Manajemen Nabi Muhammad SAW (Pengelolaan Risk Management Dan Marketing Menurut Syariah)

Authors

  • Edi Marjan Nasution STAIN MADINA, Indonesia
  • Rikwan Manik M. Rikwan E.S. Manik Program Studi Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Hendri Tanjung Hendri Tanjung Pasca Sarjana, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmadi Rahmani Nur Ahmadi Bi Rahmani4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12334

Keywords:

menajemen risiko, bisnis, syariah.

Abstract

Prinsip manajemen dalam Islam terdapat dalam surah as-Sajadah yang dikenal dengan at-tadbir. Menajemen risiko adalah kejadian yang tidak menguntungkan atau kejadian yang tidak sesuai dengan yang semestinya. Islam senantiasa menganjurkan kepada umatnya untuk menghindar dari risiko kendatipun harus meyakini taqdir Tuhan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan mengacu pada sumber literatur seperti kitab tafsir, qawaid fiqh, dan manajemen risiko. Peneliti memeriksa secara rinci dan mendalam berbagai aspek yang terkait dengan topik penelitian. Penelitian ini menggali informasi dari kitab-kitab tafsir untuk memahami makna dan tafsir dari teks-teks Al-Quran yang relevan dengan topik yang sedang diteliti. Teknik pengumpulannya melalui literatur yang relevan dan absah, yang kemudian di analisis secara sistematis lalu disajikan dengan diskripsi secara komprehensip. Tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan detail mengenai fenomena yang diteliti serta memberikan gambaran yang jelas dan akurat kepada pembaca tentang aspek-aspek yang terkait dengan topic penelitian. Temuan dalam penelitian ini adalah terdapat menajemen yang dipraktekkan Nabi Muhammad, bagitupun solusi setiap permasalahan bisnis, ekonomi dan dakwah.

References

Afzalurrahman, (1997), Muhammad Sebagai Seorang Pedagang, Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy.

Al Kalali, Asad M. (2013). Kamus Indonesia Arab, Jakarta: Bulan Bintang, h. 453.

Amalia, F. (2012). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2), 1–33.

Antonio, M. S. (2018). Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad SAW" The Super Leader Super Manager". Tazkia publishing.

Anindya, Desy Astrid. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Keuntungan Usaha pada wirausaha di desa Delitua Kecamatan Delitua. At-Tawassuth : Jurnal Ekonomi Islam, 2, 384–412. http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1228

Baidowi, A. (2010). Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Islam. Hukum Islam, 9(1412–3851), 239–250.

Billah, M.Ma’sum, (2001). Priciple and Praciple of Takaful and Insurance, Malaysia: International Islami University Malaysia. Cet. Ke-1, h.95

Book Reviews. (1961). Journal of the American Statistical Association, 56(295). https://doi.org/10.1080/01621459.1961.10480659

Dewi, V. S., & Farida. (2019). Maqasid Syariah Sebagai Indikator Pembangunan Sebuah Perguruan Tinggi Islami. Jurnal Ekonomi & Pembangunan Optimum, 9(1), 73–84.

Echols, John M. dan Shadily, Hasan. (1996). Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, h. 448

Farida. (2017). Analisis Pengaruh Penerapan Kinerja Maqasid terhadap Manajemen Risiko pada Perbankan Syariah. XII(2), 171–186.

Ghoffar, Abdul. Manajemen dalam Islam (Perspektif Al-qur'an dan Hadits). Jurnal Islamic Akademika, vol. 3, no. 1, 2016, pp. 33-58.

Hafidhuddin, Didin. (2003). Manajemen Syariah Dalam Praktek (1st ed., p. 217).

Inayah, H. (2018). Pengaruh Ketimpangan Ekonomi dan Pemahaman Ekonomi Islam Terhadap Minat Mengembangkan 212 Mart Dengan Ghirah Sebagai Variabel Intervening. Kitabah, 2(2).

