Journal of Property Investment and Finance , Vol. 23 No. 6, pp. 516-524.

Diterbitkan

2021-04-15

Cara Mengutip

Yuli Prastyatini, S. L., Chaerunisak, U. H., Listyawati, R., & Mujiati, S. (2021). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN PENJUALAN DI MASA COVID 19 PADA KELOMPOK PENGRAJIN BUAH CARICA DIENG DI KECAMATAN KEJAJAR WONOSOBO JAWA TENGAH. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1). Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/8638

Citation Check