Analisis Kepuasan Anggota KJKS BMT Tumang
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.38Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana tingkat kepuasan anggota terhadap bauran pemasaran pada KJKS BMT Tumang dan Apa yang diharapkan anggota terhadap aplikasi bauran pemasaran kedepan. Kepuasan konsumen menjadi penting dalam kelangsungan hidup suatuusaha, terutama untuk lembaga keuangan syariah seperti KJKS BMT Tumang. Kepuasan anggota menjadi sasaran dan sebagai alat pemasaran yang utama bagi perusahaan dalam bidang jasa. Penelitian ini merupakan penelitian yang datanya diperoleh melalui kuesioner sebanyak 50 anggota KJKS BMT Tumang di cabang Boyolali, Kartasura, Ampel, Cepogo dan Tumang, secara umum semua anggota merasa puas. Sampel dari anggota KJKS BMT Tumang. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Tekhnik analisis dengan menggunakan analisis diskriptif dengan cara menyimpulkan hasil wawancara dari anggota. Berdasarkan hasil penelitian mengenai bauran pemasaran dan tingkat kepuasan anggota KJKS BMT Tumang, dapat ditarik kesimpulan untuk masing-masing masalah. Hasil yang diperoleh dari analisis deskripsi, yaitu sebagai berikut:Pengarahan Ijab qobul Pembiayaan oleh pengelola. Beberapa pengelola kurang wawasan dalam menaksir nilai anggunan sehingga anngota tidak bisa meminjam dalam jumlah besar. Perhitungan bagi hasil tinggi dan belum sesuai syariah. Suasana kantor BMT cabang Tumang tempatnya terlihat terlalu penuh. Suasana kantor BMT cabang Cepogo tempatnya terlihat monoton. Beberapa anggota berhenti menabung di KJKS BMT Tumang karena sudah tidak didatangi oleh beberapa marketing funding. Beberapa marketing funding pengganti yang baru, pelayanan lama dan kurang cepat tanggap serta pengelola baru kurang akrab dan kurang dekat daripada pengelola yang lama. Pergantian beberapa marketing funding dari yang lama dengan yang baru, membuat jadwal daftar anggota lama yang seharusnya sudah terjadwal menjadi berubah jadwalnya.
Kata Kunci : kepuasan anggota, bauran pemasaran, KJKS
References
Amir, M dan Rukmana, 2014. Bank Syariah Teori Kebijakan Dan Studi Empiris di Indonesia, Erlangga, Jakarta
Amstrong. Kotler. 2007. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Ghozali, I. 2006.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,. Badan penerbit-Undip. Semarang
Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Memahami Bisnis Bank Syariah. PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Irsad. Z. 2010. “ Analisis Marketing Mix (Product, Price, Promotion dan Place) yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pengguna Operator ESIA (Studi Kasus Pada Masyarakat Ciputat Timur).†Skripsi. Jakarta : Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah
Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Jobs, A.2007. The Economic of Islamic Finance and Securitization. Forthcoming in The Journal of Structured Finance Vol.12 (1)
Pardana, S.R. 2015. Analisis Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT BPR Dana Mulya Surakarta. Jurnal Akuntansi dan pajak.Vol.15 (2):106-117
Ramdhani,M.A.2011. The Infuence of Service Quality Toward Customer Satisfaction Of Islamic.Journal of Basic and ApliedSciences.Australian. Vol.5 (9) : 1099-1104
Ridwan.2005.Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Alfabeta, Bandung
Tjiptono, F.2008. StrategiPemasaran. edisi 3. Andi.Yogyakarta
Wibowo, M. 2014. Perilaku Konsumen Syariah di KJKS/BMT Tumang Kabupaten Boyolali. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.Vol.3(2): 83-96
Wijayanti, RW.2009. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Loyalitas Anggota pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem. Jurnal Analisis Manajemen.Vol.3(2):129-147
Zafar,M. Sana,Z. et al (2012). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyality of Banking Sector in Pakistan , Journal Information management and Businnes Vol.4 (3):159-2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.