Penerapan Manajemen Pelayanan Prima untuk Peningkatan Kepuasan Calon Jamaah Haji dan Umrah di PT Mabruro Sidoarjo

Authors

  • Almun Wakhida Candra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Renny Oktafia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1811

Keywords:

Management, Excellent Service, Satisfacation

Abstract

The purpose of this study was to determine the application of excellent service management to increase the satisfaction of prospective pilgrims at PT Mabruro Sidoarjo. The method used in this research is qualitative method. The data collection techniques used in this research were observation, interview and documentation. The result of this research is PT Mabruro Sidoarjo gives satisfaction to prospective piligrims by providing excellent service from registration to completion of hajj activities with trust and sincerity.

References

Agusta, Ivanovich. 2014. “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif.†Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Aprilia, Andani Putri, dan Musthofa Hadi. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Travel Brow Lumajang.†J A B Jurnal Aplikasi Bisnis.

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar pelayanan prima.

Bastian, Indra, Rijath Djatu Winardi, dan Dewi Fatmawati. 2018. Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data.

Cahyawati, Laila Rizka. 2017. “IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.†Manajemen dan Supervisi Pendidikan 2(1):67–74.

Jufrizen, Raihanah Daulay, Maya Sari, dan Muhammad Irfan Nasution. 2020. “MODEL EMPIRIS PENINGKATAN KEPUASAN DAN NIAT BELI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN ONLINE SHOP INSTAGRAM.†Ilmiah Manajemen 10(2):249–65.

Julianti, Lis, dan Rika Putri Subekti. 2018. “STANDAR PERLINDUNGAN HUKUM KEGIATAN INVESTASI PADA BISNIS JASA PARIWISATA DI INDONESIA.†Kertha Wicaksana 12(2):156–66.

Megawati, Rahayu, dan Moch. Khoirul Anwar. 2019. “PELUANG DAN TANTANGAN STRATEGI PEMASARAN SYARI’AH BIRO JASA UMROH (Studi Kasus Di AET Travel PT. Penjuru Wisata Negeri Sidoarjo).†Ekonomi Islam 2(1):58–66.

Moenir, H. A. S. 2010. “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.†Manajemen pelayanan umum di Indonesia.

Nasuka, Moh. 2017. “PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DENGAN LAYANAN INTI (Suatu Pendekatan Konsep Islamic Marketing).†Syari’ah dan Hukum Diktum 15(2):191–205.

Raharjo, Mudjia. 2008. “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif.†Animal Genetics.

Sasongko, Kent Sella. 2019. TANGGUNG JAWAB BIRO TRAVEL UMROH ATAS KEGAGALAN PEMBERANGKATAN JAMA’AH UMROH (STUDI KASUS ABU TOURS). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.†Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.†Jakarta: Rineka Cipta.

Supranto, Johanes. 2006. Pengukuran Tingkat kepuasan pelanggan. 3 ed. jakarta: PT Rineka Cipta.

Susilawati, Iseu, Ahmad Sarbini, dan Asep Iwan Setiawan. 2016. “Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.†Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah. doi: 10.15575/tadbir.v1i2.135.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.

Tulodo, Bernadeta Asri Rejeki, dan Achmad Solichin. 2019. “ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CARE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.).†Riset Manajemen Sains Indonesia 10(1).

Downloads

Published

30-01-2021

How to Cite

Candra, A. W., & Oktafia, R. (2021). Penerapan Manajemen Pelayanan Prima untuk Peningkatan Kepuasan Calon Jamaah Haji dan Umrah di PT Mabruro Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1811

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)