Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filing

Saefudin Saefudin, Prabowo Yudo Jayanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemudahan wajib pajak untuk menggunakan E-Filing. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang tercatat sebagai pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 42 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis partial least square dengan program SmartPLS Versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan kesiapan teknologi informasi berpengaruh terhadap kemudahan untuk menggunakan E-filing, sedangkan variabel keamanan dan kerahasiaan, kerumitan, serta faktor sosial tidak berpengaruh terhadap kemudahan untuk menggunakan E-filing. Simpulan dalam penelitian ini bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan kesiapan teknologi informasi berpengaruh terhadap kemudahan untuk menggunakan E-filing, sedangkan variabel keamanan dan kerahasiaan, kerumitan, serta faktor sosial tidak berpengaruh terhadap kemudahan untuk menggunakan E-filing karena sistem e-filing dirasa masih sukar untuk digunakan dan masih kurangnya sosialisasi tentang menggunakan sistem e-filing.

Keywords


E-Filing; Faktor Sosial; Keamanan dan Kerahasiaan; Kesiapan Teknologi Informasi; Kerumitan; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan

Full Text:

PDF

References


Davis, F.D. 1989. “ Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology.” MIS Quarterly. Vol. 13, No. 3, h. 319-339

Desmayanti, E. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filing Oleh Wajib Pajak Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online dan Realtime (Kajian Empiris di Wilayah Kota Semarang). Jurnal Akuntansi, 1(1), 1-12.

Firmawan, F., & Marsono, M. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Penggunaan Sytem Informasi (System Usage).

Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goodhue, D. L., & Thompson, R. L. (1995). Task-technology fit and individual performance. MIS quarterly, Vol. 19, No.2,pp 213-236.

Jateng.antaranews.com (2018, Maret ). e-filing belum populer, baru dipakai 40 persen wajib pajak. Website: https://jateng.antaranews.-com/berita/191109/e-filing-belum-populer-baru-dipakai-40-persen-wajib-pajak

Laihad, R. C. (2013). Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Menggunakan E-Filing Wajib Pajak di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 44-51.

Lie, I., & Sadjiarto, R. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemudahan Perilaku Wajib Pajak Untuk Menggunakan e-Filing. Tax & Accounting Review, 3(2), 147.

Noviandini, N. C. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Menggunakan, dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Menggunakan E-Filing bagi Wajib Pajak di Yogyakarta. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 15-22.

Salim, E. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filing Oleh Wajib Pajak Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online dan Realtime (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan di KPP Madya Jakarta Pusat). Jurnal Akuntansi, 1-15

Salim, E., Puspa, D. F., & Darmayanti, Y., (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fasilitas E-Filling oleh Wajib Pajak sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online Dan Realtime (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Di KPP Madya Jakarta Pusat). Jurnal Fakultas Ekonomi, 4(1), 1-15.

Sugihanti, W. T. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filling (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, Vol.27, No.3, September, pp. 425–478.

Wardani, D. K., & Ambarwati, H. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Wajib Pajak untuk Menggunakan E-Filing. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(2), 979-989.

Wibisono, L. T., & Toly, A. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemudahan Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing Di Surabaya. Tax & Accounting Review, 4(1), 246




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v19i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics