Analisis Pengaruh Quality service dan Promosi terhadap Tingkat Minat Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah

Authors

  • Siti Walida Mustamin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Jasri Jasri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4462

Keywords:

Keputusan Nasabah, Promosi, Quality service

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quality service dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih jasa bank syariah di Makassar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumendasi untuk mendapatkan data pendukung. Metode analisis data yang digunakan yaitu 1) analisis deskriptif variabel, 2) uji kualitas data melalui uji validasi dan realibilitas, 3) uji asumsi klasik, 4) uji hipotesis melalui uji regresi linear berganda dengan memperhatikan koefisien determinan (R2), uji t, dan uji F. Analisis data dilakukan dengan alat bantuan software SPSS versi 25 tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (parsial), faktor lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah, hasil ini disebabkan oleh penerapan nilai-nilai religious pada bank syariah yang dapat dirasakan oleh nasabahnya. Faktor Quality service berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah, hasil ini disebabkan oleh penampilan karyawan perbankan syariah yang sangat santun dan ramah dalam melayani konsumen. Faktor Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah, hasil ini disebabkan oleh kemampuan bank syariah di kota Makassar dalam memanfaatkan berbagai media seperti iklan, brosur dan sejenisnya untuk menginformasikan produk-produk yang dimilikinya.

References

Adhipratama, A. A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Non-Muslim untuk Menggunakan Bank Syariah (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Adhipratama, A. A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Non-Muslim untuk Menggunakan Bank Syariah (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Aisyah, M., Umiyati, U., & Apriansyah, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behaviour Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Produk Tabungan BNI Syariah). Liquidity, 6(2), 119-132.

Aprilia, S., & Aprilia, V. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening pada Bank BRI Syariah KCP Demak (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

BPS-Sulsel. 2019. “Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota dan Agama yang Dianut di Provinsi Sulawesi Selatan, 2015â€. https://sulsel.bps.go.id, diakses pada 25 Agustus 2019.

Dewi, V. S. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Umum Syariah Pada PT. Asuransi Asei Indonesia Cabang Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149-162.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149-162.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96..

Haris, H. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada bank syariah (studi kasus pada BTN syariah Surakarta). Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-24.

Jalilah, J., & Yasir, M. (2017). Pengaruh Persepsi terhadap Minat Etnis Tionghoa Kota Banda Aceh terhadap Perbankan Syari’ ah. Aricis Proceedings, 1..

Karim, A. A. (2010). Bank Islam: Anatisis Fiqh dan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Khaerul, U. (2013). Manajemen perbankan syariah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Khamdiyah, H. (2019). Pengaruh Promosi, Brand Image, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 12, No. 01). edisi. Erlangga. Jakarta

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Machmud, A., Rukmana, H., Wibi Hardani, S. T., Hayati, Y. S., & Sallama, N. I. (2010). Bank syariah: teori, kebijakan, dan studi empiris di Indonesia.

Misbach, I. (2013). Bank Syariah: Kualilas Iayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan. Cet. I; Makassar.

Mu’allim, A. (2003). Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, (10), 25992.

Muhammad. (2008). Metode Penelitian Ekonomi Islam. Rajawali Pers. Jakarta

Muzayyanah, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Tabungan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung di Bprs Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara (Doctoral dissertation, IAIN).

Noor, M. (2017). Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Keputusan Nasabah Non-Muslim Menggunakan Jasa Pembiayaan Perbankan Syari’ah di Kota Pontianak. Jurnal Khatulistiwa, 7(2) 2017

Othman, A., & Owen, L. (2001). Adopting and measuring customer service quality (SQ) in Islamic banks: a case study in Kuwait finance house. International Journal of Islamic Financial Services, 3(1), 1-26.

Philip, K., & Susanto, A. B. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen edisi revisi. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Setianingsih, R., & Septin, P. A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Hijau Dan Nilai Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Warung Selat Solo (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).

Sula, M. S., & Kartajaya, H. (2006). Syariah Marketing. Mizan Pustaka.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan strategi merek. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Yuniarti, A. (2018). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Nasabah dan Motivasi terhadap Keputusan Pengambilan Cicilan Pada Pt Al-Ijarah Indonesia Finance Cabang Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yupitri, E., & Sari, R. L. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan (Vol. 1). University of North Sumatra.

Downloads

Published

06-07-2022

How to Cite

Mustamin, S. W., & Jasri, J. (2022). Analisis Pengaruh Quality service dan Promosi terhadap Tingkat Minat Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1689–1698. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4462

Citation Check

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.