Budaya Hedonisme dan Konsumtif dalam Berbelanja Online Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Syariah

Authors

  • Tira Nur Fitria
  • Iin Emy Prastiwi ITB AAS Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1486

Keywords:

hedonism, konsumtif, shopping online, ekonomi Syariah

Abstract

Hedonisme adalah sebuah pandangan hidup yang menganggap bahwa seseorang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Pandangan hidup ini hanya ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dan hanya berlandaskan materi keuntungan semata. Islam menolak tegas sikap hidup hedonisme dalam bentuk larangan sifat boros di satu sisi dan kikir di sisi lainnya. Karena kedua sifat ini jelas-jelas bertentangan dengan konsep kesederhanaan yang di inginkan Islam. Prinsip kesederhanaan ini juga berlaku bagi pembelanjaan, orang tidalah boleh berlaku kikir dan boros. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-A'raaf [7]: 31, QS. Al-Maidah [5]: 87 dan QS. Al-Furqan [25]: 67. Kajian Al-Quran dan Hadist, seorang muslim sudah sepantasnya menggunakan kekayaannya untuk hal yang bermanfaat dan tidak digunakan untuk hal yang sia-sia. Kebutuhan manusia tidak terbatas, karena kebutuhan berhubungan erat dengan kepuasan yang pada dasarnya juga tak terbatas. Kebutuhan manusia berkaitan erat dengan pemenuhan barang dan jasa untuk kepuasan diri. Selama hidupnya, manusia akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan tersebut, semakin dipenuhi maka kebutuhan tersebut semakin bertambah.

References

Afif, M., & Purwanto. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. 2, 17.

Aji, S. F. (2019). Nalar Pendidikan Islam Kritis Transformatif Abad 21. Penerbit Mangku Bumi.

Alamsyah, E. (2019, November 1). Jerat Hedonisme di Kalangan Masyarakat. Republika.Co. https://republika.co.id/berita/q0abgr349/jerat-hedonisme-di-kalangan-masyarakat

Aravik, H. (2017). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer Edisi Pertama. Kencana.

Ariyanti, F. (2019). Mengenal Hedonisme, Gaya Hidup Konsumtif yang Bisa Bikin Keuangan Merana—Cermati.com. Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/mengenal-hedonisme-gaya-hidup-konsumtif-yang-bisa-bikin-keuangan-merana

Chapra, M. U. (2001). Masa depan ilmu ekonomi: Sebuah tinjauan Islam. Gema Insani.

Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-Kecil Jago Finansial: Mendidikan Generasi Cerdas Finansial Sejak Dini. LAKSANA.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. JURNAL ILMIAH EKONOMI ISLAM, 3(01), 52. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Halim, C. (2010). Berbelanja Smart & Membuka Gerai Gaul di Kaskus. Elex Media Komputindo.

Ismail, M. (2020). Hedonisme dan Pola Hidup Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 193. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.21

Karim, B. (2018). Prinsip Pembangunan Ekonomi Umat (upaya menggali petunjuk al Quran dalam mewujudkan kesejahteraan): Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.

Kusumowidagdo, A. (2011). Desain Ritel Komunikasikan Strategi Pemasaran Bisnis Dengan Tepat. PT Gramedia Pustaka Utama.

Manan, A. (2012, April 13). Ancaman Al-Quran Terhadap Sikap Hedonistik. Cendekia Sumsel. https://cendekiasumsel.wordpress.com/2012/04/13/ancaman-alquran-terhadap-sikap-hedonistik/

Mirza, A. D. (2019). Milenial Cerdas Finansial. CV Jejak (Jejak Publisher).

Mufid, M. (2017). Kaidah Fiqh Ekonomi Syariah. ebookuid.

Muhyiddin, N. T., Harahap, L. R., Yuliana, S., Andriana, I., Tarmizi, M. I., & Farhan, M. (2020). Ekonomi Bisnis Menurut Perspektif Islam dan Konvensional. Penerbit Peneleh.

Nainggolan, N. T., Munandar, M., Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Fuadi, F., Hastuti, P., Ardiana, D. P. Y., Sudirman, A., Gandasari, D., Mistriani, N., Kusuma, A. H. P., Rumondang, A., & Gusman, D. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Pasaribu, L. O., & Dewi, C. K. (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online: Studi Pada Toko Online Zalora. 12.

Setyningrum, F. Y., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying. 8.

Suryani, M., & Achiria, S. (2019). Gaya Hidup Hedonisme dalam Konsumsi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam IAIN Kota Bengkulu). Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 238. https://doi.org/10.29300/aij.v5i2.2092

Susminingsih, & Kanafi, I. (2020). Manusia dan Budaya Wirausaha dalam Perspektif Islam. Penerbit NEM.

Downloads

Published

30-11-2020

How to Cite

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Budaya Hedonisme dan Konsumtif dalam Berbelanja Online Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 731–736. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1486

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>