Pengaruh Marketing Mix 5Cs Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.8622Keywords:
Marketing Mix 5Cs, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Bank Syariah Indonesia (BSI)Abstract
References
Abdullah, J. Bin. (2017). Revisiting Exchange Concept : A Rationale for Marketing Mix in Islamic Marketing. Journal of International Business, Economics and Entrepreneurship, 2(1), 45–56.
Abdullah, J. Bin, Hamali, J. H., & Abdullah, F. (2013). Islamic Marketing Mix : The Critical Factors. Proceeding on 4th International Conference on Business And Economic Research, 1142–1159.
Aisyah, M. (2018). Islamic Bank Service Quality and Its Impact on Indonesian Customers’ Satisfaction and Loyalty. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 10(2), 367–388. https://doi.org/10.15408/aiq.v10i2.7135
Amaranggana, A., & Rahanatha, G. B. (2018). Peran Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas pelanggan. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(12), 6872–6900.
Ana, D. E., & Zunaidi, A. (2022). Strategi Perbankan Syariah Dalam Memenangkan Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 167–188.
Anggoro, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komitmen dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia Cabang Dharmahusada Surabaya. UBHARA Management Journal, 1(2), 338–343.
Anwar, S., & Saleh, I. E. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada PT. BPR Muaro Bodi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 988–1016.
BSI. (2021). Laporan Tahunan 2021: Energi Baru untuk Indonesia. PT Bank Syariah Indonesia, Tbk., 142.
Budiyono, Tho’in, M., Muliasari, D., & Putri, S. A. R. (2021). An analysis of Customer Satisfaction Levels in Islamic Banks Based on Marketing Mix as a Measurement Tool. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(1), 2004–2012. http://annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/318
Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Management Analysis Journal Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.
Fauzi, F., & Putra, P. (2020). Analisis Jalur Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening di Bank BNI Syariah. MASLAHAH (Jurnal Hukum Islam Dan Perbankan Syariah), 11(1), 33–41. https://doi.org/10.33558/maslahah.v11i1.2758
Fembuani, F. (2022). Pengaruh reputasi perusahaan, komitmen, dan sharia compliance terhadap loyalitas dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening.
Furqon, M., Rahayu, S., & Astiati, D. I. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang. Adminika, 7(1), 1–19.
Ghantynireta, B. V., Inayatillah, & Evriyenni. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Darussalam Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.22373/jimebis.v2i2.189
Hamdali, R. N., & Melinda, T. (2021). Analisis Pengaruh Service Marketing Mix 7P Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Kozko Digital Printing Surabaya. Media Mahardhika, 20(1), 37–49. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.316
Haryati, D. (2022). Pengaruh Karakteristik Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kcp Muara Bulian). JOTIKA Journal in Management and Entrepreneurshi[, 2(1), 8–17.
Hayati, I., & Siregar, Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 234–250.
Hidayanti, S., & Nasrifah, M. (2022). Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. 4(9), 3783–3789.
Irmawati, & Amsari, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pemasaran Produk Tabungan Haji (Studi Kasus Pada Bank Sumut Syariah Medan). Jurnal El Rayyan, 1(1), 8–25. https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jer/article/view/43%0Ahttps://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/jer/article/download/43/34
Iryani, Sudirman, & Abdullah, W. (2022). Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar Veteran ). Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(1), 11–25.
Larasati, M. D. A., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Spiritualitas Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Pada Loyalitas Nasabah Bank Non Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(2), 194–204. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n2.p194-204
Maesaroh, S., & Rudianti, W. (2020). Peningkatan Kepuasan Konsumen Pada Umkm Melalui Komunikasi Pemasaran, Komitmen Penanganan Keluhan Dan Kualitas Produk Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Il,Iah Ekonomi, 17(1), 222–234.
Mahpudin, Ramdan, D. M., & Gozali, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BJB Syariah Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah Kontemporer, 1(1), 1–16.
Massora, A., & Widyanti, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Thamrin Jakarta. Jurnal Manajemen FE-UB, 9(1), 20–38. www.syariahmandiri.co.id
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo, 2(1), 15–26.
Mulazid, A. S., Mufraini, M. A., Saharuddin, D., & Wicaksono, A. T. S. (2020). Attributes Of Islamic Bank Service Quality : A Survey To Map Metropolitan Customer. International Journal of Business and Society, 21(2), 883–897.
Nafiah, N., & Pratama, A. A. N. (2021). Pengaruh Customern Intimacy, Promosi dan Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Godean 3 Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Transformatif, 5(2), 177–190.
Paujiah, R., Kosim, A. M., & Gustiawati, S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2), 144. https://doi.org/10.31000/almaal.v1i2.1847
Prasetiyaningrum, I. (2020). Pengaruh Relationship Marketing, Karakteristik Syariah Marketing, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagi Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Bri Syariah Kcp Majapahit Semarang). Skripsi.
Rantemangiling, Y. (2022). Analisis Yuridis Mengenai Merger Bank Syariah Mandiri, Bri Syariah, Dan Bni Syariah Menjadi Bank Syariah Indonesia (Bsi). Lex Crimen, 11(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexcrimen/article/view/43366
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
Rumiyati, & Syafaruddin, A. (2021). The Influence of Service Quality, Marketing Mix, on Bank Customer Satisfaction in the Era Covid-19. Ilomata International Journal of Tax & Accounting ( IJTC ), 2(1), 84–96.
Sa’diyah, K., An, W. H., & Suhatman, Z. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DI BANK BSI KC CIPUTAT. Jurnal Manadi Syariah, 5(2), 121–131.
Sabilla, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Perbankan Syariah Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 253–268.
Saputri, M. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Mandiri Cabang Selat Panjang. Jurnal Daya Saing, 4(1), 61–64. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v4i1.133
Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee ( Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya ) Marsudi Lestariningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( Stiesia ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5i), 17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4012/4023/
Sari, L. K. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas dan Kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan kereta api ekonomi dhoho. Simki-Economic, 1(6), 1–17.
Sondak, C., Tumbel, A., & Lintong, D. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Indogrosir Manado. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 754–764.
Suwarni, E., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2023). Analisis Loyalitas Pelanggan Ditinjau dari Nilai Pelanggan, Lokasi dan Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Indomaret di Yogyakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 664–683. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1259
Syamia, E. N., & Ridwan, F. T. (2022). Pengaruh Marketing Mix dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Tangerang (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KCP Karawaci. Jurnal Fakultai Islmu Keislaman, 3(2), 49–58. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Utama, A. P., & Murti, T. R. (2021). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediator Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 79–86.
Wati, E. S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Tanggamus. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi (AMBITEK), 2(2), 53–62. https://doi.org/10.56327/signaling.v10i2.1093
Winasih, T., & Hakim, L. (2021). Peran Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Kualitas Layanan dan Kepercayaan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 8(2), 205–221. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v8i2.4152
Yusuf, M., & Asytuti, R. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Kinerja Pemasaran Bank Umum Syariah Guna Optimalisasi Kepercayaan Nasabah. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.28918/velocity.v2i1.4642
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.