Idroes, Ferry N.(2008). Manajemen Risiko Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers, h.4

Irahm, M. (2006). Monetary Dynamics and Gold Dinar: An Empirical Perspective. Journal of King Abdulaziz University-Islamic Economics, 19(2). https://doi.org/10.4197/islec.19-2.1

Karishma W, Y., & Widiastuti, Tika. (2017). Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Bisnis di Pesantren Mukmin Mandiri. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(6), 464. https://doi.org/10.20473/vol4iss20176pp464-477

Koni, W. (2017). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Islam. Al-Buhuts, 13(2), 75–89. https://doi.org/10.30603/ab.v13i2.896

Lubis, A. A. (2018). Analisis Aspek Religiusitas Terhadap Etika Bisnis Pedagang Pasar Muslim Pusat Pasar Kota Medan. Dusturiyah: Jurnal Hukum Islam, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial, 7(1). https://doi.org/10.22373/dusturiyah.v7i1.2339

Marliyah, M., Dharma, B., & Syarbaini, A. (2023). The Maturity Of Risk Management In Indonesian Islamic Universities. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(2). https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i2.7296

Mingka, A. (2013). Maqashid Syariah Dalam Ekonomi dan Keuangan Syariah. Jakarta: Iqtishad Publishing.

Muhammad. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam : Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta :UPFE UMY.

Nabilah, N., Maslichah, M., & Mawardi, M. C. (2019). Perspektif Maqashid Syariah Pada Pengungkapan Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(03).

Ramdani, Acep Dani. (2017). Hadith Selection Methods in the Study of Sirah Nabawiyyah (An Analysis of Shahih Sirah Nabawiyyah by Akram Dhiya al-‘Umari). International Journal of Nusantara Islam, vol. 5 No.2. https://10.15575/ijni.v5i2.1741

Randeree, K., & Chaudhry, A. G. (2007). Leadership in Project Managed Environments : Employee Perceptions of Leadership Styles within Infrastructure Development in Dubai. International Review of Business Research Papers, 3(4).

Ruslang, R., Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 665–674.

Saifullah, Muhammad. (2011). Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Jurnal Walisongo, Vol. 19 No. 1 Mei 2011), 127–156.

Salim, Abaas, (1998). Asuransi dan Manajemen Risiko, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, cet ke-1 h.75

Samaʻi, Muhammad Umar (2007). Nazariyyat al-Ihtiyat al-Fiqhi Dirasat Ta’siliyyah Tatbiqiyyah. Beirut: Dar Ibn Hazm, cet. 1

Silalahi, Ferdinand. Manajemen Risiko dan Asuransi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, h. 18

Supariman, A. (2018). Manajemen Resiko Dalam Perspektif Islam. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 2(2).

Terry, George R. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta ; Bumi Aksara.

Vasco, A., Matos, F. B., & Sundue, M. A. (2021). Robbin C. Moran, Fern and Lycophyte Curator- an Appreciation. Botanical Review, 87(2). https://doi.org/10.1007/s12229-021-09254-2

Wulandari, D. N. (2017). Etika Bisnis E-Commerce Berdasarkan Maqashid Syariah Pada Marketplace Bukalapak.Com. Jurnal Magister Management Unram Vol. 6 No. 1. https://doi.org/10.29303/jmm.v6i1.21

Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasullah Muhammad SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1).

Zaki, M. (2021). Kedudukan Fikih, Ushul Fiqh dan al-Qawaid al-Fiqhiyyah dalam Sistem Ekonomi Syari‘ah. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 1(1). https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v1i1.289

Zed, Mestika. (2004), Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Additional Files

Published

09-03-2024

How to Cite

Nasution, E. M., M. Rikwan E.S. Manik, R. M., Hendri Tanjung, H. T., & Nur Ahmadi Bi Rahmani4, A. R. (2024). Manajemen Nabi Muhammad SAW (Pengelolaan Risk Management Dan Marketing Menurut Syariah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 452–462. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12334

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.