Model Manajemen Pembelajaran Dari Rumah Untuk Pendidikan Berkarakter (Studi Pada TK Islam Makarima Dan TK Inklusi Saymara Sukoharjo)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2685Keywords:
Management, Learning From Home, Madrasah, Character Education.Abstract
References
Agustin, H. (2018). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MENURUT PRESPEKTIF ISLAM. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2045
Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9(1). https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Aktan, S. (2021). Waking up to the dawn of a new era: Reconceptualization of curriculum post Covid-19. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09529-3
Arsyam, M. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/9ZX47
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Belawan, B. A. (2020). PADA SAAT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH ( Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 19 ). 4, 170–182.
Billah, A. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MATERI SAINS. Arif Billah) ATTARBIYAH, 2(2), 243. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.243-272
Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(3), 33–42.
Darwis, A. M. S. (n.d.). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19 | Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah. Retrieved June 20, 2021, from https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/638
Diadha, R. (2015). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Halimatuzzuhratulaini, B., Karakter, P., Karakter Pada PAUD Dalam Prespektif Al-Qur, P., & Dan Hadis Baiq halimatuzzuhrotulaini IAI Hamzanwadi Pancor, an N. (2020). 72-93 Pendidikan Karakter Pada PAUD Dalam Prespektif Al-Qur’an Dan Hadis. In Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial (Vol. 18, Issue 2). https://doi.org/10.37216/TADIB.V18I2.377
Hanafi, M. (2015). Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Managemen, 1(1), 66. http://repository.ut.ac.id/4533/1/EKMA4116-M1.pdf
Jurusan, E. W., Luar, P., & Fip, S. (2015). PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA. In Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817
Kemdikbud, R. (n.d.). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) – Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved May 25, 2021, from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Manajemen - John Suprihanto - Google Buku. (2014). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5cdVDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=manajemen&ots=rc9AfAGJxy&sig=ejiu33BJqk2iBCUYQ1RojVINysY&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen&f=false
Marchlik, P., Wichrowska, K., & Zubala, E. (2021). The use of ICT by ESL teachers working with young learners during the early COVID-19 pandemic in Poland. Education and Information Technologies, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10556-6
Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik PAUD dalam karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
meyda setyana hutami, A. S. N. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede | hutami | PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6107
Novitawati, N. (2016). Peran manajemen partisipasi orang tua dalam manajemen pembelajaran di taman kanak kanak sebagai upaya optimalisasi perkembangan anak usia dini. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13719
Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Nurul Isti’Faroh, N. I. (2020). View of RELEVANSI FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. https://www.journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266/221
Pengantar Manajemen - Bedjo Siswanto - Google Buku. (2021). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RvYrEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA16&dq=manajemen+MENURUT+FAYOL&ots=V0W-U36fSV&sig=3qUxPKoWgGVdBrTfzErLSMC2ew0&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen MENURUT FAYOL&f=false
PP 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).
Rukajat, A. (2014). Manajemen Pembelajaran - Ajat Rukajat - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=MyhuDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+pembelajaran&ots=R_OWp-UiC5&sig=zzzNnggVj2u7YN5err_GlYdbjG0&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen pembelajaran&f=false
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2939
Taulany, H. (2020). Manajemen Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 150–157. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/565/484
Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Sekar Nagari Unnes. E-Plus, 5(2), 174–189.
Vuorinen, K., Pessi, A. B., & Uusitalo, L. (2021). Nourishing Compassion in Finnish Kindergarten Head Teachers: How Character Strength Training Influences Teachers’ Other-Oriented Behavior. Early Childhood Education Journal, 49(2), 163–176. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01058-0
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wayan, I., Santika, E., Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, 3(1), 8–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27830
Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.