Pengaruh Pengambilan Keputusan Nasabah Melalui Loyalitas Pada Asuransi Takaful Keluarga Sumatera Utara

Authors

  • Zulfa Aliyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurlaila Nurlaila Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Fauzi Arif Lubis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4425

Keywords:

Loyalty and decision making choosing insurance

Abstract

The decision to choose sharia insurance is a customer's behavior after consideration has been carried out by studying the conditions in choosing sharia insurance products. The purpose of this study was to determine the direct and indirect effect of product, service, promotion, and religiosity variables on customer decision making through loyalty to takaful insurance in North Sumatra. This research method uses a quantitative approach with path analysis and uses the help of the SPSS program. From the results of the significance test, the product has a significant and significant effect on customer decision making to choose family takaful insurance in North Sumatra through loyalty as an intervening variable. Service, promotion and religiosity have no significant and significant effect on customer decision making to choose family takaful insurance in North Sumatra through loyalty as an intervening variable with a 95% confidence level or an error rate of 5%

References

Amelisah, dan Inti Ulfi Sholichah, Pengaruh pelayanan, promosi, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk dana investasi pada asuransi syariah, Madani Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani, 2021

Anang, M dan Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), Deepublish. Yogyakarta,2018

Emy, iin prastiwi, Pengaruh Persepsi Anggota pada Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer’s Trust yang Berdampak pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Bmt Amanah Ummah Sukoharjo), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta, 2018

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:

ALFABETHA, 2010

Mahyarni, Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku) (Jurnal El-Riyasah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2013)

Munandar, Arif dan Nurma Sari, Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada PT. Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Darussalam, Al-Muamalat Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, Universitas Syiah Kuala, 2019

Nasution, Herlina. et,. al. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Customer Serta Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus : Maskapai PT. Lion Air Jakarta), Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen, Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila, 2018

Nugraheni, Peni dan Lia Fauziah, The Impact of Corporate Governance on Customer Satisfaction and Loyalty of Islamic Insurance Company in Indonesia, Journal of Accounting and Investment, 2019

Nur. M Rianto, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah, Bandung: Alfabeta, 2010

Nursafitri, Eka. Faktor-Faktor Resistansi Masyarakat Desa Ngrayun Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Prudential Ponorogo, (journal of sharia finance and banking, 2021

Parastika, et,. al. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, UIN Raden Fatah Palembang, 2021

Philip, Kotler. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta:Salemba Empat, 2002.

Priyanto, Utomo Doyo, “Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Selulerâ€, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2006

Putri. Nanda, Prameswari dan Sri Rahayu Tri Astuti, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Asuransi “P†Di Kota Semarang, Jurnal Fokus Ekonomi, 2011

Quraish Shihab, M. Tafsir Al Misbah Kesan dan Keserasian Al Qur‟an vol.1, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Rahardyan, Aziz. Asuransi Syariah Lebih Kebal Gagal Bayar, Kok Bisa?, https://finansial.bisnis.com/read/20210202/215/1351335/asuransi-syariah-lebih-kebal-gagal-bayar-kok-bisa 2021

Rahayu, Yayuk Sri, et,al. Muslim customer perceived value on customer satisfaction and loyalty: Religiosity as a moderation, Management Science Letters, 2020

Rambat, Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba empat, 2006

Rangkuti, Dhita Adriani, et,.al., The Effect Of Price, Service Quality, And Customer Relationship Management On Purchasing Deciusions Of Asuransi Astra (GARDA OTO), Journal of Economic, Business and Accounting, Universitas Prima Indonesia, 2021

Rangkuti, Freddy. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013

Sanusi, Anwar. Metodologi penelitian bisnis Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Tho’in, Muhammad dan Anik, Aspek-aspek syariah dalam asuransi syariah, STIE-AAS Surakarta, 2015

Downloads

Published

12-03-2022

How to Cite

Aliyah, Z., Nurlaila, N., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh Pengambilan Keputusan Nasabah Melalui Loyalitas Pada Asuransi Takaful Keluarga Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 934–944. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4425

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>