Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia

Authors

  • Aziza Hanifa Khairunnisa Universitas Indonesia, Indonesia
  • Jahtu Widya Ningrum Universitas Indonesia, Indonesia
  • Nurul Huda Universitas Yarsi, Indonesia
  • Nova Rini STIE Muhammadiyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.761

Keywords:

Brand Awareness, Kepercayaan, Keputusan, dan Tokopedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand awareness dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan untuk menyalurkan zakat dan donasi melalui Tokopedia pada masyarakat Jabodetabek. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Model (SEM) pendekatan Partial Least Square (PLS) menggunakan software statistic Smart PLS 3.0 dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan data sekunder diperoleh sumber data yang berupa literatur fisik dan digital. hasil penelitian ini yang berasal dari 100 responden menunjukkan brand awareness dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan masyarakat Jabodetabek untuk menyalurkan zakat dan donasi melalui Tokopedia. Mayoritas masyarakat Jabodetabek yang berkeputusan menggunakan pilihan Tokopedia sebagai media menyalurkan zakat dan donasi berada pada kisaran umur 18-<25. Hal tersebut mengartikan potensi pengembangan platform digital pada sektor keuangan sangat baik ditengah masyarakat yang selalu mengikuti perkembangan digital.

References

APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) Survei 2018

Ariyan, Hendi. Pengaruh Brand awareness dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang minuman aqua dikota Padang. Universitas Negeri Padang.

Bentler PM, Chou CP. 1987. Partical Issues in Structural Modeling. Sociological Methodes and Research. Vol 16 Issue 1. Pp 3030-314

Garson, G.D. (2016). Partial Least Squares: Regression and Structural Equation Models. USA: Statistical Publishing Associates.

Ghozali I. 2014. Structural Equation Modelling (SEM) Metode Alternative dengan Partial Least Square. Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Kegunaan. Edisi Kedelapan. Jakarta. Salemba Empat.

Machfoed, Mahmud. 2007, Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta. CV Andi Offset

Paradhita Sari, Annisyah. 2019. Pengaruh Brand awareness, kualitas proyek dan kepercayaan terhadap keputusan berdonasi secara Online pada Platform Crowdfunding Kitabisa.com. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Qardhawi, Yusuf. 1995. Kiat Islam Mengentaskan Kemiskinan. Jakarta. Gema Insani.

Sangadji, Etta Mamang. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan jurnal Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabet. Bandung

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Edisi Pertama. Graha Ilmu.

Sumarwan, Ujang dkk. 2013. Pemasaran Strategik: Perskpektif Value-Based dan Pengukuran Kinerja. Bogor. IPB Press.

Yousfani, Kinza dan Khowaja, Farhana. 2019. The Role of Digital Economies in the Development and Growth in Asian Business Models

www.kitabisa.com

www.tokopedia.com di akses (05/10/2019)

www.katadata.co.id.berita di akses (05/10/2019)

Downloads

Published

03-07-2020

How to Cite

Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 284–293. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.761

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)