Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Dan Islamic Store Atmosphere Tehadap Minat Beli Ulang Melalui Value Equity Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Muhammad Iqbal Luqyanfalah Winayaputra UIN Salatiga, Indonesia
  • Desi Putri Trisnawati

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13103

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Islamic Store Atmosphere, Value Equity, Minat Beli Ulang

Abstract

The Indonesian culinary business market is becoming increasingly competitive. Therefore, business owners need to understand the factors that influence consumers' repurchase intention. This research focuses on service quality, product variety, and islamic store atmosphere to understand their impact on value equity and repurchase intention. A quantitative approach was used for the study, with data collected through a survey of a sample of 200 consumers of SFA Steak & Resto Klodran. The data collection method was a questionnaire survey. Statistical analysis, including linear regression and mediation, was used to test the relationship between the variables under study. The results indicate service quality and product variety have a positive and significant effect on value equity, while the islamic store atmosphere has a positive but insignificant effect. Additionally, value equity has a positive and significant influence on repurchase intention. Value equity moderates the relationship between service quality and product variety with repurchase intention, but does not moderate the relationship between islamic store atmosphere and repurchase intention.

Author Biographies

Muhammad Iqbal Luqyanfalah Winayaputra, UIN Salatiga

Fakultas Bisnis dan Ekonomi Islam

Desi Putri Trisnawati

Fakultas Bisnis dan Ekonomi Islam

References

Agustiansyah, A., Mus, A. R., & Mahfudnurnajamuddin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjutan Di Rumah Sakit Umum St. Madyang Kota Palopo. Tata Kelola, 8(1), 36–65. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v8i1.454

Buchori, M., & Setiawan, A. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Produk Kerupuk Al-Ikhsan Salatiga). E-Repository Perpus UIN Salatiga.

Chandra, K. (2020). Analisa Pengaruh Store Environment Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Experience Sebagai Variabel Mediasi Pada Restoran Gogogi Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 12.

Farocky, F. R. (2021). Pengaruh store atmosphere dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang (studi pada cafe kenawa di kota malang) [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/199353/

Gelu, S. I., FoEh, J. E., & Niha, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Customer Value terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 4(1), 30–43.

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Batam). Journal of Business Administration, 3(1), 40–52. www.kemenperin.go.id

Izzah, C. N., & Guritno, A. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Variasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Cisarua Mountain Dairy (Cimory) Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. E-Repository Perpus UIN Salatiga.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

Lestari, D. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Brand Image, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Membeli Makanan Cepat Saji Rocket Chicken Di Kota Salatiga. E-Repository Perpus UIN Salatiga.

Musarofah, I. (2020). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Store Atmosfer, Kualitas Pelayanan, Harga, Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang. Prosiding (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi).

Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan. (2021). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230–243. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4651

Octarina, N. (2020). Pengaruh Suasana Toko, Variasi Produk, dan Komunikasi dari Mulut ke Mulut terhadap Keputusan Pembelian di Upnormal Coffee Roasters Raden Saleh serta Tinjauannya Dari Sudut Pandang Islam. Universitas Yarsi.

Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 20(1). https://doi.org/10.53640/jemi.v20i1.771

Permana, D. A., & Amrizal. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia KCP Jayapura Abepura Provinsi Papua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 106. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11364

Putra, I. M. B. P., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 744–756.

Rahmah, P., Rajeng, A. B., & Erpiana. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt.Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Watansoppeng. Jurnal Ilmiah METANSI â€Manajemen Dan Akuntansiâ€, 3(2), 46–52.

Sambara, J., Tawas, H. N., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe 3.Am Koffie Spot Manado. Jurnal EMBA: Urnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 126–135.

Saraswati, K. D., Sanjaya, P. K. A., & Trarintya, M. A. P. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 431–442.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, 8(1), 147–155.

Ulfatul, M. Y. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Variasi Menu, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Delicious Cafe’& Hangout (DC) di Kota Pariaman (Survey Pada Generasi Milenial). Universitas Andalas.

Wicara, D. G. (2023). Pengaruh Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Siswa Smk Taruna Satria Pekanbaru Pada Minimarket D5mart. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 14(1), 46–61.

Downloads

Published

26-07-2024

How to Cite

Winayaputra, M. I. L., & Trisnawati, D. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Dan Islamic Store Atmosphere Tehadap Minat Beli Ulang Melalui Value Equity Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1994–2001. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13103

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.